Begini Bro Cara Belok Sambil Ngepot di Tikungan Motocross

'Jumps for show, corners for dough'. Nah, itu adalah pepatah yang sering dipakai di dunia motocross, bro. Kalau diartikan tuh, di dunia motocross itu, gundukan atau lompatan di arena balap itu buat pertunjukan atau terlihat keren. Tapi kalau lo mau menang dalam perlombaan, lo harus menguasai teknik di tikungan.

Begini Bro Cara Belok Sambil Ngepot di Tikungan Motocross

Jadi, seindah apapun lompatan di atas motor, pemenangnya siapa yang paling cepat di garis finish. Dan, salah satu kuncinya mesti unggul di tikungan-tikungan.

Kalau lo mau nyemplung di dunia motocross, lo harus memahami perbedaan antara pengendara yang baik dengan si pengendara hebat. Keduanya bisa dinilai seberapa baiknya saat bermanuver di banyak tikungan dalam sirkuit motocross.

Kebanyakan para pengendara motor trail bakal melakukan banyak putaran atau berlatih sampai benar-benar menguasai teknik di tikungan. Mereka bakal menomor duakan yang namanya seni lompatan atau trek lurus. 

So, buat lo yang merapat ke trek tanah, mungkin bisa simak tips ini. Bagaimana cara belok sambil ngepot di tikungan sirkuit motocross. 

Buka Kedua Lengan

Begini Bro Cara Belok Sambil Ngepot di Tikungan Motocross

Image source: netflix.com

Tahapan awal buat berbelok di tikungan sirkuit motocross lo harus membuka atau mengangkat kedua lengan. Sambil menggenggam kendali motor, lalu angkat atau buka sampai membentuk siku persegi.

Ini bertujuan supaya lo bisa tetap mengontrol dan menekuknya lagi sesuai kebutuhan. Bagian kepala juga harus tetap fokus ke depan. Pastikan melihat pandangan ke depan khususnya saat menikung. Karena saat berbelok motor akan mengikuti arah pandangan mata.

Smooth dan Konsisten

Begini Bro Cara Belok Sambil Ngepot di Tikungan Motocross

Image source: ultimatemotorcycling.com

Saat melakukan tikungan jangan terlalu agresif. Lo harus tetap santai, smooth dan konsisten. Di tahap ini, lo harus andal memainkan kopling.

Jangan Sampai ada hentakan-hentakan yang agresif karena dengan gerakan yang halus, kemungkinan lo bakal unggul di posisi depan. Pastikan lo juga tetap mengontrol motor lo dengan kaki atau lutut, baik saat berdiri atau duduk. 

Pilih Jalur yang Tepat

Begini Bro Cara Belok Sambil Ngepot di Tikungan Motocross

Image source: ultimatemotorcycling.com

Kunci mulus melewati tikungan juga dengan cara memilih jalur yang tepat. Lo sudah tau kalau di tikungan itu ada jalur-jalur sendiri yang terbentuk seperti sudut rusak yang memiliki jejak atau semacam tanggul. 

Di sini juga membutuhkan dukungan ban atau spesifikasi motor yang pas. Nah ketika lo memilih jalur yang tepat maka bakal memudahkan lo buat terus bisa ada di posisi depan.

Setelah berada di jalur yang tepat, maka poin-poin di atas tad harus bisa lo terapkan. Kuncinya tetap fokus. Kalau lo sudah mulai memahaminya, maka segeralah berlatih di trek motocross sampai target yang lo inginkan. Jangan ragu buat mengulangi. Ketika teknik tikungan sudah lo kuasai 100 persen, maka siapkanlah mental sampai akhirnya berdiri di podium. 

 

Source: https://www.redbull.com/ie-en/how-to-corner-in-motocross
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

12 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
Amazing infonya
DYAH WIDIASTUTI
Butuh andrenali yg super...
Fajar Satritama
Ohh kaya gitu bro. Nice lah
Nurma Mugi Nugraha
ManTAB infonya min
Agus Sungkawa
Kuncinya tetap fokus
agung
tq info ya
Ulin Nuha
Mantull semoga bermanfaat infonya
Ivan harnawan
Nice info
Endy Fredian Dinata
Mantab jiwa
Ricko Pratama Putra
Sipp Thanks Infonya