Persiapan Mendaki Gunung Elbrus, Titik Tertinggi di Benua Eropa

Berani menantang kemampuan mendaki lo ke Gunung Elbrus, Superfriends? Gunung tertinggi kelima dunia ini adalah titik tertinggi di Benua Eropa. Apa aja persiapan yang dibutuhkan, ya? Langsung aja simak ulasannya!

Persiapan Mendaki Gunung Elbrus, Titik Tertinggi di Benua Eropa

Pernah kebayang nggak gimana rasanya bisa menaklukkan salah satu dari 7 puncak gunung tertinggi di dunia? Pasti bakal bikin lo bangga, Superfriends! Bisa mendaki gunung yang punya ketinggian atau medan yang lebih menantang dari gunung-gunung yang pernah didaki sebelumnya, tentu menjadi suatu pencapaian dan kepuasan tersendiri.

Nah, kalau lo udah pernah mendaki gunung-gunung tinggi di Indonesia dan mau menantang kemampuan lo ke gunung yang lebih tinggi, lo harus cobain mendaki Gunung Elbrus, Superfriends! Salah satu gunung tertinggi kelima di dunia ini juga merupakan titik tertinggi di Benua Eropa, loh.

Mau tau apa aja persiapan yang dibutuhkan buat mendaki gunung ini? Langsung aja simak ulasan selengkapnya.

Mengenal Gunung Elbrus

Persiapan Mendaki Gunung Elbrus, Titik Tertinggi di Benua Eropa

Image source: edgetravelworldwide.com   

Gunung Elbrus sendiri merupakan gunung berapi yang terletak di bagian selatan Rusia (berbatasan dengan Georgia). Gunung yang punya ketinggian 5.642 meter di atas permukaan laut ini juga menjadi gunung terbesar di negara tersebut.

Setiap tahunnya, Gunung Elbrus yang menjadi gunung berapi nonaktif di wilayah Kaukasus Rusia, dikunjungi oleh ribuan wisatawan asing dari lebih dari 70 negara. Walaupun sebagian besar dari mereka adalah penggemar ski, tapi sebagian besar pun bermimpi bisa menaklukkan salah satu puncak tertinggi dunia itu.

Persiapan Mendaki Gunung Elbrus

Persiapan Mendaki Gunung Elbrus, Titik Tertinggi di Benua Eropa

Image source: afar.com      

Karena Gunung Elbrus punya ketinggian yang cukup ekstrem, sebaiknya kalau lo mau mendaki gunung ini harus paham betul sama medan dan cuaca yang ada di sana, Superfriends. Kalau lo pernah mendaki Gunung Jayawijaya atau puncak gunung lainnya yang ditutupi oleh salju, ada perlu lo ingat nih:

Gunung Elbrus terletak di Rusia yang memiliki musim dingin, jadi kemungkinan sejak awal pendakian gunung tersebut udah diselimuti salju kalau lo mau mendaki saat musim dingin. Tapi kalau mendaki saat musim panas, kemarau, maupun musim semi, lo bakal tetap menemui salju lebih cepat.

Selain itu, musim dingin yang berlangsung di Rusia jika dibandingkan sama negara-negara empat musim lainnya, sering tergolong sebagai yang paling ekstrem loh, Superfriends.

Biaya Pendakian Gunung Elbrus

Sebenarnya buat mendaki Gunung Elbrus sendiri lo harus perlu memerhatikan biaya penerbangan dan paket trekking aja, dan mungkin buat pengeluaran pribadi lainnya. Berikut ini adalah rincian biaya yang bisa lo persiapkan:

Tiket pesawat Jakarta-Moscow sekali jalan (Rp. 10 juta). Harga tiket pesawat ini adalah harga tiket paling murah dan hanya untuk sekali jalan aja. Jadi, persiapkan dua kali lipatnya buat tiket berangkat dan pulang ya, Superfriends.

Tiket kereta/pesawat dari Moscow ke Gunung Elbrus. Lo bisa naik kereta dari Moskva Kurskaya ke Kislovodsk dengan biaya sekitar Rp. 800 ribu untuk sekali jalan yang akan memakan waktu sekitar 27 jam. Setelah sampai di Kislovodsk, lo bisa naik taksi ke kaki Gunung Elbrus (Rp. 850 ribu - Rp. 1 juta).

Jarak dari Kislovodsk ke Gunung Elbrus sekitar 214 km dan bisa memakan waktu sekitar 4-5 jam perjalanan. Nah, buat total biaya transport buat mencapai Gunung Elbrus sendiri adalah: tiket pesawat paling murah (Rp. 10 juta) + biaya transport (Rp. 1,8 juta) = Rp. 11, 8 juta. Maka biaya berangkat dan pulang yang perlu disiapkan sekitar Rp. 23,6 juta.

Biaya tadi baru biaya perjalanannya aja, belum termasuk segala kebutuhan lainnya. Kalau mau pendakian yang lebih praktis, lo bisa bergabung dengan grup di Southern Route dengan biaya USD 1.453 per orang atau sekitar Rp. 20 juta. Atau kalau mau yang lebih terjangkau bisa gabung dengan Northern Route dengan biaya USD 1.229 atau sekitar Rp. 17 juta per orang.

Kalau biaya pendakian dan transportasi dijumlahkan, kira-kira lo akan butuh lebih dari Rp 40 juta buat mendaki Gunung Elbrus, Superfriends.

Nah, itu tadi beberapa persiapan buat mendaki Gunung Elbrus, titik tertinggi di Benua Eropa. Gimana, lo tertarik nggak buat menaklukkan gunung tertinggi kelima dunia ini?

 

Source: https://gunung.id/biaya-mendaki-gunung-elbrus/
https://bookatrekking.com/en/blog/mount-elbrus-climb/
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

12 COMMENTS

SHARE
Ivan harnawan
Nice info
SRI YAYA ASTUTI
Gunung Elbrus sendiri merupakan gunung berapi yang terletak di bagian selatan Rusia (berbatasan dengan Georgia).
Amirul Bahri
Asiiik min, 40 juta buat mendaki gunung
Heni Oen
tinggi dan dingin selain fisik mental juga kudu prepare
Senuadi Tandun
Biayanya tiketnya aja udah mahal
Ldr_Lstyd
Perlu persiapan yang matang
Hengky  kik
perlu skill khusus dan cost yang sangat tinggi
Sumardiyono
manatap klu bisa kesono
agung
tq info ya
Maulana Hasanudin
Budgernya yg bikin melongo