Keren! Sepatu dari Kulit Ceker Ala Hirka, Brand Sepatu Lokal Asal Bandung

Tahu kulit ceker ayam kan, Superfriends? Nah, kulit ceker ayam yang ekonomis ini ternyata bisa jadi sepatu yang stylish, lho. Sepatu unik dan inspiratif ini hasil karya Hirka, brand sepatu lokal asal Bandung, Superfriends. Penasaran kan, gimana cerita menarik dan bentuk sepatu dari kulit ceker ala Hirka? Berikut informasi selengkapnya!

Keren! Sepatu dari Kulit Ceker Ala Hirka, Brand Sepatu Lokal Asal Bandung

Sepatu yang stylish bisa dibilang jadi fashion item wajib buat aktivitas santai jaman sekarang. Tapi, kebayang nggak kalau sepatu yang stylish ini ada unsur kulit ceker yang ekonomis? Yup, inilah sepatu unik karya Hirka, Superfriends.

Bahkan, saking uniknya, sepatu Hirka ini disebut-sebut menjadi produsen sepatu kulit ceker ayam pertama di dunia, lho! Brand lokal ini menawarkan kesan mewah dan eksotis, sesuai dengan moto mereka yaitu Stride the Luxurious.

Keistimewaan Bahan Kulit Ceker Ayam

Keren! Sepatu dari Kulit Ceker Ala Hirka, Brand Sepatu Lokal Asal Bandung

Image source: Facebook.com/hirka.official    

Usut punya usut, bahan kulit ayam ini dipilih karena punya tekstur unik dan eksotis, layaknya kulit reptil lain yang biasa digunakan buat sepatu. Bedanya, kulit ceker ayam justru dinilai lebih unggul karena lebih ekonomis dan juga ramah lingkungan, Superfriends.

Sepatu Hirka juga dijamin eksklusif karena nggak akan ada yang memiliki tampilan sepatu yang persis sama. Bahkan, dalam sepasang sepatu pun, bagian kanan dan kiri sepatu tidak bisa persis 100% sama, karena warna dan tekstur kulit ceker ayam tentu berbeda-beda.

Sepatu casual dan formal Hirka memang hadir dengan beberapa seri pilihan warna kecoklatan atau earth tone yang memberi sentuhan klasik dan elegan ketika dipakai, Superfriends. Sebut saja seri Tafiaro, Renjana, Jokka, Balawan, sampai Astakona yang baru dirilis akhir tahun 2020 kemarin.

Unik banget kan nama setiap seri sepatunya? Penamaan ini memang memiliki tujuan untuk memperkuat identitas Hirka sebagai produk buatan Indonesia yang berkualitas tinggi, Superfriends.

Gagasan di Balik Sepatu Unik

Keren! Sepatu dari Kulit Ceker Ala Hirka, Brand Sepatu Lokal Asal Bandung

Image source: Facebook.com/hirka.official    

Ide bisnis kreatif ini ternyata datang dari ayah sang Founder dan Owner Hirka lho, Superfriends. Yup, ayah dari Nurman Farieka memang merupakan seorang seniman dan pernah menghasilkan sebuah karya seni berbahan dasar kulit ceker ayam.

Prihatin terhadap terbatasnya peminat karya seni yang dibuat sang ayah, Nurman kemudian mulai memutar otak untuk bisa mempertemukan nilai keunikan produk dan selera pasar. Sehingga, bisa mewujudkan ide kreatif dan menjadi bisnis yang menguntungkan, Superfriends.

Nurman dan timnya membutuhkan waktu kurang lebih 5 tahun untuk menemukan formula yang pas, biar kulit ceker ayam bisa kuat dan awet untuk dijadikan bahan pembuatan sepatu. Perjalanan Hirka pun sangat dinamis, memulai dengan target konsumen wanita, kemudian merambah ke produk sepatu pria.

Sampai akhirnya di tahun 2019, setelah melalui evaluasi dan diskusi, Hirka memilih untuk fokus hanya pada produksi sepatu eksklusif bagi kaum adam, Superfriends.

Bisnis yang Turut Mendukung Kelestarian Lingkungan

Keren! Sepatu dari Kulit Ceker Ala Hirka, Brand Sepatu Lokal Asal Bandung

Image source: Facebook.com/hirka.official    

Bukan cuma sekadar bisnis, Hirka juga ingin turut mendukung kelestarian lingkungan, Superfriends. Penggunaan kulit ceker ayam diharapkan bisa menjadi solusi dari penggunaan kulit satwa eksotis lainnya yang mulai terancam populasi dan dan habitatnya, seperti buaya dan ular.

“Harapan besar kami, kulit kaki ayam dapat berkontribusi dalam usaha penyelamatan lingkungan. Satu sepatu Hirka dapat menyelamatkan dunia,” kata Nurman dalam surat apresiasi yang biasanya selalu disematkan di dalam boks sepatu.

Selain peduli lingkungan, Hirka juga sangat peduli pada setiap pelanggannya nih, Superfriends. Sebab, sepasang sepatu Hirka biasanya bakal dikirim dengan kotak premium.

Di dalam boks juga ada tambahan dua tali sepatu, dust bag, sticker siluet sepatu, selembar sampel kulit ayam (leather), authentic card lengkap dengan petunjuk perawatan, appreciation letter, dan juga lembar detail produk. Jadi, saat lo memiliki sepasang sepatu Hirka, lo bisa merawatnya dan menggunakannya sampai bertahun-tahun lamanya. Semoga bisa menginspirasi ya, Superfriends!

 

Referensi: https://www.mldspot.com/inspiring-products/hirka-sepatu-kulit-ceker-ayam
In Depth Beginner Extreme solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
agung
tq info ya
Sumardiyono
amazing infonya
Ivan harnawan
Nice info
Heni Oen
mantap semakin bagus kualitasnya
Senuadi Tandun
smoga bisa makin digemari anak muda Indo
Wafiroel N
keren sekali cuy
Agus Sungkawa
hasil inovasi menghasilkan karya
agung
tq info ya
Heni Oen
sebenarnya tas dan sepatu dari Bandung bagus2
Cecep Jajang
Spatu dari kulit buatan garut juga boleh