Tips Aman Main Rollerblade di Musim Hujan

Ngejalanin hobi apalagi yang disuka itu susah banget buat ditahan. Mau halangan kayak apa juga, kalau bisa diterabas sih mungkin bakal digas terus. Sama nih halnya kayak kecintaan sama suatu olahraga. Meski musim hujan kalau dipikir masih minim risiko tetap dijalankan.

Tips Aman Main Rollerblade di Musim Hujan

Ini juga yang mungkin jadi dilema buat para penyuka olahraga rollerblade. Kadang tuh muncul keinginan buat berseluncur meski cuaca lagi nggak baik-baik aja, artinya lagi mendung atau hujan.

Sebenarnya bahaya bermain roller blade dengan kondisi jalan yang basah. Karena pertama sudah jelas, jalanan bakal lebih licin yang risikonya jadi gampang tergelincir. Belum lagi rollerblade juga kemungkinan bisa rusak. Bagian paling rawan rusak adalah bantalan roller blade jika tergelincir dan jatuh. 

Tetapi, kalau lo memang tetap kekeh mau main rollerblade di musim hujan, ada tips amannya nih, bro. Cuma lo harus ingat, tips ini bukan berarti lo nekat berseluncur di kondisi yang bahaya.

Meluncur dengan Langkah Pendek dan Mulus

Tips Aman Main Rollerblade di Musim Hujan

Image source: longboardbrand.com

Dengan permukaan aspal yang licin, gerakan kaki harus super smooth, bro. Jangan nekat buat kebut-kebutan. Kurangi dorongan pada kaki ketika mulai bergerak maju. Dengan langkah yang pendek, lo tetap bisa berjalan maju secara stabil. Yang penting berjalan pendek-pendek dan mulus.

Jaga posisi kaki tetap menekuk rendah dan lakukan dorongan pelan-pelan jika berhadapan dengan tikungan. Perhitungkan waktu untuk melakukan pengereman. Dan ingat, jangan terlalu ditekan supaya menjaga keseimbangan sekaligus mengantisipasi risiko tergelincir.

Dalam jalan yang basah ini, bersikaplah kayak lo bar pertama kali belajar rollerblade. Artinya penuh dengan kehati-hatian. Kalau posisi turunan, seimbangkan kedua kaki, tekuk bagian lutut supaya tetap fleksibel.

Posisi badan juga harus tetap rendah. Teknik setengah langkah bakal membantu lo tetap melaju dalam keseimbangan. Jangan sesekali melakukan belokan tajam.

Teknik Pengereman

Tips Aman Main Rollerblade di Musim Hujan

Image source: gearmonkey.com

Teknik pengereman yang sudah lo kuasai bisa jadi nggak efektif ketika melaju di jalanan basah. Dan tentunya ini yang jadi bahaya ketika lo memutuskan tetap berseluncur saat musim hujan. 

Roda belakang sangat rentan mengalami aquaplaning saat basah atau saat menggunakan rem belakang. Ini terjadi ketika lapisan tipis air terbentuk di antara roda dan jalan, yang akhirnya menghilangkan daya tarik.

Kalau sudah begini, otomatis lo perlu tekanan yang lebih kuat buat pengereman. Triknya adalah lo harus mengambil ancang-ancang pengereman lebih awal. Jangan sampai melakukan pengereman secara mendadak.

Sebagai contohnya saat lo mulai berhadapan dengan jalan menurun. Sebisa mungkin lo sudah memperlambat laju rollerblade dari atas. Sebelum turun dan melaju cepat tekan dengan kuat rem belakang. Jangan lupa bro, keseimbangan harus tetap dijaga.

Nah, kalau mengatasi jalan menanjak, teknik yang lo harus lakukan adalah langkap pendek tadi. Gerakan kaki dengan stabil. Hal ini bertujuan agar roda tetap bekerja baik melakukan gesekan dengan permukaan jalan.

Segera Bersihkan Bearing

Tips Aman Main Rollerblade di Musim Hujan

Image source: longboardbrand.com

Dalam kondisi sepatu rollerblade yang basah, lo harus segera membersihkannya. Segala sesuatu yang terbuat dari logam akan berkarat.  Jadi jika rollerblade lo basah segera bongkar dan bersihkan semua komponen-komponennya. Lepaskan roda dan bantalannya. 

Rendamlah bearing dalam minyak atau baby oil, sehingga memindahkan sisa air hujan dari bearing dan mejaga supaya nggak terkena udara. Setelah itu pindahkan dan simpan dalam kantong.

 

Source: https://inlineskateworld.com/can-i-rollerblade-in-the-rain-5-tips-to-keep-safe/
Tips Beginner Extreme solo traveling

12 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
Nice Infonya
Hari Tristiyanto
Tips yang Tops
Agus Sungkawa
Tips yang bermanfaat
AHMAD ZAENUDIN
Bermanfaat sekali
SRI YAYA ASTUTI
latihan terus
DYAH WIDIASTUTI
Masih tetap saja saya takut...
Nurma Mugi Nugraha
Asal jangan main rollerblade pas banjir aja ya min.....susah
agung
tq info ya
Ulin Nuha
Tips mantep semoga bermanfaat
Senuadi Tandun
jangankan hujan kering aja gue kagak bisa