Perbedaan Travel Advice dan Travel Warning yang Wajib Lo Pahami

Superfriends, pernah dapet travel advice dan travel warning nggak pas lagi mau bepergian? Atau, pernah denger dua istilah ini? Tapi, udah tau belum perbedaan Travel Advice dan Travel Warning yang sering digunakan dalam dunia traveling ini? Berikut ulasan selengkapnya!

Perbedaan Travel Advice dan Travel Warning yang Wajib Lo Pahami

Kondisi dan situasi keamanan di suatu negara memang penting banget, kalau lo mau traveling ke negara tersebut. Dengan begini, lo jadi bisa menikmati liburan yang menyenangkan dengan perasaan tenang.

Ketika kondisi darurat, seperti mewabahnya Covid-19 sekarang ini atau demonstrasi yang berkelanjutan layaknya di Myanmar, beberapa negara pasti bakal mengeluarkan dua peringatan traveling ini, Superfriends.

Biar nggak gagal paham, mending simak dulu beberapa perbedaan travel advice dan travel warning berikut ini!

Definisi Travel Advice dan Travel Warning

Perbedaan Travel Advice dan Travel Warning yang Wajib Lo Pahami

Image source: dynamicenglish.cl  

Berdasarkan definisinya, travel warning merupakan himbauan atau larangan yang dikeluarkan pemerintah di suatu negara. Imbauan ini bertujuan supaya nggak banyak wisatawan dari negaranya yang datang ke negara yang bermasalah, Superfriends.

Peringatan travel warning bisa saja diberitahukan kepada khalayak luas secara mendadak. Jadi, jangan kaget ataupun heran ya, kalau sewaktu-waktu dapat peringatan ini saat berencana atau bahkan saat lagi traveling ke luar negeri.

Sedangkan, kalau travel advice bisa juga diartikan sebagai peringatan atas adanya kejadian yang membahayakan dalam jangka waktu pendek. Pemerintah pun biasanya masih memperbolehkan wisatawan untuk datang.

Berbanding terbalik dengan travel warning yang benar-benar tak memperbolehkan wisatawan untuk masuk ke kawasan suatu negara. Tapi lo tetap harus waspada ya, Superfriends!

Beberapa Penyebab Travel Advice dan Travel Warning

Tentu ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan sebuah negara mengeluarkan peringatan, baik travel advice ataupun travel warning nih, Superfriends. Simak nih, berikut ini beberapa kondisi yang bisa saja membuat travel advice bisa dikeluarkan oleh suatu negara:

  • Terjangkitnya wabah penyakit yang bisa menular dan sulit diobati.
  • Terjadi bencana alam yang bisa jadi menimbulkan bencana susulan.
  • Kondisi hubungan kedua negara memburuk.
  • Terjadi pemilu yang berpotensi berakhir dengan kerusuhan.
  • Kondisi sedang tak aman, misalnya ada unjuk rasa besar-besaran.

Sedangkan, terjadinya travel warning bisa saja disebabkan beberapa peristiwa yang bersifat sementara atau jangka pendek. Beberapa diantaranya yaitu:

  • Kondisi pemerintahan negara yang didatangi sedang nggak stabil.
  • Adanya kasus kejahatan besar yang sedang berlangsung.
  • Terjadi serangan teroris.

Kalau dilihat dari penyebabnya sih, wajar saja kalau travel warning bisa dikeluarkan secara tiba-tiba. Bahkan, peringatan tersebut bisa saja dikeluarkan ketika lo sedang berada di negara yang bersangkutan, dan membuat itinerary liburan jadi berantakan. Semoga jangan sampai kejadian ya, Superfriends.

Sistem Dicabutnya Peringatan

Mencuatnya kedua peringatan ini pasti bakal membuat jumlah traveler berkurang, khususnya traveler mancanegara. Namun, biasanya ketika travel advice atau travel warning dicabut dan situasi berangsur stabil, wisatawan bakal kembali lagi kayak biasa kok, Superfriends.

Biasanya, kalau peringatan travel warning memang bisa dicabut mendadak begitu saja. Tapi, hal ini tetap harus menunggu kejadian atau peristiwa terkait sudah nggak terjadi lagi dan berangsur normal sehingga wisatawan dianggap aman buat berkunjung, Superfriends.

Sebenarnya, sistem pencabutan peringatan untuk travel advice hampir sama dengan travel warning. Hanya saja, travel advice memerlukan waktu lebih lama untuk menilai dan mengevaluasi keadaan yang ada, Superfriends.

Nah, itulah beberapa perbedaan travel advice dan travel warning. Tetap utamakan keamanan dan keselamatan saat traveling ya, Superfriends. Selamat berpetualang!

 

Referensi: https://www.idntimes.com/travel/destination/naufal-al-rahman-1/perbedaan-travel-advice-dan-travel-warning/3
Trending Beginner Extreme solo traveling

16 COMMENTS

SHARE
Heni Oen
thank you infonya
Senuadi Tandun
kalau udah travel warning artinya negara tsb sudah parah
SRI YAYA ASTUTI
travel warning merupakan himbauan atau larangan yang dikeluarkan pemerintah di suatu negara
Bimo Waskito
Semoga corona cepat berlalu, aamiin
Agus Sungkawa
perbedaan travel advice dan travel warning.yg wajib d fahami
Sumardiyono
Nice infonya
Amirul Bahri
Nice info min
Ahmad Juhanda
Waw waw waw
Heni Oen
penting diketahui sebelum beperguan
Cecep Jajang
Pengen banget bisa trevel lagi... Semoga kedepannya lebih baik