5 Kota di Indonesia Ini Terancam Tenggelam!

Kebayang nggak bro, gimana jadinya kalau beberapa kota di Indonesia termasuk Jakarta bakal tenggelam dan hilang dari muka bumi? Konon hal ini bisa terjadi pada tahun 2050, bro! Kok bisa, ya? Langsung aja simak ulasan selengkapnya!

5 Kota di Indonesia Ini Terancam Tenggelam!

Keadaan bumi tempat kita semua tinggal ini nampaknya semakin nggak baik-baik aja, bro. Suhu global dan permukaan laut terus meningkat setiap tahunnya. Hal ini mengakibatkan kota-kota yang memiliki pantai sering mengalami banjir. Pemanasan global (global warming) juga menjadi pemicu perubahan iklim ekstrem, tentu permasalahan ini bukanlah hal sepele ya, bro.

Perubahan iklim juga bisa mengancam kehidupan manusia. Bahkan menurut penelitian, beberapa kota di Indonesia termasuk Jakarta diprediksi akan tenggelam dan hilang dari bumi dalam beberapa dekade mendatang.

Melansir World Economic Forum, Jakarta menjadi kota yang paling berpotensi tenggelam. Permukaan tanah Jakarta disebut menurun hingga 6,7 inci per tahun karena pemompaan air tanah yang berlebihan. Sebagian besar kota Jakarta diprediksi tenggelam pada tahun 2050.

Nggak cuma Jakarta, tapi beberapa kota lainnya di Indonesia juga diprediksi tenggelam pada tahun 2050, bro! Kota mana aja ya? Berikut ini ulasannya.

1. Pulau Bali

5 Kota di Indonesia Ini Terancam Tenggelam!

Image source: santorinidave.com   

Pulau Bali yang terkenal dengan pantai-pantai indahnya ini masuk ke dalam daftar kota yang bakal tenggelam, bro. Meningkatnya tinggi permukaan air laut mengancam keberadaan Pulau Bali.

Pada tahun 2050, Bali diprediksi akan kehilangan sekitar 489 kilometer dari total keseluruhan wilayahnya. Kalau hal ini sampai benar-benar terjadi, Pulau Bali bakal terbelah dan terpisah menjadi dua bagian yang berbeda, bro.

2. Jakarta

5 Kota di Indonesia Ini Terancam Tenggelam!

Image source: beritagar.id 

Jakarta sebagai kota metropolitan pun kini semakin memprihatinkan, bro. Perubahan iklim ditambah dengan aktivitas manusia yang merusak lingkungan menjadikan daratan Jakarta juga ikut terancam bakal tenggelam.

Berdasarkan penelitian dari tim peneliti geodesi ITB, diketahui Jakarta Utara udah mengalami penurunan tanah 15 cm setiap tahunnya. Kalau nggak segera ditangani, pada tahun 2050 sebanyak 95% dari total luas Jakarta akan benar-benar tenggelam ke lautan.

3. Semarang

5 Kota di Indonesia Ini Terancam Tenggelam!

Image source: portalwisata.co.id  

Di kota Semarang, lalu lintasnya sering mengalami kemacetan parah tiap kali air laut pasang. Kemacetan parah ini sering terjadi akibat banjir rob yang disebabkan meluapnya air laut ke daratan, bro. Kondisinya pun bisa semakin parah kalau musim hujan tiba.

Data dari Badan Geologi Kementerian ESDM menunjukkan bahwa pesisir Semarang mengalami penurunan tanah hingga 10 cm per tahunnya, dengan potensi amblas yang terus menerus. Pada tahun 2050 mendatang, separuh wilayah Semarang diprediksi bakal tenggelam, terutama Semarang Utara, Semarang Timur, Semarang Barat, Pedurungan, Genuk, dan sebagian Tugu.

4. Pulau Sentut

Salah satu kawasan terluar Indonesia yaitu Pulau Sentut, juga terancam tenggelam, bro. Letaknya berada di perairan Laut Natuna Selatan yang masih masuk dalam wilayah Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau.

Konon, Pulau Sentut telah mengalami abrasi dan membuat sebanyak 2 hektar wilayahnya hilang. Nggak hanya itu, kondisi ini juga diperparah dengan kegiatan pertambangan bauksit yang semakin merusak lingkungan.

5. Pulau Kelor

Pulau yang masuk ke dalam gugusan Kepulauan Seribu, DKI Jakarta ini juga ikut masuk ke dalam daftar ini, bro. Pulau Kelor yang dulunya bernama Kerkhof ini punya sejarah panjang karena pernah jadi benteng pertahanan VOC pada masa kolonialisme Hindia Belanda.

Pada awalnya Pulau Kelor memiliki luas 1,5 hektar, tapi sejak tahun 1980 luasnya hanya menyisakan 1 hektar yang disebabkan oleh abrasi yang terus menggerus tanah.

Nah bro, itu tadi beberapa kota di Indonesia yang terancam bakal tenggelam dalam beberapa dekade mendatang. Gimana nih menurut lo, bro?

 

Source: https://phinemo.com/5-kota-di-indonesia-yang-terancam-tenggelam-dan-hilang-dari-muka-bumi/
Trending Beginner Extreme solo traveling

22 COMMENTS

SHARE
Ivan harnawan
Nice info
Senuadi Tandun
walah kalau tdk diantisipasi bisa terjadi
Heni Oen
Jakarta termasuk ?. solusinya apa nih
Ahmad Juhanda
Wawawawa
Endy Fredian Dinata
Kereeennnn
agung
tq info ya
Sumardiyono
Tanks Infonya
Hengky  kik
waduuuuh .... harus ada solusi dan antisipasinya
DYAH WIDIASTUTI
Wah klo terjadi beneran ngeriii...
AHMAD ZAENUDIN
Semoga saja gak jd kenyataan..