Hati-hati, Ini Tips Bertualang ke Destinasi yang Banyak Ular!

Bertualang ke destinasi alam liar selalu ada tantangannya, salah satunya bertemu hewan buas seperti ular. Tapi, lo bisa tetap hati-hati dengan beberapa tips berikut ini!

Hati-hati, Ini Tips Bertualang ke Destinasi yang Banyak Ular!

Punya hobi bertualang menjelajahi alam liar pasti udah paham kan sama berbagai risiko yang bakal dihadapi? Kehadiran hewan-hewan buas yang mendiami lokasi tersebut pun udah bisa diantisipasi keberadaannya. Salah satu hewan buas yang banyak ditemui di alam liar adalah ular berbisa, Superfriends.

Perlu diketahui, racun yang ada pada ular berbisa punya tingkat bahaya yang berbeda-beda, tergantung sama jenis ularnya. Lo pasti tau banget kalau racun dari ular berbisa ini bisa membahayakan keselamatan.

Nah, kalau lo lagi bertualang ke alam liar yang banyak ularnya, berikut ini ada beberapa tips yang harus lo perhatikan supaya lo bisa tetap selamat dari gangguan hewan melata ini.

Menggunakan Peralatan yang Tepat

Hati-hati, Ini Tips Bertualang ke Destinasi yang Banyak Ular!

Image source: thepetmaster.co    

Kalau mau bertualang di alam liar, tentu lo harus menggunakan berbagai peralatan yang tepat dan sesuai. Pastikan lo udah menggunakan sepatu berbahan tebal buat mencegah tergigit ular yang ada di tanah. Selain itu, lo juga bisa pakai topi buat mencegah gigitan ular yang ada di pohon, Superfriends.

Nggak cuma sepatu tebal dan topi, tapi lo juga bisa menyiapkan tongkat buat menyibak semak-semak yang menghalangi jalan sekaligus kasih peringatan buat ular tentang keberadaan lo. Kalau mau bertualang di malam hari, pastikan lo bawa penerangan yang cukup supaya bisa lihat daerah sekitar dengan jelas.

Memperhatikan Lokasi dan Keadaan Sekitar

Sebelum lo menjelajah suatu lokasi alam liar, sebaiknya cari informasi tentang tersebut dulu. Informasi yang dicari bisa berupa jenis ular yang mendiami daerah tersebut, gimana penanganan yang tepat kalau terkena bisa ular, sampai membawa obat dan peralatan yang bisa berguna kalau tergigit ular.

Perhatikan juga kondisi lokasi sekitar, apakah ada tempat-tempat yang memungkinkan ular buat bersembunyi. Sebaiknya hindari melangkah ke atas tumpukan dedaunan atau semak-semak, karena bisa aja ada ular yang bersembunyi. Jangan juga lo coba buat membalikkan bebatuan, batang kayu besar, atau benda yang udah berdiam lama di tanah.

Kalau lo bertualang melewati pepohonan, perhatikan ranting pohon yang menjulur ke jalan. Selain itu, perhatikan juga area pinggir sungai, karena biasanya ular suka berdiam di sana. Kalau menemukan lubang, atau celah yang memungkinkan ular berdiam, jangan memasukkan tangan atau kaki ke dalamnya.

Nah, kalau bertualang setelah hujan deras, sebaiknya lo juga harus hati-hati karena ular seringkali keluar setelah terjadi hujan. Coba buat peka sedikit dengan memerhatikan bunyi hewan-hewan sekitar, karena biasanya mereka bakal kasih tanda peringatan melihat ancaman, termasuk ular.

Jika Bertemu Ular

Udah berusaha menghindar, tapi ternyata malah tetap bertemu juga sama ular? Kalau udah dalam situasi ini, sebaiknya lo nggak membuat ular merasa terancam. Lo bisa coba menghentakkan kaki saat berjalan.

Karena nyatanya, ular nggak akan menyerang kalau nggak merasa terancam, jadi lo nggak perlu tuh langsung membunuh ular yang lo temui. Dan kalau lo bertemu sama ular yang udah mati atau terlihat mati, hindari memegangnya sembarangan, karena goresan dari taring ular pun bisa berbahaya.

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa dilakukan kalau lo bertemu ular saat bertualang ke destinasi alam liar. Semoga beberapa cara tadi bisa membantu lo survive di alam liar, Superfriends!

 

Source: https://penjelajah.com/tips-berpetualang-ke-wilayah-yang-banyak-ular-berbisa/
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

12 COMMENTS

SHARE
SUDARMAN
Thanks infonya
DEVI TRI HANDOKO
kenapa gue selalu ngeri liat ular ya
Agus Sungkawa
Tips yang bermanfaat
Sumardiyono
nice infonya
arief
tq infonya bro
wildan
sanagat membantu , tq infonya
Amirul Bahri
Nice infooo min
Heni Oen
ngeri kalau ular nyelip. pantas lagi kemping disuruh tebar garan
Nasir Arsyad
Makasih infox
Endy Fredian Dinata
Nice info