Mau Bersepeda Saat Musim Hujan? Begini Cara Amannya Bro!

Gowes sepeda ke kantor atau sekadar berolahraga udah jadi kebiasaan yang sering dilakukan di masa pandemi. Tapi saat musim hujan, lo masih tetap mau bersepeda, bro? Biar lebih aman, cari tau dulu caranya berikut ini!

Mau Bersepeda Saat Musim Hujan? Begini Cara Amannya Bro!

Bersepeda menjadi aktivitas yang menyehatkan, ramah lingkungan, dan juga irit bahan bakar. Aktivitas gowes juga bisa dilakukan kapan aja, bisa pagi, siang, maupun malam hari. Namun saat musim hujan tiba, lo akan tetap bersepeda atau berhenti bro? Kalau curah hujannya masuk kategori yang lebat, apalagi disertai angin dan petir, sebaiknya lo berhenti gowes dulu ya, bro.

Tapi, kalau hujannya masih dalam kategori ringan sampai sedang, boleh kok tetap bersepeda. Karena gowes di tengah guyuran hujan gerimis bakal kasih sensasi tersendiri, bro. Jangan lupa juga untuk tetap hati-hati saat gowes di tengah hujan.

Kenapa harus tetap hati-hati? Udah pasti karena saat musim hujan jalanan yang dilewati akan berbeda, yaitu jadi lebih licin dan juga membahayakan. Maka dari itu, lo perlu tau gimana cara aman tetap bersepeda saat musim hujan. Langsung aja simak tipsnya berikut ini, bro.

Mengontrol Kecepatan

Mau Bersepeda Saat Musim Hujan? Begini Cara Amannya Bro!

Image source: havefunbiking.com

Yang harus diperhatikan ketika bersepeda di tengah guyuran hujan adalah mengontrol kecepatan, bro. Usahakan jangan terlalu terburu-buru dan terlalu cepat saat gowes sepeda kesayangan. Lo harus cermat ketika mengayuh sepeda dengan kondisi jalanan yang serba terbatas, apalagi jalanan yang dilewati basah dan mungkin aja banyak genangan.

Mengatur Tekanan Angin pada Ban

Mau Bersepeda Saat Musim Hujan? Begini Cara Amannya Bro!

Image source: mainsepeda.com

Penting juga diperhatikan ketika lo melewati jalanan yang licin dan basah, sebaiknya periksa kondisi ban terlebih dahulu, bro. Ada baiknya untuk menurunkan tekanan angin ban 15-20 psi dari biasanya supaya ban lebih mencengkeram jalan.

Disiplin di Jalanan

Mau Bersepeda Saat Musim Hujan? Begini Cara Amannya Bro!

Image source: cyclingmagazine.ca

Nah, tips satu ini juga nggak bisa disepelekan, bro. Karena sesungguhnya, salah satu yang menentukan keselamatan di jalan adalah perilaku bersepeda saat di jalanan. Ingat untuk tetap disiplin, walaupun kondisi trek jalan nggak seperti biasanya.

Pastikan lo menggunakan jalur yang udah ditetapkan dan tetap patuhi rambu lalu lintas. Selalu usahakan agar lo mudah dilihat oleh pengendara lain.

Bersihkan Sepeda

Mau Bersepeda Saat Musim Hujan? Begini Cara Amannya Bro!

Image source: finance.detik.com

Setelah diguyur dan menerabas hujan, jangan males untuk bersihkan sepeda kesayangan lo, bro. Bersihkan sepeda dan lumasi rantai rodanya. Karena kalau dibiarkan, air hujan bakal membuat sepeda cepat berkarat dan bisa mengakibatkan kerusakan.

Perhatikan Cara Pengereman

Mau Bersepeda Saat Musim Hujan? Begini Cara Amannya Bro!

Image source: idn.times.com

Nggak kalah penting dari yang lainnya, melakukan pengereman pun harus tepat, bro. Pengereman dalam kondisi cuaca hujan sendiri nggak bisa dilakukan seperti saat kondisi kering. Pengereman sepeda saat hujan biasanya memakan waktu lebih lama.

Sebaiknya lakukan pengereman secara halus dan pelan-pelan supaya kecepatan turun secara bertahap. Hal ini dilakukan untuk menghindari berhenti mendadak di jalanan yang basah.

Gunakan Lampu Sepeda

Lampu sepeda nggak cuma bermanfaat saat gowes di malam hari aja bro, tapi juga saat hujan. Bersepeda saat hujan sering mengganggu penglihatan dan menurunkan jarak pandang, maka dari itu pasang lampu sepeda untuk bantu penerangan.

Nggak hanya untuk penerangan, lampu sepeda juga berguna untuk kasih tanda ke pengendara lain di jalan. Hal ini bakal memberikan keamanan pada diri sendiri maupun pengendara lain tentunya, bro.

Nah, itulah beberapa cara aman buat lo yang masih tetap ingin gowes walaupun kondisi sedang diguyur hujan. Jangan lupa untuk pakai jas hujan kalau mau menerabas hujan saat gowes, bro! Sebaiknya jangan memaksakan diri kalau kondisi hujannya lagi lebat, ya.

 

Source: https://male.co.id/detail/9074/cara-aman-tetap-bersepeda-saat-musim-hujan-sport-hobby-0-sport-hobby
Tips Beginner Extreme solo traveling

15 COMMENTS

SHARE
DEVI TRI HANDOKO
SEHAT DENGAN MENGAYUH SEPEDA
SRI YAYA ASTUTI
sayangi sepedamu
Agung Sutrisno
Perlu dipersiapkan dengan matang
Sumardiyono
Tanks infonya
DYAH WIDIASTUTI
Mantap infonya
Hengky  kik
kring kring gowes dengan bersepeda kita jadi sehat
Nurma Mugi Nugraha
Sama obat masuk angin disiapkan min
Agus Sungkawa
tips aman bersepeda saaat hujan yang bermanfaat
agung
tq info ya
Ulin Nuha
Semoga bermanfaat