Tips dan Teknik Dasar Berkuda Buat yang Baru Mau Coba

Menunggangi kuda memang bukanlah perkara mudah yang bisa dilakukan siapa saja. Perlu pengalaman dan teknik khusus biar bisa lancar mengendalikan laju kuda dengan aman, Superfriends. Lantas, bagaimana tips dan teknik dasar berkuda buat pemula? Langsung cek informasi lengkapnya berikut ini!

Tips dan Teknik Dasar Berkuda Buat yang Baru Mau Coba

Berkuda memang menjadi salah satu aktivitas wisata sekaligus olahraga yang unik dan cukup memacu menantang. Cocok banget buat lo yang lagi mencari aktivitas baru dan memacu adrenalin, Superfriends!

Nggak cuma di arena pacuan, beberapa tempat wisata juga ada yang menawarkan kuda tunggangan buat digunakan berkeliling tempat tersebut, lho. Dengan begini, lo bisa menghemat tenaga sekaligus mencoba pengalaman baru berkuda di tempat wisata yang menakjubkan.

Kalau baru mau mencoba atau masih terbilang baru, maka sebaiknya simak dulu beberapa tips dan teknik dasar berkuda buat pemula berikut ini, Superfriends!

Belajar Naik ke Atas Kuda

Tips dan Teknik Dasar Berkuda Buat yang Baru Mau Coba

Image source: en.wikipedia.org

Tips dan teknik dasar menunggang kuda buat pemula yang pertama yaitu mulailah dengan cara yang sederhana seperti belajar naik ke atas kuda. Sebab, pemula yang mau berkuda biasanya bakal ragu atau takut, sehingga bisa menyakiti atau membuat kuda nggak nyaman saat proses menaikinya, Superfriends.

Kalau lo baru pertama kali naik kuda, maka sebaiknya mulailah dari sisi kiri kuda. Pasalnya, kekuatan pijakan kebanyakan orang ada di kaki sebelah kanan supaya mampu menghentak untuk naik ke atas pelana.

Yup, kaki kanan lo harus menghentakan tenaga, biar tubuh lo bisa langsung naik ke atas kuda dan duduk nyaman di atas pelana, Superfriends. Tapi, jangan terlalu kuat juga ya, karena posisi lo bisa saja merosot dan melewati bagian sisi kanan kuda.

Kalau awalnya lo dibantu naik oleh instruktur atau orang lain, maka selanjutnya lo harus belajar naik ke atas kuda sendiri atau tanpa bantuan orang lain, Superfriends. Dengan begitu, lo jadi bisa terbiasa dan bisa mempelajari tips dan teknik dasar menunggang kuda berikutnya.

Coba Arahkan Kudah Untuk Jalan Biasa

Tips dan Teknik Dasar Berkuda Buat yang Baru Mau Coba

Image source: en.wikipedia.org

Tips dan teknik dasar menunggang kuda buat pemula selanjutnya yaitu cobalah buat belajar mengarahkan kuda untuk jalan biasa. Namun, tetap kendalikan kestabilan tubuh di atas pelana juga ya, Superfriends.

Caranya, lo bisa hentakkan kedua kaki sedikit ke perut kuda dan kuda pun otomatis bakal bergerak maju. Sekali lagi, pastikan posisi duduk sudah kokoh, nyaman, dan seimbang di pelana.

Keseimbangan ini bisa terjaga dengan baik kalau lo mengatur pinggang diri lo sendiri, Superfriends. Biar posisi tubuh lebih seimbang dan gerak kuda yang lebih terkendali pastikan juga pijakan kaki ada pada posisi yang seharusnya, ya.

Belajar Lari Biasa

Tips dan Teknik Dasar Berkuda Buat yang Baru Mau Coba

Image source: themanual.com

Kalau dirasa sudah stabil dan bisa berjalan biasa dengan lancar, maka tips dan teknik dasar menunggang kuda buat pemula selanjutnya yaitu cobalah buat belajar lari biasa, Superfriends. Awalnya, lo harus merapatkan kedua kaki ke tubuh kuda dan kuda pun pasti bakal mulai berlari dengan kecepatan normal.

Tangan yang memegang tali kendali agak pendek bisa mengikuti irama kepala kuda sambil berlari. Tapi tetap hati-hati juga ya Superfriends, karena terkadang seorang joki merasa kurang bisa mengendalikan saat posisi duduk sudah mulai loncat mengikuti suara sepatu kuda.

Tetaplah berkonsentrasi dan fokus, karena kalau nggak, irama loncat duduknya menjadi kurang teratur dan bisa mengganggu kenyamanan berkuda, Superfriends. Kalau hilang konsentrasi, maka posisi bokong bisa saja melenceng ke kiri dan kanan saat kuda melaju.

Hal ini pun bisa berakibat pada kram di kaki, lho. Oleh karena itu, latihlah selalu konsentrasi dalam mengendalikan posisi tubuh dan jalannya kuda, biar nggak mudah kram, melenceng apalagi jatuh, Superfriends.

Lanjut Lari Cepat

Tips dan Teknik Dasar Berkuda Buat yang Baru Mau Coba

Image source: decathlon.com

Kalau sudah mahir berjalan biasa, maka lo bisa menerapkan tips dan teknik dasar berkuda buat pemula selanjutnya, yaitu berlari cepat, Superfriends. Sama seperti lari biasa, kedua kaki lo harus dirapatkan dengan kencang pada tubuh kuda pada tahap ini.

Pastikan juga kedua paha sudah merapat ketat tepat di bawah pelana. Tujuannya, yaitu biar bokong lo bisa terangkat melayang ketika kuda berlari cepat. Peganglah tali kendali sekuat mungkin biar bisa menyesuaikan irama ketukan kaki dan kepala kuda yang maju-mundur, Superfriends.

Untuk pemula, sebaiknya cobalah tips ini pada lintasan lurus terlebih dahulu. Kalau mau yang sedikit lebih menantang, cobalah dengan sedikit berbelok, namun harus tetap menjaga keseimbangan dan kelurusan tubuh, ya.

Amannya, kuda berbelok dengan cepat 60-90 derajat dalam kecepatan sekitar 20 km/jam. Kalau kecepatan kuda masih sekitar 30 km/jam, maka joki bisa saja “berpisah” dengan kuda-nya saat berbelok. Jadi, hati-hati ya, Superfriends!

 

Referensi: https://olahragapedia.com/teknik-menunggang-kuda
Tips Beginner Extreme solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
Bimo Waskito
Wajib dicoba fellas
Sumardiyono
Tanks infonya
Muhammad Romli
Tips dan trik yg bermanfaat
DEVI TRI HANDOKO
BELUM PERNAH NGRASAIN BERKUDA
Heni Oen
biayanya mahal
Senuadi Tandun
bagi pemula wajib tau nih
agung
tq info ya
Agus Sungkawa
teknik dan trik buAT penunggang kuda
Ivan harnawan
Nice info
Nasir Arsyad
Kereen..ty infox