Petualang, Gini Cara Membersihkan Perlengkapan Outdoor Bahan Gore-Tex!

Aktivitas outdoor harus dilengkapi dengan peralatan yang mumpuni. Namanya juga berhadapan dengan alam, seluruh perlengkapan nggak bisa tuh pakai yang kaleng-kaleng. Paling nggak nggak dari segi kualitas harus yang benar-benar jempolan. Kalaupun harganya mahal, nabung sebentar nggak masalah kan?

Petualang, Gini Cara Membersihkan Perlengkapan Outdoor Bahan Gore-Tex!

Ada beberapa perlengkapan outdoor yang memang dibuat dengan ketangguhan di segala medan. Kalau sudah begitu, dari segi perawatan juga ada treatment khususnya. Nggak bisa sekadar cuci atau jemur.

Salah satu contohnya yakni metode mencuci jaket yang anti air alias waterproof. Jaket dengan keunggulan anti air ini nggak bisa asal dicuci. Kalau sampai keliru makan pertahanan air untuk susah menyerap bakal rusak.

Padahal, lapisan anti air inilah yang penting buat keamanan selama kegiatan outdoor. Nggak cuma terlindung dari cuaca hujan, tapi angin juga jaminan nggak tembus ke badan.

Salah satu material yang dikenal tangguh ya Gore-Tex. Buat yang belum tahun, kain Gore-Tex ini dibuat dari bubuk fluoride yang prosesnya diolah menjadi serat mikroskopik. Makanya serat kan Gore-Tex itu susah ditembus air, tapi masih bisa melepas keringat.

Pori-pori pada permukaan kain ini memiliki lubang yang 700 kali lebih besar daripada molekul keringat dan 20 ribu kali lebih kecil dari butiran air. Sehingga air lebih lama tembuh ke dalam kain. 

Terus Gimana Cara Membersihkannya?

Petualang, Gini Cara Membersihkan Perlengkapan Outdoor Bahan Gore-Tex!

Image source: kamini.id  

Satu langkah awal yang harus lo lakukan yakni menutup semua resleting, kancing hingga penutup velcro buat melindungi material kemasukan air. Setelahnya, jangan pernah membalik jaket atau celana ketika mencuci.

Gunakan detergen cair biasa ya bukan yang bubuk. Jangan ditambah pelembut kain yang lain. Pastikan juga suhu airnya itu 30 derajat celcius dengan siklus pemerasan maksimal 600 rpm.

Cara mengeringkannya gampang kok. Gantung aja di luar ruangan yang terlindungi dari sinar matahari langsung. Atau bisa juga lo jemur di dalam ruangan yang ventilasinya memiliki sirkulasi yang bagus.

Mencuci jaket atau celana Gore-Tex adalah bagian penting dari perawatan supaya memulihkan sirkulasi udara dan memperpanjang masa pakainya. Penurunan kualitas membran dari waktu ke waktu memang nggak bisa dihindari. Tapi cara bikin awetnya juga nggak susah kok. 

Selanjutnya, lo bisa putuskan apakah perlu memberi semprotan tahan air atau DWR (durable water repellant) pada jaket. Kalau jaket sempat basah saat pemakaian, lebih baik semprotkan DWR. 

Kalau sudah gantung jaket dan semprot dengan DWR, terutama di bagian bahu. Lo bisa keringkan jaket di dalam mesin cuci dengan pengaturan suhu normal. Pastikan jaket benar-benar kering saat disentuh begitu kita mengambilnya dari mesin cuci.

 

source: https://www.salomon.com/en-us/running/trail-running-advice/how-wash-gore-tex-clothing-and-restore-durable-water-repellency-dwr
Tips Beginner Extreme solo traveling

6 COMMENTS

SHARE
Agung Sutrisno
Nice tips buat yg pqda punya bahan tsb
Muhammad ridwan
Nice infonya
Senuadi Tandun
thanks infonya
Agus Sungkawa
Memastikan jaket benar benar kering
Sumardiyono
makasih infonya
agung
tq info ya