Deretan Lokasi Terbaik di Dunia untuk Belajar Scuba Diving

Punya impian menyelam di perairan terbuka dan dapetin sertifikat diving? Nggak susah tentunya, lo bisa belajar scuba diving di beberapa lokasi terbaik dunia supaya bisa mendapatkannya, bro. Penasaran lokasi terbaik mana aja yang bisa lo jadikan tujuan? Simak nih ulasannya!

Deretan Lokasi Terbaik di Dunia untuk Belajar Scuba Diving

Scuba diving menjadi salah satu olahraga ekstrem yang nggak sembarang orang bisa melakukannya. Ada sertifikat diving yang dibutuhkan supaya bisa menikmati keindahan laut di perairan terbuka. PADI dan SSI menjadi organisasi yang bakal kasih sertifikasi untuk para diver yang mau belajar menyelam profesional, bro. Lo belum punya sertifikat diving? Mau belajar dan dapetinnya?

Di beberapa lokasi menyelam di dunia, tempat-tempat tersebut menawarkan keindahan alam bawah laut bagi para diver yang mau belajar menyelam, bro. Penasaran lokasi terbaik mana aja yang bisa lo jadikan tujuan? Berikut ini beberapa di antaranya.

Santa Cruz, Kepulauan Galapagos, Ekuador

Deretan Lokasi Terbaik di Dunia untuk Belajar Scuba Diving

Image source: munciedrag.com

Terletak di pertemuan tiga arus laut, Kepulauan Galapagos, Ekuador bakal memberikan pengalaman menyelam yang unik dan beda dari biasanya, bro. Kalau biasanya terumbu karang jadi pemandangan yang paling sering ditemui, di sini lo nggak banyak melihat terumbu karang, melainkan hiu martil, singa laut, penyu, iguana laut, dan semacamnya.

Dengan arusnya yang kuat dan air yang dingin, menyelam di Galapagos bisa menjadi tantangan tersendiri pastinya. Tapi Scuba Iguana dan Macarron Scuba di Puerto Ayora di pulau utama Santa Cruz bakal memberikan kursus untuk para diver di tempat paling tenang, bro.

Menyelam di Galapagos sebenarnya bisa dilakukan sepanjang tahun, tapi waktu yang pas untuk menyelam adalah di bulan Januari hingga Mei karena menawarkan cuaca terbaik, bro.

Dahab, Laut Merah, Mesir

Deretan Lokasi Terbaik di Dunia untuk Belajar Scuba Diving

Image source: id.public-welfare.com

Siapa sangka kalau di Mesir lo juga bisa menyelam? Nah, di Dahab, Laut Merah yang menjadi habitat karang yang menakjubkan bakal menawarkan penyelaman pantai yang luar biasa, bro. Sempat terlarang selama bertahun-tahun karena risiko keamanan, akhirnya pusat selam Sharm el-Sheikh kembali populer.

Didukung oleh jarak pandang sepanjang tahun yang mencapai 30 m, Laut Merah sangat ideal buat para pemula. Lo bisa menyelam sepanjang tahun di sini, tapi sebagian besar wisatawan lebih nyaman untuk menghindari teriknya matahari dari Mei hingga September, bro.

Ko Tao, Thailand

Deretan Lokasi Terbaik di Dunia untuk Belajar Scuba Diving

Image source: independent.co.uk

Markas scuba diving Thailand yaitu Ko Tao merupakan salah satu tempat di dunia yang memungkinkan untuk melihat hiu paus (Maret hingga April) bersama dengan ikan tropis, hiu karang, pari dan barakuda selama kursus menyelam di sini, bro.

Sementara Ko Tao punya pemandangan yang luar biasa, ada situs tenang dan dangkal seperti Japanese Gardens yang bisa jadi tempat pilihan terbaik buat penyelam pemula yang masih gugup, bro.

Pada bulan Juli hingga September bisa jadi waktu terbaik untuk belajar menyelam karena menawarkan visibilitas terbaik.

Gili Trawangan, Lombok, Indonesia

Deretan Lokasi Terbaik di Dunia untuk Belajar Scuba Diving

Image source: lomboknetwork.net

Nggak lengkap rasanya kalau menyebutkan lokasi terbaik menyelam tanpa menyinggung tempat satu ini, bro! Yup, Gili Trawangan yang menjadi rumah bagi lebih dari 3500 spesies laut termasuk hiu karang, penyu, kuda laut kerdil, dan karang berwarna-warni ini tentu jadi lokasi terbaik buat belajar diving.

Nggak cuma scuba diving, di Gili Trawangan lo juga bisa snorkeling. Menyelam di sini juga bisa dilakukan sepanjang tahun, tapi biasanya wisatawan menghindari musim hujan di bulan November hingga April, bro.

Nah bro, itu tadi beberapa lokasi terbaik menyelam di dunia yang bisa lo jadikan tempat tujuan belajar scuba diving. Nggak perlu bingung lagi cari lokasi menyelam buat dapetin sertifikat diving, bro! Udah siap sama peralatan diving lo?

 

Source: https://www.lonelyplanet.com/articles/best-places-to-learn-to-dive
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

14 COMMENTS

SHARE
Agus Sungkawa
Lokasi lokasi terbaik nih buat diving dan scuba
Sumardiyono
amazing, nice infonya
DYAH WIDIASTUTI
Thanks infonya
Senuadi Tandun
Jadi pengen kursus kilat dan langsung nyelam
Oni Saputra
Keren banget
agung
tq info ya
Yoga prisma haryanto
Terfavorit
Hari Tristiyanto
Mantap View nya
AHMAD ZAENUDIN
Sungguh luarbiasa
Heni Oen
pasti menarik, sayang daku takut kedalamanan