Jangan Ngaku Petualang Kalau Belum Punya Peralatan Survival Ini!

Sebagai petualang yang suka menjelajahi alam bebas, udah seharusnya lo punya peralatan survival, Superfriends. Peralatan apa aja yang harus dimiliki? Langsung aja simak ulasannya!

Jangan Ngaku Petualang Kalau Belum Punya Peralatan Survival Ini!

Punya hobi bertualang ke berbagai lokasi alam bebas pasti punya risikonya tersendiri, apalagi lo nggak pernah tau apa yang bakal terjadi dan harus dihadapi. Kondisi tak terduga yang bisa aja terjadi saat lo bertualang ini akhirnya mengharuskan lo buat bertahan hidup atau survive, sampai akhirnya menemukan bantuan atau datangnya tim penolong.

Oleh karena itu, buat lo yang suka bertualang, sebaiknya lo udah punya persiapan yang matang buat mengantisipasi risiko tersebut. Mulai dari perencanaan rute tempuh, kebugaran fisik, sampai peralatan yang lengkap.

Jangan ngaku petualang kalau lo belum punya peralatan survival yang wajib banget ada di tas lo ini, Superfriends. Berikut ini beberapa peralatan survival yang bisa membantu lo menghadapi kondisi survival saat bertualang.

Swiss Army Knife

Jangan Ngaku Petualang Kalau Belum Punya Peralatan Survival Ini!

Image source: swissknifeshop.com

Benda satu ini menjadi salah satu benda wajib yang dimiliki petualang, Superfriends. Swiss Army Knife dikenal sebagai peralatan yang dipakai tentara Jerman sewaktu perang dunia. Pisau ini punya banyak kegunaan yang bisa membantu lo saat bertualang di alam bebas.

Pisau serbaguna ini dilengkapi dengan gunting, obeng kecil, jam, kikir kuku, kaca pembesar, serta pembuka botol. Bahkan, ada juga model pisau Swiss Army yang bisa digunakan untuk berburu hewan saat kehabisan bahan makanan ketika survival.

Pemantik Api Swedish Army Firesteel

Jangan Ngaku Petualang Kalau Belum Punya Peralatan Survival Ini!

Image source: toolsandtoys.net 

Selain pisau Swiss Army, benda satu ini juga sangat membantu lo ketika menghadapi kondisi survival di alam bebas. Apalagi api menjadi salah satu elemen esensial buat bertahan hidup, entah itu buat menghangatkan tubuh, penerangan, dan memasak makanan.

Kalau lo lagi berada di hutan tropis di Indonesia, ketika kondisi udara lembap atau basah, korek api biasa bakal sulit untuk menyala. Karena itu, lo butuh pemantik api seperti Swedish Army Firesteel yang bisa digunakan dalam keadaan darurat.

Selimut Termal atau Emergency Blanket

Jangan Ngaku Petualang Kalau Belum Punya Peralatan Survival Ini!

Image source: adventuremedicalkits.com

Alam kadang memiliki cuaca yang nggak menentu, bisa aja saat bertualang di siang hari kondisi sangat panas, dan menjadi sangat dingin di malam hari. Apalagi kalau tersesat di hutan yang dingin dengan pakaian yang basah, kondisi ini bisa membuat lo berisiko terkena hipotermia.

Maka dari itu, lo butuh selimut termal atau Emergency Blanket, yang berguna untuk menginsulasi suhu tubuh supaya panasnya nggak keluar dari selimut ketika digunakan. Jadi, selimut ini bakal membantu lo ketika kedinginan, dan mampu menjaga tubuh tetap hangat serta mencegah hipotermia.

Sedotan Filter Air

Air menjadi kebutuhan utama manusia, lo bakal kesulitan bertahan hidup tanpa air selama lebih dari 3 hari. Maka dari itu, lo harus mencari sumber air ketika tersesat supaya nggak mengalami dehidrasi.

Namun, sumber air yang ditemui kadang nggak ideal buat diminum langsung. Jadi, lo perlu peralatan sedotan filter air yang praktis dan ringan, yang bisa membantu lo meminum air yang terdapat pada lumpur atau kubangan.

Peralatan P3K

Mau ke mana pun perginya, sepertinya peralatan P3K ini nggak boleh dilupakan, Superfriends. Namun, kadang masih banyak yang melupakan peralatan ini, bahkan ada juga yang malas buat membawanya. Padahal saat kondisi darurat, yang pertama kali dibutuhkan adalah peralatan P3K. Jadi, jangan sampai lo nggak bawa peralatan P3K kalau mau bertualang!

Ransum Tinggi Kalori

Sesungguhnya, nggak ada yang bakal tau seberapa lama kita akan terjebak dalam kondisi survival. Untuk itu, sebagai antisipasi keadaan darurat, sebaiknya lo menyiapkan cadangan makanan khusus atau sering disebut dengan istilah ransum tinggi kalori.

Ransum juga punya bobot yang ringan, tahan lama dalam penyimpanan, dan yang terutama memiliki kalori tinggi buat memberikan energi cukup ketika harus bertahan hidup di alam bebas. Satu keping biskuit ransum bahkan bisa memberi lo tenaga sampai 6-8 jam, Superfriends!

Nah, itulah beberapa peralatan survival yang wajib banget lo bawa ketika bertualang di alam bebas, Superfriends. Kalau lo belum memiliki salah satunya, sebaiknya lengkapi dulu sebelum melakukan kegiatan bertualang selanjutnya.

 

Source: https://penjelajah.com/peralatan-survival-umum-yang-wajib-dimiliki-oleh-petualang/
Gear Beginner Extreme solo traveling

12 COMMENTS

SHARE
AHMAD ZAENUDIN
Thanks infonya
Maulana Hasanudin
Nice infonya
Jessie Rose
great blog
Ivan harnawan
Nice info
Ldr_Lstyd
Mantep banget gan
Senuadi Tandun
swiss army biar kecil.mahal
Senuadi Tandun
komplit perlemgkapan
Agus Sungkawa
Peralatan juga merupakan kelengkapan buat Survival
Sumardiyono
amaziiiing
Yeni Kurniasih
Alat alatnya harus lengkap