Nggak Seram, Hutan Amazon Justru Punya Fakta Unik dan Menarik

Hutan Amazon mungkin terdengar mengerikan. Hutan yang disebut paru-paru dunia itu justru punya fakta unik dan menarik yang belum banyak diketahui, Superfriends. Penasaran apa aja? Langsung simak ulasan selengkapnya!

 Nggak Seram, Hutan Amazon Justru Punya Fakta Unik dan Menarik

Siapa sih yang nggak takjub melihat keindahan Hutan Amazon? Menjadi salah satu keajaiban alam, Hutan Amazon yang mendapat gelar paru-paru dunia ini juga menjadi rumah bagi berbagai spesies.  Bukan tanpa alasan, hutan tropis paling luas di dunia ini mendapat julukan ‘paru-paru dunia’ karena menghasilkan 30% dari seluruh oksigen di Bumi. Selain itu, Hutan Amazon juga punya julukan ‘Neraka Hijau’, karena setiap tahun sungainya selalu meluap.

Menariknya, 30% dari jumlah seluruh binatang dan setengah dari seluruh spesies tanaman hidup di hutan ini. Beberapa jenis binatang tersebut antara lain, jaguar, tapir, anaconda, boa, elang harpy, sloth, cainman, babi hutan, dan masih banyak lagi. Sedangkan berbagai jenis tanaman yang ada di sini antara lain, pohon telinga gajah, teratai raksasa, anggrek, jarda, sapodilla, dan masih banyak lagi.

Buat sebagian orang, apalagi para petualang, mungkin Hutan Amazon menjadi salah satu lokasi yang menantang buat dikunjungi. Nggak jarang hutan ini dianggap seram dan mengerikan, karena banyak serangan serangga buas yang bahkan belum dinamai.

Padahal, Hutan Amazon justru punya fakta unik dan menarik, Superfriends. Berikut ini beberapa di antaranya.

Sumber 80% Makanan di Dunia

 Nggak Seram, Hutan Amazon Justru Punya Fakta Unik dan Menarik

Image source: thegef.org  

Dengan keanekaragaman spesies yang hidup di hutan ini, jadi nggak heran kalau sebagian besar sumber makanan yang dikonsumsi manusia itu asalnya dari sini, Superfriends. Di Hutan Amazon sendiri ada lebih dari 3.000 jenis buah, dan 200 di antaranya dikonsumsi di dunia barat.

Bahkan, sebagian besar obat-obatan di dunia juga berasal dari spesies flora fauna di Amazon, loh. Lebih tepatnya, 25% dari semua jenis obat-obatan barat berasal dari sini. Tapi, kurang dari 1% tumbuhan Amazon aja yang pernah diuji sama ilmuwan.

Wilayah Mencakup 9 Negara

 Nggak Seram, Hutan Amazon Justru Punya Fakta Unik dan Menarik

Image source: worldpackers.com    

Kalau selama ini lo tau Hutan Amazon terletak di Brazil, itu benar sih, tapi ternyata hutan ini menjadi bagian dari 9 negara, Superfriends. Sebagian besar Hutan Amazon emang ada di Brazil, namun sebenarnya hutan ini tersebar hingga ke 9 negara, yaitu Brazil, Peru, Kolombia, Venezuela, Ekuador, Bolivia, Guyana, Suriname, dan Guyana Prancis.

Hutan Amazon sendiri mencakup lebih dari 1,7 miliar hektar tanah dan perairan. Sedangkan hutan hujan tropisnya meliputi area seluas 1,4 miliar hektar.

Tempat Persembunyian Sungai Lain

Ciri khas dari Sungai Amazon sendiri adalah bentuknya yang panjang serta meliuk-liuk seperti ular, hal ini membuatnya menjadi salah satu lokasi yang unik. Nggak hanya itu aja yang jadi daya tarik Sungai Amazon, konon sungai ini juga menjadi ‘tempat persembunyian’ sungai lain, Superfriends.

Apa sih maksudnya? Ternyata, sungai tersembunyi ini terletak di bawah perairan Amazon. Letak sungainya pun kabarnya masuk dalam wilayah negara Brazil. Meski panjangnya menyerupai Amazon, tapi konon sungai tersembunyi ini punya lebar berkali-kali lipat lebih luas dibandingkan Amazon.

Pertama Kali Dihuni Manusia 11.200 Tahun Lalu

Emang sih sebagian besar wilayah ini adalah hutan, tapi masih ada juga sejumlah pemukiman di pedalaman Amazon, Superfriends. Berdasarkan bukti arkeologi, diyakini manusia pertama kali tinggal di Amazon seenggaknya 11.200 tahun yang lalu.

Para penduduk pertama ini konon menetap di lembah Sungai San Rafael dan Sungai Quijos. Daerah yang terletak di kaki Gunung Reventador ini emang sangat subur dan punya kekayaan alam yang berlimpah.

Nah, itu tadi beberapa fakta unik dan menarik dari Hutan Amazon. Hutan ini pun bukan lagi dinikmati sama pencinta petualangan aja, tapi udah jadi destinasi wisata eksotis yang dikunjungi berbagai kalangan. Penasaran pengen ke sana, Superfriends?

 

Source: https://male.co.id/detail/8377/tak-hanya-seram-ada-hal-unik-dari-hutan-amazon-men-scope-3
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
Agus Sungkawa
fakta yang menarik
Hilman rusdiyanto
Info bagus
Ivan harnawan
Nice info
Heni Oen
amazon ngeri dgn anaconda
Senuadi Tandun
sungainya penuh piranha
Sumardiyono
amaziing
agung
tq info ya
Cecep Jajang
Amazon memang paru" dunia.. takut anaconda
Endy Fredian Dinata
Nice info