Catat! Begini Cara Cegah Vertigo Saat Scuba Diving

Panorama bawah laut bisa bikin jiwa hanyut karena terpesona keindahannya. Kehidupan bawah laut yang sunyi bisa menghadirkan kejutan dengan adanya interaksi-interaksi dari spesies yang ada di sana.

Catat! Begini Cara Cegah Vertigo Saat Scuba Diving

Tapi perlu diingat, melakukan scuba diving juga berhadapan dengan risiko kesehatan. Salah satunya vertigo. Vertigo saat scuba diving adalah pengalaman cukup umum, tapi jarang dibahas. Memang nggak berbahaya sih, tapi vertigo bisa menyebabkan masalah yang mengkhawatirkan saat menyelam. 

Ketika vertigo datang, maka yang dirasakan adalah rasa pusing atau perasaan berputar di mana risikonya mengarah pada disorientasi. Makanya penting nih buat mempersiapkan dan mengetahui penyebab dan gejala vertigo, sampai pencegahannya. Lo simak terus ke bawah ya!

Ragam Penyebab Vertigo

Catat! Begini Cara Cegah Vertigo Saat Scuba Diving

Image source: beritagar.id

Vertigo sudah pasti nggak bikin nyaman saat menyelam. Lo cenderung akan merasa panik di bawah air dan bisa jadi masalah serius. Vertigo ini paling sering disebabkan oleh ketidakseimbangan tekanan di telinga kiri dan kanan saat turun atau naik di bawah laut.  Ada juga yang disebabkan jika air dingin masuk ke satu telinga saja. Jenis vertigo ini nggak meninggalkan efek yang lama. 

Di sisi lain, yang paling umum penyebab vertigo karena disorientasi. Itu terjadi saat informasi yang diterima otak tidak sesuai dengan pandangan di dalam air. Misalnya, saat menyelam dengan kondisi jarak pandang yang baik atau buruk, maka otak akan kesulitan memproses informasi yang diterima. Tapi, vertigo juga bisa menjadi gejala DCS atau hipoksia.

Bagaimana Mencegahnya?

Sama dengan hobi-hobi lainnya juga, kalau kondisi badan lagi nggak fit maka urungkan saja niat lo buat menyelam. Misalnya lo lagi pilek atau hidung tersumbat. Maka opsi yang paling tepat adalah balik ke rumah dan beristirahat. Jangan nekat.

Karena penyakit ringan juga bisa mengganggu kondisi menyelam dan cenderung menyebabkan vertigo. Maka, kalau sudah kepengen banget buat menyelam, segeralah konsultasi ke dokter. Jujur sama catatan medis menyelam. Restu atau izin dokter akan menentukan kenyamanan lo saat menyelam. 

Kalau terjadi saat lo sudah terlanjur menyelam, maka biasanya vertigo terjadi karena ada kontaminasi pada tabung udara. Jika itu terjadi segera lapor ke operatornya. 

Dan yang paling penting adalah tetap tenang. Jadi berhenti sejenak, lalu bernapas, berpikir, dan bertindak. Ikutilah aturan situasi darurat saat menyelam ini. Tahapan-tahapan itu akan membantu menenangkan diri, memperhatikan situasi, dan menghindari rasa panik. Jika berhasil gejala vertigo itu bakal mereda. 

Lo juga bisa memberikan isyarat ke rekan menyelam buat minta bantuan. Lo bisa memberi sinyal 'masalah' dengan memiringkan posisi tangan atau memutarkan jari di dekat pelipis. Dengan kode atau sinyal itu rekan menyelam lo akan mendekat dan segera menenangkan saat menyelam.

Cara lainnya adalah menjaga regulator tetap di mulut. Kalau merasa mual, jangan lepaskan pengaturnya dan tahan dulu buat bergerak ke permukaan. 

Kalau gejala-gejala vertigo belum minggat juga, maka balik lagi ke poin pertama, batalkan penyelaman lebih dalam ke bawah laut. Sebaiknya lo mengakhiri penyelaman jika dalam kondisi lagi nggak baik-baik saja. 

 

Source: https://dipndive.com/blog/how-to-prevent-vertigo-when-scuba-diving/
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

7 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
Nice infonya
Heni Oen
wah spt apa vertigo saat scuba
Ivan harnawan
Nice info
Agus Sungkawa
Ini nih mantap vertigo belum minggat juga, maka balik lagi ke poin pertama
agung
tq info ya
AHMAD ZAENUDIN
Infonya sangat menarik
Amirul Bahri
Nice infooo