Peralatan Penting Buat Berkuda yang Wajib Dipahami Pemula

Sama seperti hobi atau olahraga lainnya, berkuda juga membutuhkan sejumlah peralatan wajib, bro. Peralatan-peralatan ini tentu saja sangat membantu saat lo menunggangi kuda di lintasan pacu atau tempat-tempat wisata yang menakjubkan. Lalu, apa saja peralatan penting buat berkuda yang wajib dipahami pemula? Sila simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Peralatan Penting Buat Berkuda yang Wajib Dipahami Pemula

Berkuda bisa dibilang menjadi salah satu olahraga atau hobi yang cukup bergengsi dan memiliki banyak penggemar. Selebritis Internasional seperti Madonna, Bella Hadid, dan Mary-Kate Olsen disebut-sebut menekuni olahraga yang satu ini, bro.

Kalau lo baru mau mencoba atau terbilang baru, maka sebaiknya simak dulu peralatan penting buat berkuda yang wajib dipahami buat pemula berikut ini!

Pelana Kuda atau Saddle

Peralatan Penting Buat Berkuda yang Wajib Dipahami Pemula

Image source: kudastore.com

Berdasarkan kbbi, pelana bisa diartikan sebagai tempat duduk orang yang menunggang (di punggung binatang yang ditunggangi). Meski terlihat sepele, peralatan berkuda yang satu ini sangat penting, bro.

Sebab, kalau menggunakan pelana kuda yang kurang tepat, lo bisa saja melukai punggung kuda atau justru mendapat pengalaman berkuda yang kurang menyenangkan. Oleh karena itu, gunakanlah pelana yang pas biar lo dan kuda yang ditunggangi nyaman saat melaju, bro.

Alas Pelana Kuda atau Saddle Pad

Peralatan Penting Buat Berkuda yang Wajib Dipahami Pemula

Image source: valleyvet.com

Peralatan penting buat berkuda yang wajib dipahami buat pemula selanjutnya yaitu ada saddle pad atau alas pelana kuda yang berada antara punggung kuda dan pelana. Kegunaan saddle pad untuk melindungi dari gesekan yang disebabkan oleh sadel yang bergesekan dengan kuda, bro.

Selain itu, peralatan penting berkuda yang satu ini juga berguna buat melindungi sadel dengan menyerap sebagian keringat kuda. Biasanya, bagian luar dari saddle pad terbuat dari campuran kain yang tahan lama dan bisa dicuci serta digunakan kembali, bro.

Tali Kekang atau Horse Riding Rein

Peralatan Penting Buat Berkuda yang Wajib Dipahami Pemula

Image source: thesprucepets.com

Peralatan penting buat berkuda yang wajib dipahami buat pemula ini berfungsi untuk mengarahkan kuda, bro. Tali kekang ini berupa tali panjang yang terbuat dari kulit, nilon, logam, atau bahan lainnya, dan melekat di hidung kuda.

Peralatan berkuda yang biasa disebut Horse Riding Rein ini digunakan untuk memberikan isyarat atau perintah guna mengontrol jalannya kuda yang lo tunggangi, bro. Mulai dari memberi sinyal belokan, memperlambat atau berhenti sampai mempercepat laju kuda!

Kekang Kuda atau Horse Riding Bridle

Peralatan Penting Buat Berkuda yang Wajib Dipahami Pemula

Image source: equishop.com

Kekang kuda atau yang akrab disebut horse bridle ini adalah peralatan berkuda yang melekat pada kuda, bro. Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, kekang ini merupakan peralatan yang digunakan untuk mengarahkan kuda.

Tapi bedanya, head bridle atau kekang kuda di bagian kepala ini digunakan pada bagian wajah kuda, bro. Peralatan penting buat berkuda yang satu ini dirancang dengan fungsi buat memberikan tekanan pada area sensitif pada wajah kuda sebagai cara memberikan perintah atau isyarat, bro.

Sanggurdi atau Stirrup

Peralatan Penting Buat Berkuda yang Wajib Dipahami Pemula

Image source: theeventersboutique.com

Selanjutnya, yaitu ada sanggurdi atau stirrup yang berbentuk pijakan kaki buat penunggang kuda, bro. Sanggurdi ini berada di pinggiran pelana dengan seutas pita atau tali yang disebut tali sanggurdi.

Stirrup tentunya dibuat berpasangan, yaitu kanan-kiri dan digunakan untuk membantu lo buat menaiki atau sebagai pijakan selama mengendarai hewan tunggangan, khususnya kuda, bro. Keberadaan sanggurdi ini bakal membantu lo dalam mempertahankan posisi di pelana dan mempermudah untuk mengendalikan kuda.

Tali Perut atau Girth

Peralatan Penting Buat Berkuda yang Wajib Dipahami Pemula

Last but not least, yaitu ada tali perut atau girth yang sangat penting buat pelana kuda, bro. Pasalnya, tanpa adanya girth, pelana kuda nggak bakal berfungsi aman dan optimal.

Girth merupakan tali lebar dari bahan seperti anyaman, kulit, atau kapas yang mengelilingi perut kuda untuk mengamankan posisi pelana ke punggung kuda. Berbentuk seperti gesper atau sabuk yang fungsinya mencegah pelana dari tergelincir ke samping, ke belakang atau ke depan, bro!

 

Referensi: https://www.decathlon.co.id/in/content/79-berminat-berkuda-kenali-7-perlengkapan-berkuda-ini
Gear Beginner Extreme solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
Yadi pitriadi
Mantap infonya sangat bermanfaat
AHMAD ZAENUDIN
Thanks infonya
Sumardiyono
Nice infonya
DYAH WIDIASTUTI
Mantap betul infonya
Senuadi Tandun
thanks infonya.
agung
tq info ya
Yoga prisma haryanto
Nice info nih
Cecep Jajang
Info yang bagus...jadi tambah ilmu
Senuadi Tandun
acuan penting bagi yang suka berkuda