Risiko Kesehatan yang Bisa Muncul Saat Scuba Diving

Layaknya olahraga ekstrem yang lain, Scuba Diving juga memiliki sejumlah risiko yang mengintai para pencintanya, bro. Nggak heran, kalau ada beberapa persyaratan penting yang wajib dipenuhi sebelum mencoba olahraga ekstrem yang satu ini. Lantas, apa saja risiko kesehatan yang bisa muncul saat Scuba Diving? Sila simak ulasan selengkapnya berikut ini, bro!

Risiko Kesehatan yang Bisa Muncul Saat Scuba Diving

Melihat langsung keindahan alam bawah laut lewat aktivitas Scuba Diving memang menyajikan sensasinya tersendiri. Apalagi, Indonesia terkenal punya keindahan alam bawah lautnya yang sangat menakjubkan dan bisa lo kunjungi langsung, bro.

Sama seperti olahraga ekstrem lainnya, Scuba Diving juga memiliki risiko yang sangat membahayakan kesehatan, lho. Wajar saja, kalau ada sejumlah persyaratan dan persiapan yang harus dilalui para pencintanya.

Biar lebih waspada, sila simak beberapa risiko kesehatan yang bisa muncul saat Scuba Diving berikut ini, bro!

Telinga Berdenging (Tinnitus)

Risiko Kesehatan yang Bisa Muncul Saat Scuba Diving

Image source: alodokter.com

Tinnitus atau kondisi telinga yang berdenging konstan memang menjadi salah satu risiko kesehatan yang bisa muncul saat Scuba Diving. Kalau lo menyelam dalam keadaan sakit kepala atau masalah telinga lainnya, lo berisiko mengalami masalah kesehatan yang satu ini, bro.

Ketika turun ke bawah air, tekanan dari luar pastinya bakal meremas udara di liang telinga dan menyebabkan sensasi tekanan serta rasa sakit di kepala dan juga telinga. Oleh karena itu, lo harus menyamakan tekanan dalam ruangan ini dengan berbagai metode, bro.

Salah satunya yaitu dengan cara mencubit atau menekan lubang hidung sambil menghembuskan nafas dengan halus pada hidung. Kalau hal ini dilakukan dengan benar, maka lo pasti bisa menahan peningkatan tekanan tanpa masalah, bro.

Dekompresi

Risiko Kesehatan yang Bisa Muncul Saat Scuba Diving

Image source: doktersehat.com

Risiko kesehatan yang bisa muncul saat Scuba Diving selanjutnya yaitu Dekompresi. Masalah kesehatan yang satu ini merupakan kondisi medis yang disebabkan oleh akumulasi nitrogen terlarut dalam tubuh setelah menyelam, yang kemudian membentuk gelembung udara dan menyumbat aliran darah serta sistem saraf, bro.

Kasus dekompresi bisa berakibat pada sakit sendi atau ruam kulit sampai mati rasa, kelumpuhan, dan kematian, tergantung pada jumlah nitrogen yang diserap dan di mana lokasinya. Gejalan paling umum dari dekompresi parah yaitu disfungsi dari sumsum tulang belakang, otak, dan paru-paru, bro.

Biusan Nitrogen

Risiko Kesehatan yang Bisa Muncul Saat Scuba Diving

Image source: leisurepro.com

Risiko kesehatan yang bisa muncul saat Scuba Diving selanjutnya yang masih berhubungan dengan nitrogen yaitu efek narkotika dari semua simpanan nitrogen ekstra dalam tubuh. Kalau lo pernah mendapat bius gas nitrat oksida di dokter gigi, pasti lo nggak dengan efek ini, bro.

Biusan nitrogen dalam konsentrasi tinggi tentu sangat berbahaya, karena bisa merusak akal sehat dan persepsi sensorik. Mirip dengan dekompresi, tingkat pembiusan nitrogen ini berhubungan dengan seberapa dalam lo menyelam dan berapa banyak nitrogen yang diserap tubuh lo, bro.

Hipotermia

Risiko Kesehatan yang Bisa Muncul Saat Scuba Diving

Image source: leisurepro.com

Kalau air atau lautan yang selami memiliki temperatur yang terbilang dingin, maka hipotermia menjadi salah satu risiko kesehatan yang bisa muncul saat Scuba Diving, bro. Biasanya, hipotermia diawali dengan tubuh yang menggigil hebat.

Kalau lo atau partner menyelam lo mengalami hal ini, maka sebaiknya akhiri segeralah naik ke permukaan, bro. Untuk menghindari hipotermia, maka gunakanlah baju dan peralatan selam yang tepat, tebal, dan berkualitas, terutama saat Scuba Diving di perairan dengan suhu dingin.

Penutup kepala yang memadai juga menjadi sangat penting, karena kepala bisa dibilang mewakili daerah tubuh yang berpotensi kehilangan banyak panas tubuh saat Scuba Diving, bro.

Nah, itulah beberapa risiko kesehatan yang bisa muncul saat Scuba Diving. Selain poin-poin di atas, risiko kesehatan apalagi yang bisa muncul saat Scuba Diving dan lo ketahui, bro? Ceritakan di kolom komentar, ya!

 

Referensi: https://hellosehat.com/sehat/informasi-kesehatan/7-risiko-kesehatan-menyelam-di-laut/
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

11 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
tanks infonya
Hari Tristiyanto
nice info
Ulin Nuha
Mantul thanks infonya
Agus Sungkawa
Ada resikonya ternyataa
Senuadi Tandun
ternyata banyak juga efek dari iving
agung
tq info ya
AHMAD ZAENUDIN
Thanks infonya
Senuadi Tandun
Pastinya butuh waspada jangan nyelam terlalu lama dan dalam
Oni Saputra
Nice info
Muhammad ridwan
Keren jg tempatnya