Main Skate di Bowl Juga Nggak Kalah Seru!

Main skateboard di jalan seru bukan main, bro. Itu harus diakui karena lo bisa menemukan banyak obstacle secara spontan. Macam-macam bentuknya, bisa dengan memanfaatkan infrastruktur yang ada. Ya, inilah asyiknya skateboard. Kadang memang harus sedikit 'nakal' di jalan biar dapet momen serunya.

Main Skate di Bowl Juga Nggak Kalah Seru!

Tapi kalau sekarang sudah ada arena resminya, mending lo main skate di sana, bro. Karena di sana lo bisa menemukan rintangan tanpa harus keliling cari spot.

Salah satu yang nggak kalah seru itu ketika lo menjajal meluncur di dalam bowl atau pool park. Sesuai namanya, arena bermain ini berbentuk seperti mangkok. 

Kolam bowl skatepark biasanya memiliki berbagai bentuk dan ukuran. Untuk kedalaman sebuah bowl biasanya berukuran 9 kaki atau 2,75 meter. Sekilas, main di arena bowl kelihatan gampang. Cuma maju terus meliuk-liuk sambil mengitari spot itu. Tapi ternyata nggak semudah itu, bro.

Ada trik dan settingan skateboard yang disesuaikan. Simak terus ke bawah ya. 

Setting Dulu Skateboard Lo!

Main Skate di Bowl Juga Nggak Kalah Seru!

Image source: youtube.com / baskwith

Struktur semen dan gundukan-gundukan di arena bowl sudah pasti nggak bikin nyaman. Tapi semuanya bisa diatasi dengan seringnya latihan. Hal pertama yang harus lo lakukan adalah memiliki ukuran skateboard yang tepat. Buat main di arena ini pakailah skateboard yang lebih kecil ukurannya dengan roda 56-60 mm.

Pastikan settingan papan juga stabil. Periksa juga truck skateboard supaya bisa lebih longgar sedikit. Dengan begitu lo bisa merasakan berbelok lebih gampang. 

Kalau settingan sudah mantap, maka mulailah meluncur. Biasakan diri dulu buat keliling di arena bowl. Kenali treknya lalu lakukan aja kayak posisi normal bermain skateboard. 

Teknik Carving

Main Skate di Bowl Juga Nggak Kalah Seru!

Image source: carvingsocialclub.com

Ini teknik pertama yang harus lo kuasai. Kalau sudah biasa main skate pasti nggak bakal ketemu masalah. Jadi trik ini dimulai dengan menekuk lutut lalu dorong pada titik tertentu selama berjalan. Teknik ini biar kecepatannya bertambah. 

Ada tiga titik nih buat memompa tenaga dengan si teknik carving ini. Pertama lo bisa memanfaatkan transisi dari permukaan yang datar ke tanjakan. Lalu melewati pojok arena bowl, terakhir di permukaan yang datar.

Rencanakan Jalur

Bermain di bowl ini harus penuh perencanaan. Karena area ini nggak luas dan hanya berputar-putar di titik yang sama. Makanya ketika lo sudah mulai di dalam bowl harus mengetahui lo mau ke arah mana.

Penting buat mengamati spot di tiap sudut bowl. Jadi lu tahu di mana dan titik untuk mendorong skateboard lo dengan teknik carving tadi. Dengan memilih jalur yang tepat maka lo bisa lebih cepat juga sampai ke sudut bowl atau melakukan trik dengan tepat. 

Kuncinya ketika bermain di bowl adalah fokus. Pandan mata dan kepala harus beriringan, jadi arah papan juga mengikut apa yang lo lihat. Gimana, gampang kan? Sudah siap buat ke skate park?

 

Source: https://www.surfertoday.com/skateboarding/how-to-skate-a-bowl
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
DEVI TRI HANDOKO
wahana asik buata para skater
AHMAD ZAENUDIN
Thank infonya
Sumardiyono
Nice infonya
Hari Tristiyanto
Mantap i fonya
Heni Oen
keren juga nih
Senuadi Tandun
kali jodoh ada nih trak spt ini
Ulin Nuha
Semoga bermanfaat
Agus Sungkawa
Lintasan nya yang menangtang
Fajar Satritama
Pasti siaap bro.. dan jangan lupa juga buat bikin asuransi jiwa dulu bro, untuk meminimalisir resiko
Heni Oen
buat anak.muda menantang nih