Hobi Mendaki dan Bertualang Bisa Jadi Uang? Ini Caranya!

Apakah Superfriends hobi mendaki gunung dan aktivitas bertualang lainnya? Kalau biasanya aktivitas mendaki dan bertualang butuh budget yang harus dikeluarkan, sekarang lo bisa dapat uang dari hobi tersebut! Mau tau gimana caranya? Langsung aja simak ulasannya, Superfriends!

Hobi Mendaki dan Bertualang Bisa Jadi Uang? Ini Caranya!

Hobi mendaki dan bertualang bisa jadi uang? Apa bisa, Superfriends? Alih-alih buat mendapatkan uang, kegiatan mendaki gunung, bertualang dan sejenisnya, justru akan membuat lo cenderung lebih banyak mengeluarkan uang. Tapi, anggapan itu udah nggak tepat lagi, sekarang lo bisa menghasilkan uang dari aktivitas outdoor tersebut!

Dengan perkembangan arus informasi dan teknologi sekarang ini, ternyata ada cukup banyak perusahaan yang bersedia membayar lo untuk melakukan hobi tersebut. Terus, gimana caranya mendapatkan uang dari hobi mendaki gunung dan bertualang? Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa dicoba, Superfriends!

Buka Jasa Endorsement

Hobi Mendaki dan Bertualang Bisa Jadi Uang? Ini Caranya!

Image source: myfashionlife.com

Cara ini udah sering banget dilakukan sama para influencer nih, bro. Yup, cara pertama untuk menghasilkan uang dari hobi mendaki dan bertualang adalah dengan membuka jasa endorsement.

Dengan cara menjadikan diri lo sebagai bintang iklan suatu produk, merek, atau jasa tertentu, maka lo berhak menerima bayaran yang bisa ditentukan sendiri jumlah dan besarannya. Gampang, kan?

Tapi, sebelum jadi endorser seperti para influencer dan lain sebagainya, lo harus memenuhi kriteria terlebih dahulu. Cara yang paling realistis tentu harus punya follower atau pengikut yang cukup banyak di media sosial. Kalau jumlah pengikutnya udah banyak, maka lo bisa buka jasa endorsement untuk menghasilkan uang sembari melakukan hobi mendaki dan bertualang.

Jadi Brand Ambassador

Hobi Mendaki dan Bertualang Bisa Jadi Uang? Ini Caranya!

Image source: mec.ca    

Percaya nggak, ternyata jadi seorang pendaki gunung dan petualang profesional juga bisa membuat lo jadi kaya raya. Sebagai contohnya, ini berlaku kepada Jimmy Chin, salah satu atlet pendaki gunung, petualang, pemain ski mountaineering yang dibayar sebesar $10.000 untuk satu jam berpidato di salah satu forum penting di Amerika Serikat!

Hal ini tentu nggak dicapai Jimmy dalam waktu semalam, ada proses panjang yang dilakukan sebelum akhirnya Jimmy Chin menjadi brand ambassador merek-merek outdoor paling populer dunia seperti The North Face dan semacamnya.

Jadi, lo harus punya konsistensi yang kuat dan semangat buat terus belajar secara totalitas, lalu profesi pendaki gunung dan petualang ini bisa mengantarkan lo untuk menghasilkan uang dengan menjadi seorang brand ambassador.

Jadi Pemandu atau Guide

Hobi Mendaki dan Bertualang Bisa Jadi Uang? Ini Caranya!

Image source: feralmountainco.com    

Cara ini juga menjadi salah satu pekerjaan untuk pencinta alam, yaitu jadi seorang pemandu atau guide. Guide yang dimaksud tentu aja adalah guide dalam aktivitas bertualang atau mendaki gunung. Dengan melakukan pekerjaan ini, tentu lo bisa menghasilkan uang sembari menjalani hobi.

Tapi untuk jadi seorang pemandu gunung profesional, lo harus memenuhi beberapa syarat yang umum digunakan. Misalnya, harus mengerti dengan baik segala aktivitas yang dilakukan, termasuk dalam penanganan di kondisi darurat yang bisa terjadi pada tim yang dipandu nantinya.

Perjalanan open trip, pendakian bersama, dan lain sebagainya, adalah beberapa contoh gaya bertualang komersial yang butuh jasa pemandu atau guide.

Jasa Agen Perjalanan

Buka agen perjalanan komersial buat pendakian gunung atau aktivitas petualangan lainnya, adalah salah satu bisnis yang tumbuh dengan baik saat ini, Superfriends.

Semakin bermunculannya tempat wisata baru dengan basis alam bebas, menjadi indikator besarnya minat wisata alam yang bisa jadi bidang garapan agen petualang komersial yang menjanjikan. Kalau lo memilih profesi sebagai operator agen perjalanan petualangan, maka lo bisa menghasilkan cukup banyak uang dengan kemampuan menjaring calon petualang.

Nah, sambil mengantar klien yang pakai jasa agen perjalanan yang lo punya, maka lo bisa menyalurkan hobi untuk terus bertualang. Seru banget, kan?

Buat yang hobi mendaki gunung dan bertualang, itu tadi beberapa cara yang bisa dicoba untuk bisa dapat uang dari hobi. Lo udah coba salah satunya?

 

Source: https://akasakaoutdoor.co.id/blogs/aks-journal/7-cara-asyik-medapatkan-uang-dari-hobi-mendaki-dan-bertualang
In Depth Beginner Extreme solo traveling

5 COMMENTS

SHARE
Muhammad ridwan
Nice infonya
Muhammad ridwan
Bisa di coba mendaki
AHMAD ZAENUDIN
Mantap infonya
Sumardiyono
matursuwun
Agung Sutrisno
Yang semula hobi menjadi peluang usaha