Balap Motor Board Track, Ajang Balap Tertua dan Paling Mematikan

Pernah dengar ajang balap motor board track, bro? Konon ajang balap motor ini merupakan salah satu yang tertua dan paling mematikan sepanjang sejarah olahraga motor. Penasaran bagaimana sejarah awal mula balap motor board track? Simak ulasan selengkapnya!

Balap Motor Board Track, Ajang Balap Tertua dan Paling Mematikan

Balap motor Board Track adalah salah satu ajang balap tertua dan paling mematikan dalam sejarah olahraga motor. Ratusan nyawa hilang, baik pembalap maupun penonton dalam kecelakaan, selama era board track yang relatif singkat. Meskipun dengan segala risiko, nyatanya ajang balap motor ini malah menjadi hiburan yang paling populer di Amerika tahun 1910-an, bro.

Penasaran bagaimana ketangguhan motor board track pada masa kejayaannya dan seberapa mematikannya ajang balap ini? Berikut ini ulasan sejarahnya yang mesti lo ketahui, bro.

Populer di Tahun 1910-an

Balap Motor Board Track, Ajang Balap Tertua dan Paling Mematikan

Image source: enoanderson.com

Ajang balap motor board track menjadi hiburan yang paling populer di Amerika tahun 1910-an, yang di setiap acaranya mampu menarik kerumunan hingga 10.000 penonton. Para pembalap muda tahu bahaya itu, tetapi memilih untuk mengabaikannya karena jumlah hadiah imbalan yang sangat menguntungkan.

Pembalap yang dianggap sudah top bahkan bisa menghasilkan 20.000 dolar Amerika (sekitar 500.000 dolar Amerika mata uang sekarang) per tahun dengan menjadi pembalap di sirkuit board track.

Sangat mudah dipahami kenapa balap ini begitu berbahaya, di mana pada masa itu motor board tracker yang kecil namun mampu mencapai kecepatan 100 mph atau sekitar 160 kilometer per jam. Pembalap berada beberapa inch di antara roda dan mesin, mesin nggak memiliki rem, yang rentan bersenggolan antar pembalap.

Dan penonton dipisahkan dari sirkuit dengan hanya dibatasi papan berukuran 2x4 meter yang dipaku di antara tiang rapuh.

Munculnya kendaraan bermesin (motor) di dekade pertama abad ke-20 melatarbelakangi munculnya ajang balap ini. Awalnya ajang balap ini bertujuan untuk mengurangi balap liar di jalanan umum. Penyebutan sirkuit board track dengan istilah motordrome di surat kabar dimulai sejak tahun 1901, konsepnya mirip dengan velodrom sepeda.

Ajang Balap di Sirkuit Megah

Balap Motor Board Track, Ajang Balap Tertua dan Paling Mematikan

Image source: kustomgaras.com

Sirkuit board tracker besar yang pertama kali dibangun adalah Los Angeles Motordrome di resor Playa del Rey, saking megahnya untuk membangun sirkuit ini membutuhkan 3.000.000 feet kayu atau 914.400 meter kayu dan 16 ton paku.

Karena cukup booming, setelah itu sirkuit motordrome dibangun di seluruh negeri Amerika. The Salt Lake Telegram pada tanggal 14 Juli 1910, melaporkan jumlah penonton sebanyak 8.000 hingga 10.000 pada malam pembukaan Wandermere Motordrome. Perlombaan menampilkan Jake De Rosier, pembalap motor India yang hebat, sebagai daya tarik utama.

The Philadelphia Inquirer pada 15 Juni 1912, melaporkan pembukaan Grand Pointe Breeze Park Motordrome di Philadelphia. Pointe Breeze akan menjadi salah satu jalur papan yang paling sukses dengan program mingguan. Dua dari pengendara sepeda motor terkemuka di era Morty Graves dan Eddie Hasha adalah pembalap unggulan yang membuka balapan di Pointe Breeze.

Kecelakaan Mematikan

Balap Motor Board Track, Ajang Balap Tertua dan Paling Mematikan

Image source: gridoto.com

Kegagalan keselamatan balap motor board track menjadi faktor yang kurang diperhatikan yang disadari kemudian setelah fasilitas dibangun. Salt Lake Telegram pada 5 Juli 1912 melaporkan kecelakaan serius di mana seorang pembalap bernama Harry Davis tewas dan 7 penonton terluka ketika sepeda motor Davis menabrak dan mematahkan tiang lampu.

Sepanjang musim panas itu, selalu ada laporan tentang pembalap atau penonton yang terbunuh karena kecelakaan di motordrome.

Yang pertama adalah kecelakaan tragis di motordrome di Newark, New Jersey, pada 8 September 1912. The Lexington Herald pada 9 September 1912, melaporkan bahwa dua pembalap (Eddie Hasha dan Johnny Albright) tewas ketika mereka menabrak pembatas. Empat penonton juga ikut tewas dalam insiden tersebut dan 19 lainnya menderita luka-luka.

Musim panas berikutnya, pada 20 Juli 1913, seorang pembalap bernama Odin Johnson jatuh; motornya menabrak tiang lampu, lalu membuat efek domino yang tragis. Tangki bensin sepeda motor meledak, kawat listrik yang terbuka dari tiang lampu menyambar bahan bakar, kemudian menyebabkan api ke kerumunan penonton.

Jumlah korban tewas paling banyak adalah 8 orang seperti yang dilaporkan oleh Salt Lake Telegram pada 1 Agustus 1913. Setelah itu, istri mendiang Johnson bersumpah untuk mengabdikan hidupnya untuk mengakhiri balapan di board track.

Dua kecelakaan tragis secara permanen mencemari reputasi motordrome dan akhirnya menyebabkan badan regulator balap sepeda motor melarang board track pada akhir 1910-an karena faktor keamanannya.

Itulah sejarah mengenai ajang balap motor board track pada tahun 1910-an yang sungguh mematikan. Lo tahu ajang balap kendaraan lain yang juga mematikan, bro?

 

Source: https://www.kustomgaras.com/2019/11/sejarah-balap-motor-board-track-1910s.html#more
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
Yoga prisma haryanto
Jaman dulu lebih extreme
Sumardiyono
Tanks infonya
Hari Tristiyanto
makin safety kl sekarang
Ulin Nuha
Semoga bermanfaat
Agus Sungkawa
Sangat extrem dan mengerikan bisa memicu kecelakaan balapnya
Senuadi Tandun
ini seru dan menantang apalgi jalanan becek
agung
tq info ya
Oni Saputra
Ngeri ya, thanks infonya
Amirul Bahri
Nyali pembalap dulu lebih bear karena safety nya kurang
SURIANTO
Mantap jadul lebih ekstrem