Mengenal Bisnis Sewa Kamar yang Jadi Favorit Traveler

AirBnb jadi indikator penting yang menyempurnakan perjalanan traveling jarak jauh. Apalagi kalau rencana jalan-jalan lo ke luar negeri. Sudah pasti bakal membidik penginapan yang serba murah tapi bikin nyaman.

Mengenal Bisnis Sewa Kamar yang Jadi Favorit Traveler

Dan, tentunya pilihan itu bakal jatuh ke AirBnb. AirBnB itu layanan online yang menyediakan jasa sewa rumah atau apartemen di berbagai penjuru dunia.  Jadi, lewat AirBnb lo bisa dengan gampang menemukan penginapan. Dan, yang bikin dengan jasa lainnya adalah, kalau AirBnb ini lebih penginapan semacam apartemen, rumah, sampai vila. 

Sedangkan jasa online lainnya itu kebanyakan layanan penginapan hotel, hostel, atau guest house. Makanya AirBnb banyak jadi sasaran para traveler yang mau liburan ke luar kota.

Bagaimana Keuntungannya?

Mengenal Bisnis Sewa Kamar yang Jadi Favorit Traveler

Image source: architecturaldigest.com

Pada tahun 2016 lalu, bisnis AirBnB ini bisa dibilang sudah bisa dapat angin segar. Beberapa tuan rumah yang menyewakan propertinya lewat AirBnB bisa mengantongi pendapatan Rp 2,3 juta per bulan. Itu tahun 2016.

Kurang lebih kalau selama satu bulan itu bisa dapat sampai Rp 28,4 juta. Kalau ditotal dari seluruh pemilik bisnis AirBnB, angka pendapatannya bisa mencapai Rp 1,15 triliun, bro.

Nah, angka itu diakumulasi dari 43.700 akomodasi yang terdaftar di AirBnB di tahun 2016. Secara data, lima besar pasar wisatawan di AirBnB yang datang ke Indonesia itu kebanyakan dari Jakarta, Singapura, London, Melbourne, Sydney, dan Kuala Lumpur.

Persyaratan Ketat

Mengenal Bisnis Sewa Kamar yang Jadi Favorit Traveler

Image source: republika.co.id

Salah seorang yang menyewakan dua kamar kos di Jakarta dan vila di Bali ke AirBnB ini bilang ada syarat yang ketat untuk menjadi host AirBnB. Contoh yang dijelaskan itu misalnya data diri dan proses verifikasinya harus memastikan nggak punya catatan kriminal. 

Jika lolos verifikasi, pihak AirBnB akan menyetujui dan baru bisa buat disewakan. Untuk harga, si pemilik kamar dibebaskan buat menetapkan harganya per satu malam. Intan yang menjadi host AirBnB bisa dapat Rp 4,5 juta per bulan.

Dia bisa menyewakan rata-rata 20 malam dalam satu bulan. Gabung di tahun 2015,  dia menilai keuntungan yang didapat masih cukup buat menutupi biaya cuci sprei dan sarapan.

Karena potensi bisnis yang besar, lama kelamaan sewa dari indekosnya berkurang karena banyak saingan host-host di lingkaran AirBnB.

Tapi bro, kalau dibanding dengan sistem sewa konvensional, sewa kamar lewat layanan AirBnB bisa lebih baik dari segi pendapatan. Nggak cuma perkara duit, tapi tamu yang datang juga bisa dari mancanegara.

Cara Daftar AirBnB

Buat daftar menjadi host AirBnB lo tinggal masuk aja ke situsnya dan melakukan registrasi. Kalau sudah, lo harus mengisi informasi profil yang detail ya. Jangan lupa pasang foto profil dengan penampakan yang cakep.

Tambahkan juga deskripsi tempat apa itu kamar, apartemen, atau rumah yang mau disewa dan didaftarkan ke AirBnB. Perlu diingat nih bro, lo nggak perlu menyewakan properti setiap saat. Karena lo bisa memilih pada tanggal berapa saja properti mau disewakan.

 

Source: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20171124160603-185-257867/mengukur-bisnis-airbnb-di-indonesia
https://www.99.co/blog/indonesia/cara-daftar-airbnb/
Urban Action Beginner Extreme solo traveling

8 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
nice bgt infonya
Muhammad ridwan
Nice infonya
Hari Tristiyanto
thanks ya info nya
Wafiroel N
makasih infonya ganb
agung
tq info ya
Yeni Kurniasih
bermanfaat infonya untuk treveler
Muhammad Romli
Mkasih informasi nya
Cecep Jajang
Info yang bagus...jad tau sekarang