Memilih Longboard yang Cocok Buat Pemula

Nggak sulit buat menemukan penjual longboard. Ratusan jenis papan longboard tersedia secara online maupun offline. Kalau lagi sering di rumah begini, berselancar santai dengan longboard, asyik juga.

Memilih Longboard yang Cocok Buat Pemula

Meski pamornya nggak terlalu tinggi dari skateboard. Tapi longboard sudah banyak lho penggemarnya. Alhasil pemain-pemain pemula bermunculan. Kalau lo setiap pagi mampir di Car Free Day di Jakarta, ada aja tuh beberapa orang kelihatan main longboard. Biasanya mereka bertiga, lalu membuat barusan, kemudian berselancar.

Sebelum memulainya, ada jenis-jenis longboard yang disarankan buat pemula. Karena cakupannya lumayan luas, mari dipersempit dulu berdasarkan faktor utamanya.

Longboard Komuter

Memilih Longboard yang Cocok Buat Pemula

Image source: ridingboards.com 

Kalau lo menggunakan longboard buat dikendarai ke tempat kerja atau sekola yang jaraknya juga nggak jauh, maka lo butuh papan yang lebih besar. Selain itu juga harus yang lebih rendah supaya stabilitasnya terjaga. 

Tinggi longboard juga mempengaruhi kemudahan saat mendorong. Biar lebih nyaan lagi papan longboard juga kudu diperhatikan lagi kelenturannya, termasuk roda besar yang lembut untuk menahan guncangan.

Longboard Perjalanan Kota

Lo masih ingat nggak sih ketika beberapa titik di Jakarta dipenuhi sama skuter listrik. Nah, kalau penggunaan lo main longboard buat menikmati suasana kota begitu, maka lo harus pilih papan yang ukuran panjangnya sedang. Terus juga minta direkomendasikan untuk jenis longboard yang ringan dan gesit. Kalau lo mau yang lebih santai di perjalanan maka pilihlah longboard yang besar. 

Longboard Pemula untuk Jelajah Santai

Kalau lo bukan pengguna longboard jarak jauh, lo bisa menggunakan papan yang penuh gaya dengan ukuran roda yang lebih besar supaya lebih nyaman. 

Pintail atau shape pada longboard yang kurang cekung cenderung tidak stabil kalau diajak buat jalan cepat. Tapi sangat nyaman buat penjelajahan yang santai. 

Tapi perlu diingat, kalau longboard ini buat pemula, pertama pertama yang harus lo perhatikan adalah kecepatan, trik, dan lo butuh keterampilan yang apik buat mengontrol laju di atas aspal. 

Lo juga mesti belajar nih empat 4 jenis gaya bermain longboard. Ada yang namanya carving. Carving ini menuruni bukit atau jalanan dengan sudut kemiringan tertentu. Gaya bermain cocok banget kalau masih pemula. Karena carving juga belajar mengendalikan kecepatan saat melaju di jalanan.

Kalau sudah naik level bisa lo mencoba gaya downhill. Ini dikenal sebagai speedboarding di mana menuruni bukit dengan kecepatan tinggi. Biar meluncurnya mulus lo dituntut untuk menguasai beragam keterampilan bermain longboard seperti air brake, driff dan slide.

Terakhir ada freestyle lo bisa bermain longboard sambil melakukan trik-trik dan manuver-manuver yang keren. Gaya bermain ini juga dikenal sebagai dancing yang sebenarnya terinspirasi dari gaya bermain freestyle pada skateboarding.

 

source: https://www.ridingboards.com/best-longboard-for-beginner/
Tips Beginner Extreme solo traveling

7 COMMENTS

SHARE
Muhammad ridwan
Nice infonya
Senuadi Tandun
wah ternyata utk pemula beda juga
Wafiroel N
bisa jadi hobi baru nih
Agus Sungkawa
Yang cocok buat pemula nice informasi
Sumardiyono
Tanks infonya
agung
tq info ya
Cecep Jajang
Kaya nya boleh tuh buat pemula