Manfaat Ini Bisa Didapat dari Olahraga Sepeda Downhill

Siapa bilang olahraga ekstrem cuma bisa bikin jantung lo berdebar-debar? Padahal ada banyak manfaat yang bisa didapat! Salah satunya olahraga sepeda downhill. Mau tau apa aja manfaatnya? Langsung simak ulasan berikut ini!

Manfaat Ini Bisa Didapat dari Olahraga Sepeda Downhill

Olahraga sepeda jadi salah satu hobi lo? Kalau selama ini lo udah terbilang jago naik sepeda di trek yang rata dan lurus, gimana kalau menantang adrenalin lo dengan mencoba bersepeda di trek yang lebih menantang? Contohnya menjajal aktivitas olahraga ekstrem dan menantang seperti olahraga sepeda downhill.

Dengan medan yang cukup sulit, sepeda downhill bakal memberikan tantangan yang berbeda-beda setiap kali menikmati olahraga ini. Pastikan juga sepeda yang lo pake memang cocok buat aktivitas offroad.

Olahraga sepeda downhill ternyata juga nggak cuma sekadar menantang adrenalin di trek yang sulit, namun ada beberapa manfaat yang juga bisa didapat. Penasaran manfaat apa aja itu? Berikut ini beberapa di antaranya.

Olahraga Sekaligus Rekreasi

Manfaat Ini Bisa Didapat dari Olahraga Sepeda Downhill

Image source: bayupapz.com 

Seperti yang lo ketahui, lokasi buat main sepeda downhill bukanlah di jalan raya dengan trek rata, melainkan di pegunungan, perbukitan, atau sejenisnya. Sehingga olahraga ekstrem ini bisa dilakukan sembari menikmati pemandangan sekitar.

Nggak salah jadinya kalau olahraga ini juga disebut sebagai kegiatan rekreasi, sehingga aktivitas ini bisa memberikan dua manfaat sekaligus. Tertarik buat mencobanya?

Melatih Tubuh Secara Menyeluruh

Manfaat Ini Bisa Didapat dari Olahraga Sepeda Downhill

Image source: findglocal.com 

Kalau bersepeda di trek biasa, tentu nggak ada tantangan karena memang jalannya rata dan lurus yang membuat tubuh bergerak secara terbatas. Nggak banyak bagian tubuh yang bergerak dan terlatih selama kegiatan bersepeda tersebut.

Berbeda dari itu, sensasi sepeda downhill yang dilakukan di alam bebas dengan medan yang nggak menentu justru bisa melatih tubuh lo secara menyeluruh. Lo akan mengayuh sepeda dengan kecepatan bervariasi tergantung pada kondisi medan. Hal ini nggak cuma melatih fisik aja, tapi juga mental atau psikis lo.

Kemampuan Koordinasi Tubuh akan Meningkat

Berbeda lokasi, maka tantangan serta kondisi jalan yang dihadapkan juga berbeda-beda. Bisa aja pada detik ini lo harus mengayuh sepeda dengan kecepatan yang tinggi, namun beberapa detik kemudian lo perlu mengurangi kecepatan, kemudian dipercepat lagi, dan terus berulang.

Aktivitas seperti ini ternyata bagus untuk meningkatkan kemampuan koordinasi tubuh sehingga antara pikiran dengan gerakan tubuh bisa sejalan. Dampaknya juga baik buat menikmati pekerjaan ataupun aktivitas lain di luar olahraga.

Meningkatkan Stamina

Sama seperti manfaat olahraga pada umumnya, olahraga sepeda downhill juga bisa meningkatkan stamina. Ternyata manfaat dari latihan sepeda downhill dengan latihan fitness beda tipis, sehingga bagus bagi mental dan stamina tubuh.

Saat bergerak secara aktif mengayuh sepeda dan sesekali berdiri lalu duduk kembali, membuat tubuh membakar kalori dalam jumlah banyak. Ditambah otak berpikir keras menemukan solusi melewati medan sulit di depan mata, sehingga perlahan stamina tubuh akan mengalami peningkatan.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapat dari olahraga sepeda downhill. Berani menantang adrenalin lo dengan sepeda downhill?

 

Source: https://cumahobi.com/olahraga-sepeda-downhill-ternyata-memberikan-4-manfaat-ini/
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
Ivan harnawan
Nice info
SRI YAYA ASTUTI
OLAH RAGA YANG PERLU EKSTRA HATI - HATI
Sumardiyono
Tanks infonya
DEVI TRI HANDOKO
Olahraga sepeda jadi salah satu hobi yang sangat populer akhir-akhir ini
agung
tq info ya
Agus Sungkawa
membakar kalori dalam jumlah banyak. Ditambah otak berpikir keras menemukan solusi melewati medan sulit di depan mata,
Rdh
Nice info
Cecep Jajang
Suka banget sama olahraga dwonhill
Senuadi Tandun
banyak teknik sepeda baru aku tau