Persiapan Dasar Parkour yang Tepat Buat Pemula

Olahraga parkour memang menjadi olahraga ekstrem yang sangat memacu adrenalin. Berbagai persiapan pun wajib dilakukan sebelum menjalani olahraga ekstrem ini, apalagi buat pemula nih, Superfriends. Penasaran nggak sih, apa saja ya persiapan dasar parkour yang tepat buat pemula? Berikut ulasan selengkapnya!

Persiapan Dasar Parkour yang Tepat Buat Pemula

Parkour, olahraga ekstrem yang menyajikan tantangan dan keseruan di setiap gerakannya. Olahraga yang digagas oleh David Belle ini, bisa dibilang merupakan seni melompat dan berlari dari satu tempat ke tempat lain melewati berbagai rintangan dari titik A menuju titik B dengan efisien, Superfriends.

Bayangkan, dalam olahraga ekstrem ini lo harus berlari, melompat, sampai bergelantungan dari objek satu ke objek lainnya kayak Spiderman. Bedanya, Spiderman pakai jaring laba-laba, sedangkan lo cukup dengan tangan kosong saja, Superfriends.

Kalau lo mau coba atau masih terbilang baru, mending simak dulu beberapa persiapan dasar parkour yang tepat buat pemula berikut ini!

Mulai dari Olahraga Lari

Persiapan Dasar Parkour yang Tepat Buat Pemula

Image source: theconversation.com 

Olahraga lari secara rutin bisa dibilang menjadi kunci dari keberhasilan dalam menguasai setiap teknik parkour. Lo bisa coba buat berlari setiap hari dalam 1 minggu sejauh 11-16 kilometer.

Pasalnya, para pemain parkour harus bisa berlari cepat dan juga menempuh jarak yang lumayan jauh, Superfriends. Selain lari, renang juga bisa menjadi latihan rutin, biar otot-otot tangan dan kaki terbentuk dan nantinya bisa mudah melakukan berbagai macam teknik parkour.

Lanjut Latihan Angkat Beban

Persiapan Dasar Parkour yang Tepat Buat Pemula

Image source: popsugar.com    

Persiapan dasar parkour yang tepat buat pemula selanjutnya yaitu cobalah buat lanjut latihan angkat beban. Pasalnya, olahraga parkour ini membutuhkan kekuatan tubuh yang besar untuk melewati berbagai macam rintangan, mulai dari melompat, bergantung, sampai memanjat dinding, Superfriends!

Sebenarnya, latihan angkat beban untuk kekuatan otot dalam bermain parkour nggak perlu terlalu berat, apalagi sampai terobsesi dengan mengangkat beban sebanyak-banyaknya. Yang paling penting lo harus rutin dan konsisten menjalaninya biar bisa melakukan gerakan-gerakan parkour secara optimal, Superfriends!

Berlatih Melompat

Jangan asal, melompat pun butuh latihan khusus lho, Superfriends. Salah satu lompatan yang perlu dilatih yaitu lompatan ke atas dan lakukan lah di luar ruangan atau tempat terbuka yang luas dan lebar.

Lompatan bisa dimulai dengan 1 langkah dari bawah ke atas, lalu dilanjutkan dengan 2 langkah, 3 langkah dan seterusnya. Lakukanlah dengan postur tubuh seimbang dan melompat dengan kondisi tenang, Superfriends.

Selain itu, lakukan juga pendaratan dengan ujung jari kaki sebanyak 10 kali secara berturut-turut. Untuk minggu-minggu berikutnya langkah bisa ditambahkan 5-6 yang artinya lo harus menambah tingkat kesulitannya, Superfriends.

Coba Latihan Mendarat

Kalau udah lancar tiga latihan di atas, berarti lo bisa coba latihan mendarat, Superfriends. Latihan ini sangat penting untuk mengurangi risiko kecelakaan dan cedera serius. Mendaratlah lebih dulu sampai ke bawah barulah tubuh bisa direntangkan.

Saat melakukan lompatan ke atas, lutut bisa dibuat setinggi pinggang sambil memastikan posisi kaki di bawahnya. Kaki bisa direntangkan dan seluruh tubuh dibawa turun sewaktu melakukan pendaratan.

Jangan lupa posisi telapak tangan ada di depan biar bisa membuat tubuh seimbang dan untuk berjaga-jaga juga kalau perlu menyangga tubuh. Berlatihlah secara teratur buat mendarat dan sebisa mungkin upayakan agar pendaratan tak menghasilkan suara biar kayak atlit parkour profesional, Superfriends.

Nah, itulah beberapa persiapan dasar parkour yang tepat buat pemula. Tetap utamakan keamanan dan keselamatan saat mencobanya, ya. Selamat berpetualang, Superfriends!

 

Referensi: https://olahragapedia.com/cara-berlatih-parkour
Tips Beginner Extreme solo traveling

8 COMMENTS

SHARE
Agung Sutrisno
parkour ini membutuhkan kekuatan tubuh
Heni Oen
Thanks infonya
Senuadi Tandun
ini mah kondisi fisik hrs prima
DEVI TRI HANDOKO
Olahraga parkour memang menjadi olahraga ekstrem yang sangat memacu adrenalin
Bimo Waskito
Salah satu olahraga extreem
Wafiroel N
yuk lompat lompat
agung
tq info ya
Yeni Kurniasih
info yang cocok buat pemula yang ingin mengenal pourkur