Gumuk Pasir Mirip Gurun Sahara Juga Ada di Garut!

"Ada gumuk pasir, jadi nggak usah jauh-jauh lagi ke Yogyakarta". Kira-kira begitu bentuk perasaan girang warga Jawa Barat. Yes, pesona keindahan ini bisa lo datangin di Garut. Namanya Gumuk Pasir Tuntung Karang.

Gumuk Pasir Mirip Gurun Sahara Juga Ada di Garut!

Belakangan ini Gumuk Pasir Tuntung Karang ramai dibahas di media sosial. Pemandangannya keren banget, mirip Gurun Sahara di Timur Tengah sana. Buat yang belum tahu, Gumuk Pasir sendiri merupakan gundukan pasir yang terbentuk secara alami. 

Lokasi Gumuk Pasir ini tepatnya di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Gumuk Pasir ini adanya di kawasan Pantai Sayang Heulang yang juga nggak kalah keren pastinya.

Buat menuhin memori HP lo, lokasi ini cocok anget dipakai foto-foto. Kalau dirasa sudah cukup menikmati keindahan Gumuk Pasir Tuntung, lo bisa main-main air di sekitar Pantai Sayang Heulang.

Kebayangkan kan Superfriends, kalau liburan ke sana. Satu lokasi tapi ada dua spot yang bisa nikmati.

Asyik Buat Tujuan Road Trip

Gumuk Pasir Mirip Gurun Sahara Juga Ada di Garut!

Image source: irfanarrasyid5.blogspot.com  

Lokasi wisata ini bisa dibilang menarik banget buat dijabanin lewat jalur darat. Kalau istilah travelingnya road trip. Misalnya lo bisa melakukan perjalanan dengan rute Bandung-Pangalengan-Garut Selatan. Sesampainya di Garut Selatan, bisa juga menginap di Pantai Santolo terus lanjut lagi ke Pantai Sayang Heulang. Kalau mau berburu matahari terbit di Bukit Teletubbies, lo mesti jalan pukul 05.00 WIB.

Kalau sudah puas melihat sunrise, bisa juga langsung main air di pantai. 10 menit cukup lah buat menyusuri bibir pantai sampai menikmati ombak-ombak kecil. Habis itu baru deh nikmati gumuk pasirnya. 

Gumuk Pasir Tuntung ini tergolong luar. Spot instagramable jangan ditanya deh, banyak banget! Banyak yang takjub sama Gumuk Pasir kepunyaan  Garu ini. Pemandangannya hamparan laut lepas. Kalau sudah begini, nggak perlu jauh-jauh jalan ke Yogyakarta.

Fasilitas Bakal Ditambah

Potensi wisata di Gumuk Pasir ini bakal segera diasah. Destinasi wisata itu bakal digarap dengan menghadirkan fasilitas-fasilitas yang bikin nyaman wisatawan. 

Misalnya spot selfie atau wahana permainan. Ada juga rencana dipasang papan penanda yang lumayan besa ukurannya. Wahana ski pasir juga masuk dalam ide pengembangan lokasi liburan ini.

Karena Gumuk Pasir Tungtung ini juga luas, spot ini juga bisa dipakai buat mengadakan festival layang-layang. Di media sosial postingan tentang tempat wisata Gumuk Pasir Tungtung Karang di Garut itu sudah dilihat lebih dari 1,1 juta kali dan disukai lebih dari 117 ribu kali.

Siap-siap deh bakalan ramai wisatawan di Gumuk Pasik itu. Pesan buat lo yang merencanakan liburan ke Gumuk Pasir Tungtung ini, ingat ya sekarang masih pandemi. Jadi pastikan protokol kesehatannya tetap dijaga. Masker, jaga jarak, cuci tangan jangan sampai kelewat ya. 

 

source: https://travel.kompas.com/read/2021/03/04/111100327/ada-gumuk-pasir-bak-gurun-sahara-di-garut
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

12 COMMENTS

SHARE
Heni Oen
wah bagus nuih buat foto
Senuadi Tandun
sptnya menarik
Muhammad ridwan
Nice infonya
Cecep Jajang
Ternyata di Garut juga ada tempat yang bagus
Ivan harnawan
Nice info
SUDARMAN
Sepertinya menarik nich
Agus Sungkawa
Pamandanya kaya d padang pasir d luar negri
Sumardiyono
mantap bro
arief
keren gk kalah dg yg ada di luar negeri
wildan
asik gk perlu jauh2 ke luar negri untuk menikmati padang pasir