Misteri Bukit Gombel, Spot Melihat Keindahan Malam di Semarang

Selain dikenal dengan wisata kuliner khasnya yaitu lumpia, Semarang juga punya destinasi wisata yang nggak kalah terkenal. Bukit Gombel menjadi salah satu spot terkenal yang menyimpan banyak misteri, bro. Simak ulasan selengkapnya!

Misteri Bukit Gombel, Spot Melihat Keindahan Malam di Semarang

Kota Semarang punya sejarah panjang di masa lalu, bahkan keberadaannya sudah ada sejak berdirinya Kesultanan Demak. Pada masa Hindia Belanda, Semarang menjadi pusat perekonomian untuk wilayah Jawa Tengah. Berkaitan dengan sejarah masa lalu, terdapat beberapa tempat di Semarang yang menyimpan kisah duka dari pribumi yang tertindas selama kolonialisme Hindia Belanda.

Salah satu tempat yang paling terkenal adalah Bukit Gombel di Ngesrep, Kecamatan Banyumanik. Lokasi yang menjadi spot menarik menyaksikan keindahan malam dari atas ketinggian ini dahulu merupakan kawasan pemakaman kuno dari etnis Tionghoa yang tinggal di Kota Semarang.

Lantas, bagaimana sejarah lengkap mengenai Bukit Gombel yang terkenal di Semarang ini? Berikut ini ulasan selengkapnya.

Asal Mula

Misteri Bukit Gombel, Spot Melihat Keindahan Malam di Semarang

Image source: kumparan.com

Nggak ada catatan pasti mengenai alasan kenapa bukit ini diberi nama Bukit Gombel. Menurut kepercayaan masyarakat, penamaan ini dilakukan karena bukit ini merupakan sarang dari salah satu hantu dalam mitologi Jawa yaitu Wewe Gombel.

Terdapat juga kisah yang mengaitkan Bukit Gombel dengan sosok Kiai Pandan Aran yang melewati kawasan bukit ini saat hendak berziarah ke suatu makam di Gunung Jabalkat. Nama Gombel pun muncul yang bermakna perbukitan terjal dan curam. Belum pasti apakah nama Gombel ini bentuk metafora ataukah sebuah ungkapan umpatan.

Bekas Makam Kuno

Misteri Bukit Gombel, Spot Melihat Keindahan Malam di Semarang

Image source: indozone.id

Bukit Gombel dibelah oleh sebuah jalan yang sangat ramai lalu lalang kendaraan bermotor. Jalan ini dibangun pada masa kolonialisme Hindia Belanda yang dipimpin oleh Baron van Heeckeren.

Pembangunan jalan ini sempat mendapatkan perlawanan sengit dari masyarakat etnis Tionghoa. Penyebabnya nggak lain karena Bukit Gombel merupakan kawasan makam para leluhur Tionghoa yang pertama datang ke Semarang.

Memindahkan makam bukanlah hal yang mudah bagi etnis Tionghoa karena harus melewati serangkaian ritual panjang. Namun karena kekuatan Pemerintah Hindia Belanda yang terlalu besar, masyarakat Tionghoa pun akhirnya kalah dan mengikutinya.

Karena banyaknya jumlah makam, kemungkinan besar terdapat jasad-jasad yang hingga saat ini belum dipindahkan dan masih terkubur di bawah aspal atau pemukiman di Bukit Gombel.

Mata Air Pengantian

Misteri Bukit Gombel, Spot Melihat Keindahan Malam di Semarang

Image source: solopos.com

Dahulu di sekitar Bukit Gombel terdapat sebuah mata air yang dikenal dengan Mata Air Pengantin atau Sendang Pengantin. Mata air tersebut digunakan sebagai tempat untuk melakukan berbagai ritual-ritual kejawen yang erat kaitannya dengan hubungan laki-laki dan perempuan.

Menurut cerita, jika ada rombongan pengantin yang melewati kawasan Bukit Gombel harus memberikan korban berupa ayam putih mulus atau melempar uang receh agar nggak celaka. Bagi yang nggak mengindahkan larangan ini akan menemui celaka di jalan, entah kecelakaan atau bahaya lainnya yang berujung maut.

Spot Melihat Keindahan Malam dari Atas

Terlepas dari kisah misteri yang menyelimuti lokasi ini, Bukit Gombel selalu ramai dikunjungi warga Semarang untuk menghabiskan akhir pekannya dengan bersantai di sini. Banyak spot strategis dengan view langsung khas Semarang Atas yang bisa dipilih, mau yang menghadap Kota Semarang atau kawasan Ungaran.

Mirip seperti kawasan Puncak, Bogor, Bukit Gombel dikelilingi oleh deretan hutan pinus yang lebat. Sesekali embun jatuh dari kabut yang mengitari Bukit Gombel di pagi hari dan malam hari. Nggak hanya itu, di sini juga terdapat kafe dan restoran yang bisa dikunjungi.

Jadi, pengunjung bisa menikmati kelap-kelip lampu Kota Semarang sambil mencicipi lezatnya jagung bakar dan secangkir teh atau kopi hangat.

Nah, itulah sejarah misteri Bukit Gombel yang menjadi spot menarik menyaksikan keindahan malam dari atas ketinggian di Semarang. Tertarik main ke Bukit Gombel, bro?

 

Source: https://phinemo.com/misteri-bukit-gombel-kisah-mata-air-pengantin-yang-meminta-korban/
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

16 COMMENTS

SHARE
Ulin Nuha
Thanks infonya
SRI YAYA ASTUTI
semarang lantai 2
Agung Sutrisno
Jalur alternative menuju semarang
Sumardiyono
Nice infonya
Heni Oen
nama boleh horor tapi alamnya bagus
Cecep Jajang
Wah boleh juga tuh kalau main ke sana harus nyoba
Senuadi Tandun
siang terlihat indah malamnya lebih indah spt di namsan tower
Hari Tristiyanto
Spooky tp worthed lah ma yg didapat
Agus Sungkawa
Terlihat gemerap di malam hari
DYAH WIDIASTUTI
Weh ngeri2 yaa...