Fakta Unik Laguna Colorada, Danau Air Asin di Ketinggian 4.000 Mdpl

Pernah liat danau air asin dengan warna merah di atas ketinggian 4.000 Mdpl? Kalau belum dan pengin banget lihat keindahannya, berarti lo wajib ke Laguna Colorada di Bolivia, Superfriends! Selain itu, ada fakta menarik apa lagi ya terkait laguna unik yang satu ini? Berikut ulasan selengkapnya!

Fakta Unik Laguna Colorada, Danau Air Asin di Ketinggian 4.000 Mdpl

Bolivia memang bukanlah negara yang akrab di telinga para traveler. Tapi, ternyata Bolivia juga punya destinasi wisata alam yang menakjubkan lho, Superfriends.  Salah satunya yaitu ada Laguna Colorada, hamparan danau air asin yang berada di ketinggian 4.000 meter di atas permukaan laut (Mdpl).

Selain eksotik, laguna berwarna merah ini ternyata menjadi habitat bagi burung flamingo langka dan fauna-fauna lainnya lho, Superfriends. Sebelum berangkat ke sini, mending simak dulu beberapa fakta terkait Laguna Colorada, Bolivia berikut ini!

Memiliki Air Asin Berwarna Merah

Fakta Unik Laguna Colorada, Danau Air Asin di Ketinggian 4.000 Mdpl

Image source: pandotrip.com  

Fakta terkait Laguna Colorada, Bolivia yang pertama yaitu memiliki air asin yang berwarna merah, Superfriends. Tapi, air merah dari Laguna Colorada bukan berasal dari darah lho ya, melainkan dari pigmentasi ganggang merah yang tumbuh di permukaan airnya.

Ganggang merah tersebut pada akhirnya sangat mempengaruhi warna air laguna, Superfriends. Saat pertumbuhan ganggang menurun, maka air laguna pun bakal berubah menjadi warna pink. Meskipun begitu, pemandangan Laguna Colorada di Bolivia ini tetap sedap buat dipandang kok, Superfriends.

Jadi Habitat Flamingo Langka dan Satwa Lainnya

Laguna yang terletak di Cagar Alam Nasional Eduardo Avaroa Andean ini menjadi habitat bagi burung flamingo yang terancam punah lho, Superfriends. Bahkan, setiap harinya burung langka ini nggak pernah absen di Laguna Colorada.

Usut punya usut, ternyata hal tersebut terjadi karena daya tarik ganggang merah sebagai habitat plankton yang jadi makanan favorit flamingo, Superfriends. Kedalamannya yang dangkal dan kurang dari satu meter, membuat burung langka ini bebas berburu makanannya buat bertahan hidup.

Ada beberapa jenis flamingo di sana, namun hanya flamingo james yang mendominasi. Selain itu, ada juga satwa lain yang menghuni wilayah sekitar Laguna Colorado, lho. Dilansir laman Atlas Obscura, fauna-fauna seperti llama, alpaca, rubah andes, sampai puma, Superfriends.

Pinggiran Laguna Mengandung Boraks

Ternyata, kandungan mineral yang sangat tinggi pada Laguna Colorada ini bisa menciptakan boraks berbahaya lho, Superfriends. Yup, pinggiran laguna yang berwarna putih ini menjadi tempat boraks mengendap.

Maka dari itu, para pengunjung sangat nggak disarankan buat berenang atau pun memasuki laguna ini karena sangat berbahaya, Superfriends. Berbagai masalah kulit bisa saja muncul jika kulit lo terkena boraks.

Apalagi kalau sampai tertelan, bisa menimbulkan masalah kesehatan yang serius. Jadi, cukup nikmati dari jauh saja ya, Superfriends!

Berada di Ketinggian Sekitar 4.000 Mdpl

Letak geografis Laguna Colorada yang berada pada ketinggian sekitar 4.000 Mdpl ini ternyata sangat mempengaruhi suhu di sekitarnya lho, Superfriends. Biasanya, air laguna bakal membeku saat dini hari dan balik lagi normal pada siang hari.

Jadi, sebaiknya jangan terlalu pagi kalau mau berjalan-jalan di laguna ini. Selain itu, gunakan juga pakaian tebal buat menghalau udara dingin yang menusuk di sekitar area Laguna Colorada ya, Superfriends!

Nah, itulah beberapa fakta terkait Laguna Colorada, Bolivia, danau air asin di atas ketinggian 4.000 Mdpl. Tetap utamakan keamanan dan keselamatan saat berpergian ya, Superfriends. Selamat berpetualang!

 

Referensi: https://www.atlasobscura.com/places/laguna-colorada
https://www.idntimes.com/travel/destination/pearlaaxy/5-fakta-laguna-colorada-c1c2/5
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

13 COMMENTS

SHARE
Maulana Hasanudin
Nice infonya
Ivan harnawan
Nice info
Ldr_Lstyd
Unik sekali
Heni Oen
salah satu keajaiban alam
Senuadi Tandun
fakta langka ada
Agus Sungkawa
Fakta yang menarik
Sumardiyono
amaziiing
Cecep Jajang
Sangat jarang sekali... keajaiban alam
Yeni Kurniasih
Nice info
Endy Fredian Dinata
So amazing