Surga Bahari di Taman Nasional Taka Bonerate

Taman Nasional Taka Bonerate ikut-ikutan jadi sorotan gara-gara kabar Pulau Langtigiang dijual. Pulau itu masih masuk kawasan Taman Nasional Taka Bonerate.

Surga Bahari di Taman Nasional Taka Bonerate

Tapi yang bakal dibahas di sini bukan soal kabar Pulau dijual Rp 900 juta, bro. Tapi kita bakal menguliti surga bahari yang dimiliki Taman Nasional Taka Bonerate.

Taman Nasional Taka Bonerate ini letaknya di Sulawesi Selatan, bro. Buat warga ibu kota, pasti masih jarang dengar taman nasional ini.  Saking cantiknya destinasi wisata ini sejak tahun 2005, Taman Nasional Taka Bonerate sudah diusulkan menjadi situs warisan dunia. 

Ada Belasan Pulau

Surga Bahari di Taman Nasional Taka Bonerate

Image source: wikipedia.com

Taman Nasional Taka Bonerate ini memiliki anak pantai yang nggak sedikit. Setidaknya ada 15 Pulau di Taman Nasional Taka Bonerate ini. Buat lo yang mau liburan ke laut ini pas banget. 

Dijamin nggak bakal bosen deh, karena banyak banget spot diving yang harus ditelusuri. Misalnya ada selat-selat sempit yang dalam dan terjal di antara pulau.

Kalau udah menyelam di perairan ini, pasti ogah diajak ke darat lagi. Habisnya, laut ini indah banget dan dikelilingi oleh terumbu karang.

Karang Atol Terbesar Ketiga di Dunia

Surga Bahari di Taman Nasional Taka Bonerate

Image source: ayokeselayar.com

Keindahan surga bawah laut Taka Bonerate memang sudah tersohor cantiknya. Tapi belum banyak yang tau nih kalau atol ketiga terbesar di dunia ada di sini.

Atol adalah karang di laut yang berbentuk melingkar seperti cincin. Di dinding karang inilah, sebuah surga bawah laut tercipta, terdiri dari beragam biota yang membangun suatu ekosistem besari 

Nggak cuma itu aja, Taka Bonerate menyimpan 261 karang dari 17 jenis famili yang sudah teridentifikasi. Di antaranya Pocillopora eydouxi, Montipora danae, Acropora palifera, Porites cylindrica, Pavona clavus, Fungia concinna.

Lo bakal dibikin takjub ketika saat menyelam bertemu dengan para ikan-ikan yang cantik. Karena secara total di sana ada 295 jenis ikan karang yang bernilai ekonomis tinggi. Seperti kerapu, cakalang, napoleon wrasse, dan baronang. Untuk moluska ada 244 jenis yang telah diidentifikasi.

Nggak sampai di situ bro,  karena di sana memiliki beberapa jenis penyu yang jadi hewan dilindungi. Di perairan ini kamu akan menemukan penyu sisik (Eretmochelys imbricata), penyu hijau (Chelonia mydas), dan penyu lekang (Dermochelys coriacea).

Rute ke Taman Nasional Taka Bonerate

Surga Bahari di Taman Nasional Taka Bonerate

Image source: wikipedia.com

Taman nasional Taka Bonerate terletak di Kecamatan Taka Bonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Buat senang-senang di Pulau ini lo bisa mengaksesnya via darat dan udara. Pilihan transportasi ke taman nasional taka Bonerate bisa melalui darat atau udara.

Kalau jalur darat, dari Bandara Sultan Hasanudin, ada akses menuju terminal Bus Mallengkeri menggunakan taksi. Di terminal ini tersedia Bus reguler menuju Benteng, Selayar, berangkat pukul 02.00 WITA dan 09.00 WITA ke pelabuhan Bira.

Setalahnya Pelabuhan Bira, Bulukumba, perjalanan dilanjutkan dengan menyeberang pakai Kapal feri selama dua jam ke Pelabuhan Pamatata, Selayar. Baru deh perjalanan dilanjutkan dengan menuju Kota Benteng, sekitar 1,5–2 jam.

 

Source: https://travel.detik.com/domestic-destination/d-3603665/tahukah-kamu-atol-terbesar-ketiga-di-dunia-ada-di-indonesia
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

13 COMMENTS

SHARE
AHMAD ZAENUDIN
Mantap ..
DEVI TRI HANDOKO
indonesia bagus
Cecep Jajang
Sangat cantik... indah
Agus Sungkawa
Alamnya emang mantaaap
Yoga prisma haryanto
Indah sekali
Hari Tristiyanto
luar biasa pemandangannya
Ulin Nuha
Keren banget... Nice info
Amirul Bahri
Ngerriii Ada orang yang jual2in itu pulau...
Heni Oen
wah pesona pantai yang indah
Fajar Satritama
Keeeeren aslinya inimah