Traveling Punya Manfaat Buat Pengembangan Diri, Apa Aja Ya?

Siapa sih yang nggak suka traveling? Nggak cuma menyenangkan, ternyata traveling juga punya manfaat buat pengembangan diri loh, Superfriends. Mau tau apa aja manfaatnya? Langsung aja simak ulasan berikut ini!

Traveling Punya Manfaat Buat Pengembangan Diri, Apa Aja Ya?

Traveling biasanya jadi kegiatan yang dilakukan buat melepas rasa penat atau sekadar mengisi waktu liburan. Nggak hanya menyenangkan buat dilakukan, tapi traveling juga bisa kasih banyak hal positif bagi diri lo sendiri. Nyatanya, traveling juga bisa bikin traveler semakin supel, hangat, dan juga terbuka sama hal-hal baru. Itulah kenapa traveling juga punya manfaat buat pengembangan diri, Superfriends.

Sebuah studi yang dilakukan US Travel Association, menemukan bahwa orang yang melakukan liburan ternyata punya kesempatan 6,5% lebih tinggi dipromosikan. Peneliti percaya kalau traveling juga bisa meningkatkan kreativitas dan mengarah pada pengembangan diri.

Maka dari itu, kalau lo punya waktu libur buat traveling, kenapa nggak dimanfaatin aja? Lumayan kan, lo bisa dapat manfaat yang berguna sama diri lo. Penasaran manfaat apa aja yang bisa didapat buat pengembangan diri? Berikut ini ulasan selengkapnya.

Mengenal Karakteristik Orang

Traveling Punya Manfaat Buat Pengembangan Diri, Apa Aja Ya?

Image source: diaridegirona.cat  

Sejatinya, karakteristik setiap manusia itu berbeda-beda. Apalagi dengan mereka yang lo temui di kantor maupun lingkungan sekitar. Lo pasti udah paham banget kan sama karakteristik orang-orang terdekat lo? Ternyata, traveling juga bisa membantu lo membuka wawasan lebih luas tentang karakteristik orang.

Karena selama di perjalanan, lo pasti bakal bertemu sama banyak orang dengan latar belakang yang beragam. Apalagi, kalau lo bertualang ke desa-desa terpencil yang punya keterbatasan bahasa. Dari kondisi ini, lo secara alami bakal dilatih buat mengenal karakteristik orang meski dengan bahasa yang terbatas.

Menghadapi dan Menerima Realita

Ternyata, traveling juga ada manfaatnya buat kehidupan kerja lo juga, Superfriends. Seperti yang lo udah pahami, dunia kerja itu emang nggak bisa diprediksi. Kadang bisa santai, kadang dikejar-kejar deadline. Buat membiasakan hal itu, bisa dengan cara traveling.

Karena saat traveling, lo bakal menghadapi banyak hal yang nggak pasti, apapun rintangannya mesti dihadapi meski dalam keterbatasan. Mulai dari tersesat di perjalanan ke lokasi tujuan, sampai mengejar waktu boarding pesawat, semua itu menjadi konsekuensi yang mesti dihadapi. Maka dari itu, lo harus menerima dan menghadapinya tanpa ada alasan buat gagal.

Mengasah Fisik dan Mental

Setiap pekerjaan yang dilakukan pasti butuh ketahanan fisik dan mental yang baik. Kadang semakin banyak pekerjaannya, maka semakin besar pula energi, baik fisik maupun mental yang dihabiskan. Tapi dengan traveling, lo bisa melatih diri dalam menyentuh batas fisik dan mental, Superfriends.

Contohnya, dengan mendaki ke puncak gunung yang tinggi atau bertualang ke desa di daerah pedalaman. Hal ini bisa memacu diri lo buat keluar dari zona aman dan nyaman. Dengan hal ini juga, diri lo jadi diasah buat menembus batas kemampuan yang nggak disangka sebelumnya.

Cermin Kehidupan Menyeluruh

Ketika lo traveling ke tempat yang belum pernah didatangi sebelumnya, hal ini bakal memberikan pengetahuan baru terhadap berbagai perbedaan, mulai dari kebudayaan, cuaca, sampai suasana yang bakal terlihat jelas.

Dalam hal ini, traveling bakal membuat lo tersadar bahwa dunia itu luas, nggak hanya di kantor atau di rumah aja. Lo jadi bisa menggali banyak hal baru, dan traveling juga bisa membantu lo mengenali arti hidup lebih dalam.

Nah, itu tadi beberapa manfaat yang bisa didapat dari traveling buat pengembangan diri, Superfriends. Kalau buat lo sendiri, apa manfaat yang udah lo dapat dari traveling?

 

Source: https://male.co.id/detail/8801/traveling-bisa-mengasah-pengembangan-diri-men-scope-3
Urban Action Beginner Extreme solo traveling

7 COMMENTS

SHARE
Muhammad ridwan
Nice infonya
Senuadi Tandun
traveling kita banyak berkenalan dengan beragam tipe mns
Nasir Arsyad
Info yg sgt bermanfaat
Agus Sungkawa
Manfaat yg baik wjib kita ikuti nih
DEVI TRI HANDOKO
Traveling biasanya jadi kegiatan yang dilakukan buat melepas rasa penat atau sekadar mengisi waktu liburan.
Hengky  kik
Travelling menjadikan sarana untuk menyejukan diri di sela sela kesibukan yang ada dan untuk refresing
Senuadi Tandun
bagus utk anak remaja lebih mandiri dan menghargai alam sekitarnyab