Urban Downhill, Trend Sepeda Gunung di Kawasan Kota

Downhill, dari namanya saja lo pasti bisa tahu kan olahraga sepeda ekstrem ini bakal dimainin dimana? Tapi selain di bukit, ternyata downhill juga bisa dimainin di daerah perkotaan lho, Superfriends. Inilah yang namanya urban downhill, trend sepeda gunung di kawasan kota yang padat penduduk. Berikut ulasan selengkapnya!

Urban Downhill, Trend Sepeda Gunung di Kawasan Kota

Sebenarnya, urban downhill ini sudah ada selama bertahun-tahun lho, Superfriends. Sesuai namanya, jenis olahraga sepeda yang satu ini mengadaptasi sepeda gunung menuruni bukit dan memainkannya di kawasan kota yang dipenuhi gedung serta pemukiman.

Bayangkan, lo bisa bermain sepeda gunung dengan kecepatan tinggi di jalur sempit, tangga-tangga dan pastinya di tengah orang banyak, Superfriends. Maka dari itu, penyelenggaraan urban downhill ini melibatkan banyak pihak dan nggak bisa sembarangan.

Sejarah Urban Downhill

Urban Downhill, Trend Sepeda Gunung di Kawasan Kota

Image source: flowmountainbike.com   

Sejak pertama kali dimainkan di Meksiko, urban downhill yang sudah menjadi olahraga ekstrem terasa makin ekstrem nih, Superfriends. Pasalnya, para pesepeda di sana harus menaklukkan trek yang dihimpit gedung-gedung, mulai dari apartemen sampai gereja.

Nggak cuma itu, mereka bahkan sampai dikejar-kejar anjing yang merasa terganggu atas lalu-lalang keberadaan sepeda di tempat istirahatnya, Superfriends. Dari Meksiko jugalah seri kejuaraan urban downhill mulai bermunculan di berbagai belahan dunia.

Menariknya lagi nih Superfriends, tren urban downhill sering muncul dan didominasi oleh negara dengan kontur unik dan kepadatan penduduk yang tinggi, seperti Meksiko, Kolombia, Brazil, Bolivia, dan Chile.

Urban Downhill di Kota Batu, Jawa Timur

Urban Downhill, Trend Sepeda Gunung di Kawasan Kota

Image source: merdeka.com  

Pada akhirnya, urban downhill sangat disukai oleh penonton, karena mereka bisa melihat aksi dari para rider nggak hanya di satu tempat, tapi bisa sembari berjalan-jalan menikmati suasana dan kultur asli yang ada di tempat diadakannya balapan tersebut.

Dengan mengusung gagasan 'siapa yang butuh gunung jika ada gedung', semangat urban downhill akhirnya sampai juga gaungnya di Indonesia nih, Superfriends. Kampung Wisata Kungkuk, Batu, Jawa Timur bisa dibilang menjadi salah satu venue urban downhill yang sangat menarik.

Punya Trek yang lebih Menantang

Selain punya udara yang menyegarkan khas Kota Batu, desa ini juga terletak di curamnya bukit yang bikin urban downhill jadi makin menantang, Superfriends. Hal paling unik yang ditawarkan oleh Kungkuk sebagai venue urban downhill adalah, terdapat trek yang melewati rumah warga.

Jadi, para racer masuk lewat pintu depan, melewati ruang tamu, dapur dan keluar lewat pintu belakang sebuah rumah. Kebayang kan, gimana tegangnya para racer urban downhill ini, Superfriends?

Perlu Fokus dan Konsentrasi Tinggi

Kalau mau mencoba urban downhill ini lo harus punya konsentrasi dan fokus tinggi lho, Superfriends. Sebab, jenis olahraga sepeda yang satu ini lebih berisiko. Lo nggak bisa sembarangan mengemudikan sepeda dan melompat-lompat beratraksi di udara.

Lo juga harus memperhatikan terlebih dahulu tentang kondisi di sekitar trek, apakah sepi dan aman untuk dilewati atau nggak. Karena, kawasan perkotaan pasti bakal ada banyak orang ataupun kendaraan yang berlalu lalang secara tiba-tiba, Superfriends.

Teknik bersepeda juga wajib diperhatikan, terutama saat memacu kecepatan, teknik mengerem, berbelok, melompat, dan mendarat dengan tepat. Selain itu, lo juga harus pintar memanfaatkan fasilitas atau sarana umum di sekitarnya.

Trotoar, pagar beton, pembatas jalan, atau tangga bisa juga digunakan untuk melakukan atraksi downhill. Seru banget kan urban downhill? Tapi, jangan lakukan olahraga ekstrem ini sembarangan ya, Superfriends!

 

Referensi: https://www.redbull.com/int-en/urban-downhill-mountain-bike-racing-explained
https://www.merdeka.com/gaya/masuk-rumah-warga-desa-kungkuk-beri-sensasi-unik-urban-downhill.html
Urban Action Beginner Extreme solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
Wafiroel N
wow keren sekali
Sumardiyono
Amaziiing
Muhamad ramdani
Keren... mantap
Agus Sungkawa
Sensasi yang berbeda
Ivan harnawan
Nice info
AHMAD ZAENUDIN
Terobosan baru yg luar biasa..
Cecep Jajang
Bagus sih jadibgak monoton
Yeni Kurniasih
Wahana pencinta downhill
Maulana Hasanudin
Keren kali
RIRIN RAHAYU
Skill yang luar biasa