5 Ide Bisnis yang Bisa Lo Manfaatkan dari Kedatangan Turis

Kalau lo termasuk yang hobi traveling dan sering ketemu turis asing, lo bisa memanfaatkan situasi ini buat jadi ide bisnis menguntungkan loh, bro! Mau tau ide bisnis apa aja? Langsung aja simak ulasannya!

5 Ide Bisnis yang Bisa Lo Manfaatkan dari Kedatangan Turis

Menghasilkan pundi-pundi rupiah bisa dengan cara apa aja, bro. Bahkan buat yang hobi melakukan traveling dan sering bertemu serta berinteraksi sama turis asing, banyak peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan. Investasi di bidang pariwisata atau yang berhubungan dengan kedatangan turis asing tentu bakal sangat menguntungkan.

Nggak cuma pundi-pundi rupiah aja yang bisa dihasilkan bro, bahkan dolar pun bisa didapat ketika para turis asing berkunjung ke Indonesia. Lo bisa menjalankan satu atau beberapa bisnis yang berhubungan dengan kedatangan turis asing. Ide bisnis apa aja? Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Bisnis Sewa Kendaraan (Mobil, Motor, Sepeda)

5 Ide Bisnis yang Bisa Lo Manfaatkan dari Kedatangan Turis

Image source: dewamotorbalirental.com 

Bisnis satu ini bisa lo manfaatkan pada momen kedatangan para turis asing, bro. Yaitu bisnis sewa kendaraan, seperti mobil, motor, bahkan sepeda.

Bisnis menggiurkan ini membutuhkan modal cukup besar dan tentu lokasi yang harus strategis, seperti dekat dengan hotel atau penginapan para turis. Karena banyak turis asing yang menikmati liburan dengan cara mereka sendiri atau dengan menyewa kendaraan.

2. Bisnis Kuliner

5 Ide Bisnis yang Bisa Lo Manfaatkan dari Kedatangan Turis

Image source: jogja.tribunnews.com  

Kedatangan para turis asing tentu nggak lepas dari wisata kuliner yang selalu melekat di dunia pariwisata, bro. Apalagi kuliner khas Indonesia yang beragam ini bisa menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan.

Ketika para turis merencanakan liburan ke Indonesia, tentu bukan cuma untuk melihat tempat-tempat wisata menarik aja, melainkan juga mau menikmati makanan khas Indonesia. Bisnis ini pun bisa bekerja sama dengan bisnis homestay atau tour dan travel, bro.

3. Bisnis Money Changer

5 Ide Bisnis yang Bisa Lo Manfaatkan dari Kedatangan Turis

Image source: intrepidtravel.com  

Jasa tukar mata uang atau Money Changer juga bisa jadi peluang bisnis yang menguntungkan loh, bro. Hal ini karena nggak semua turis asing udah siap dengan menukarkan mata uang mereka dengan rupiah.

Namun yang perlu lo ketahui, sebaiknya tempat untuk membuka usaha ini letaknya harus strategis dan dekat dengan penginapan, bro.

4. Bisnis Aksesoris

Nah, bisnis yang satu ini jangan sampai dilupakan, bro. Menjual aksesoris khas suatu daerah bisa juga dijadikan peluang usaha yang memanfaatkan momen kedatangan turis. Pasti lo sering kan bertemu penjual kaos bergambar ciri khas dari suatu kota?

Aksesoris yang dijual bisa berupa kaos khas tempat wisata tertentu, dan souvenir unik yang membuat para turis mengingat memori sewaktu mereka berlibur ke Indonesia.

5. Bisnis Tour Guide

Yang terakhir, nggak lain dan nggak bukan adalah bisnis tour guide atau pemandu wisata, bro. Tentu bisnis ini menjadi peluang yang menguntungkan ketika memanfaatkan kedatangan para turis asing.

Walaupun biasanya tour guide udah sepaket sama bisnis tour dan travel, tapi banyak juga perusahaan yang hanya fokus menyediakan pemandu wisata aja. Biasanya, perusahaan tour guide juga bekerja sama dengan perusahaan travel karena mereka saling membutuhkan.

Ternyata ada alasan mengapa pihak travel nggak mau menyediakan jasa tour guide, begitu juga mengapa pihak tour guide nggak menyediakan kendaraan untuk bisnis tour dan travel.

Nah, itu tadi beberapa ide bisnis yang bisa lo manfaatkan dari kedatangan turis asing ke Indonesia. Karena pandemi masih belum selesai sampai sekarang, lo bisa mempersiapkan modalnya dulu sampai akhirnya memulai bisnis tersebut, bro. Siapa tau setelah pandemi selesai, bisnis pariwisata ini bakal ramai diminati turis asing.

 

Source: https://koinworks.com/blog/memanfaatkan-kedatangan-turis-asing/
In Depth Beginner Extreme solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
Agus Sungkawa
Persiapkan dulu modal nya
Hari Tristiyanto
mndng cari yang cantik dn tajir jadiin bini hehehh
Ivan harnawan
Nice info
Muhammad ridwan
Nice infonya
Sumardiyono
tanks infonya
Heni Oen
boleh juga idenya
Heni Oen
bisnis kuliner dan money changer mantap nih
Cecep Jajang
Harus punya modal yang lumayan
Amirul Bahri
Boleh juga nih min
Rdh
Nice info