Mau Belajar Surfing? Kuasai Dulu Cara Mendayungnya, Bro!

Sebagai awam, main surfing kelihatannya gampang-gampang susah. Tinggal berdiri terus bergerak didorong ombak. Faktanya, main surfing nggak semudah membalikan telapak tangan, bro. Sebelum lo bisa meliuk di atas ombak, lo harus tau dulu yang namanya gerakan dasar.

Mau Belajar Surfing? Kuasai Dulu Cara Mendayungnya, Bro!

Syukur-syukur kalau lo bisa langsung berdiri dan menjaga keseimbangan. Tapi hal sederhana itu aja susahnya minta ampun.  Coba bayangkan, lo berdiri di atas air yang tenang, tiba-tiba disapu olah ombak. Badan yang tadi kokoh bisa mendadak jatuh. Di situ lah kesulitan awal buat belajar surfing.

Dan, ada satu hal lagi nih bro. Surfing butuh effort buat mencapai titik ombak paling perfect buat surfing. Lo mesti bergerak dulu dari bibir pantai sampai ke tengah laut. Bagaimana caranya? Sudah pasti dengan berenang sambil membawa papan selancar yang ukurannya jelas lebih besar dari postur badan lo.

Di tahapan ini juga butuh skill, nggak asal menggerakan kaki dan tangan buat sampai ke titik ombak utama. Mau tau caranya? Scroll terus ke bawah halamannya, bro.

Seperti Berenang

Mau Belajar Surfing? Kuasai Dulu Cara Mendayungnya, Bro!

Image source: surfline.com

Paddling atau mendayung adalah teknik dasar dalam berselancar. Kalau lo nggak menguasai teknik ini, maka jangan harap lo bisa sampai atau menikmati ombak yang cantik banget itu. Mendayung adalah teknik awal yang harus dipelajari. Gerakannya seperti berenang. 

Ada bilang, bermain surfing itu 70 persen mendayung dan 20 persennya adalah menunggu ombak, dan 10 persennya lagi bersiap ambil ancang-ancang untuk berdiri di atas papan.

Kalau sudah mahir dalam berenang, maka teknik buat paddling adalah sama. Artinya sama-saa membuat gerakan merangkak sambil mengayung kaki dan tangan.

Sebagai permulaan, lo harus menempatkan badan lo di posisi tengah papan selancar. Jika sudah tidak terlalu jauh jaraknya antara depan dan belakang, maka segeralah maju pelan-pelan.

Posisi badan di atas papan selancar juga harus bikin nyaman, bro. Saking awamnya, ada lho yang memakan waktu dua jam buat sekadar mengatur posisi badan sampai nyaman di atas papan keadaan tengkurap. 

Tahapan-tahapan Paddling

  1. Temukan keseimbangan yang baik di tengah papan
  2. Angkat dada, lengkungkan punggung, dan lihat ke depan
  3. Jaga kedua kaki berdekatan dan kaki keluar dari air
  4. Cangkup sedikit tangan lo, terus sisakan sedikit ruang di antara jari-jari
  5. Jaga posisi bahu tetap tinggi saat tangan menembus air
  6. Tekuk lengan saat menghadapi ombak di depan

Setelah step-step di atas lo pahami, maka praktiknya adalah ketika ombak mulai muncul maka mulailah mengayuh lebih awal untuk meningkatkan kecepatannya. Tapi ketika ombak menjemput dari belakang, segeralah tingkatkan gerakan mendayung agar sesuai dengan kecepatan ombak yang tak terputus.

 

source: https://www.surfertoday.com/surfing/how-to-paddle-on-a-surfboard
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

15 COMMENTS

SHARE
Agus Sungkawa
Ikuti step step yang tertera di atas. Nice informasi
AHMAD ZAENUDIN
Thank infonya
Heni Oen
pelajaran dasar harus bisa dayung lebih dulu
Endy Fredian Dinata
Thanks infonya
Sumardiyono
nice infonya
DYAH WIDIASTUTI
Mantap bro
Nurma Mugi Nugraha
ManTAB deh infonya
agung
tq info ya
Ulin Nuha
Thanks infonya
Hari Tristiyanto
Good lesson