CiptaJaya Selancar, Bisnis Papan Selancar Lokal Kualitas Internasional

Pulau Bali bisa dibilang memang menjadi surganya para pencinta olahraga selancar. Pasalnya, lo bisa menemukan banyak pantai dengan ombak yang menantang di sini, Superfriends! Nggak cuma itu, Bali juga punya CiptaJaya Selancar, produsen papan selancar lokal yang terkenal di kancah Internasional, lho. Berikut ulasan selengkapnya!

CiptaJaya Selancar, Bisnis Papan Selancar Lokal Kualitas Internasional

Apa yang terlintas di pikiran lo saat mendengar nama destinasi wisata Pulau Bali, Superfriends? Pasti nggak jauh dari pantai dan ombaknya yang sangat menantang.

Yup, Pulau Dewata memang cocok banget buat anak pantai yang hobi menikmati deburan ombak dan hangatnya sengatan sinar matahari. Selain itu, ombak-ombak yang menantang di Pulau Bali juga cocok banget buat arena bermain bagi pencinta olahraga ekstrem selancar, Superfriends.

Surfing di Indonesia pun bisa dibilang sudah nggak asing lagi. Hal ini ditandai dengan munculnya club dan toko surf di berbagai wilayah Nusantara, terutama di Bali. Seiring dengan banyaknya club surfing juga mulai banyak kompetisi surfing lokal maupun bertaraf internasional.

Robi Hendra, sebagai peselancar pun melihat peluang yang sangat menjanjikan ini dan tergugah untuk membuat papan selancar sendiri dengan nama CiptaJaya Selancar. Berikut ini sekilas cerita Robi Hendra dalam membangun CiptaJaya Selancar, produsen papan selancar lokal dengan kualitas Internasional yang sangat menginspirasi, Superfriends!

Berawal dari Produksi Fin

CiptaJaya Selancar, Bisnis Papan Selancar Lokal Kualitas Internasional

Image source: Mldspot.com

Tahu nggak sih Superfriends, ternyata dulu CiptaJaya Selancar awalnya cuma sekedar membuat fin atau sirip papan selancar saja, lho. Sampai akhirnya, kemudian muncul ide untuk membuat papan selancar yang terbuat dari foam atau gabus bekas buat digunakan dirinya sendiri.

Setelah itu, CiptaJaya Selancar juga turut aktif mendukung para peselancar lokal lewat papan selancarnya yang berkualitas. Dari merekalah Robi mendapatkan masukan untuk menyempurnakan papan selancar buatannya, Superfriends.

Mulai Menitipkan Produk di Toko Temannya

CiptaJaya Selancar, Bisnis Papan Selancar Lokal Kualitas Internasional

Image source: ciptajayaselancar.com

Sekitar tahun 2005, Robi mulai menitipkan papan selancar buatannya di toko-toko papan selancar milik temannya. Hal inilah yang membuat produk buatannya mulai populer dan kebanjiran pesanan, khususnya papan selancar pribadi dengan warna custom yang bisa disesuaikan dengan keinginan penggunanya, Superfriends.

Seiring berjalannya waktu, jam terbang yang cukup banyak dan produk yang makin terlihat sempurna, CiptaJaya Selancar pun mulai berani untuk menuliskan Made In Indonesia dengan logo sendiri, “RR”. Meskipun begitu, untuk bisnis ini sendiri, Robi Hendra sendiri masih fokus pada pesanan papan selancar custom, Superfriends.

Papan Selancar Batik Jadi Primadona

CiptaJaya Selancar, Bisnis Papan Selancar Lokal Kualitas Internasional

Image source: pemburuombak.com

Produsen papan selancar lokal dengan kualitas internasional ini bisa membuat berbagai jenis papan selancar lho, Superfriends. Mulai dari classic shortboard, funboard, modern twofins, sampai longboard.

Disamping itu, CiptaJaya Selancar pun punya andalan dalam penjualannya, yaitu model papan selancar bergambar batik. Yup, nggak cuma dari dalam negeri, papan selancar dengan corak khas batik buatan anak bangsa ini juga selalu laris diborong turis mancanegara, Superfriends!

Harga yang Sangat Bersaing

Meskipun memiliki kualitas kelas atas, harga pembuatan untuk satu papan CiptaJaya Selancar ternyata masih jauh lebih murah ketimbang papan buatan impor lho, Superfriends. Tahun 2019, range harga pembuatan custom papan selancar di CiptaJaya Selancar hanya berkisar sekitar 5 juta sampai 8,9 juta rupiah saja.

Muklis Anwar dan Ivan Sudena adalah dua peselancar profesional lokal yang sudah menggunakan papan selancar buatan CiptaJaya Selancar. Disamping itu, produsen papan selancar lokal ini pun ingin membuktikan bahwa papan selancar produksinya memiliki kualitas internasional dan bisa bersaing di pasar internasional pastinya, Superfriends!

 

Referensi: https://www.mldspot.com/tv/inspiring-products/ciptajaya-selancar-selancar-lokal-di-ombak-internasional
In Depth Beginner Extreme solo traveling

7 COMMENTS

SHARE
Agung Sutrisno
Produsen papan selancar lokal dengan kualitas internasional
Sumardiyono
Nice infonya
Senuadi Tandun
pilihan tepat buat perselancar pribadi
Agus Sungkawa
kualitas jadi acuan..bisa bersaing dengan yang lain
agung
tq info ya
AHMAD ZAENUDIN
Kwalitas dalam negeri tak mau kalah dengan made in luar.. mantap!
Heni Oen
indonesia banyak oengukir kayu hebat seharusnya bisa mjd ladang bisnis