Begini Cara Antisipasi Kaki Melepuh Saat Hiking

Risiko yang paling umum dialami para pendaki adalah melepuh pada bagian kaki. Cedera ringan ini bisa jadi dialami lebih dari sekali. Tergantung sepatu dan kaos kaki yang lo pakai.

Begini Cara Antisipasi Kaki Melepuh Saat Hiking

Buat mencegah lecet atau melepuh saat pendakian ke puncak gunung, cobalah trik dan kiat-kiatnya supaya cedera ini bisa diantisipasi. Paling nggak meminimalisir lah supaya lecetnya nggak banyak.

Tapi biasanya, trik ini bakal mencegah kaki melepuh. Nggak bisa menjamin, tapi ya nggak susah juga buat dicoba. Simak terus ke bawah ya, Superfriends!

Jangan Pelit Pakai Kaos Kaki

Begini Cara Antisipasi Kaki Melepuh Saat Hiking

Image source: cloudlineapparel.com     

Ada banyak langkah buat menghindari kaki melepuh ketika petualangan di gunung. Pertama, coba pakai pelapis kaos kaki dan bedak kaki. Terus pakai sepatu bot khusus hiking yang bisa melindungi kaki tetap kering. 

Kaos kaki adalah item vital nih buat menjaga kaki nggak lecet. Kaos kaki yang bagus itu yang bisa menyerap kelembaban, ukurannya pas alias nggak longgar, cepat kering, dan memiliki jahitan yang paten.

Tipsnya nih ya, pilihlah kaos kaki yang bahannya lembut seperti smart wool atau merino. Kaos kaki yang bagus baal memiliki bantalan ekstra di area yang rawan pada titik panas.

Biasanya spot atau area merah dan nyeri di kulit muncul sebelum lecet itu terbentuk. Malah cenderung cuma ada titik tekanan dan radang di antara kaki dan sepatu bor.

Pakai Sepatu Khusus Mendaki

Begini Cara Antisipasi Kaki Melepuh Saat Hiking

Image source: switchbacktravel.com   

Meski banyak yang suka sepatu bot kulit, tapi buat kebutuhan naik gunung sama sekali bukan pilihan yang ideal. Faktanya pendaki jarak jauh banyak yang menggunakan sepatu lari atau sepatu kets.

Memang balik lagi tergantung pribadi masing-masing. Ada orang yang memang lebih nyaman dengan sepatu bot, ada juga yang sepatu kets karena lebih fleksibel dalam bergerak. 

Kalau pilihan lo jatuh pada sepatu bot khusus hiking, maka coba dulu goyang-goyangkan jari kaki dan pastikan memiliki ruang yang cukup. Kalau terlalu pas ukurannya, pertimbangkan membeli ukuran sepatu yang lebih besar. 

Tujuannya sudah pasti menghindari pembengkakan pada kaki. Minimal nggak terjadi gesekan yang intens antara permukaan kulit kaki dengan material sepatu. Pilihan sepatu bot yang ideal buat hiking adalah yang diperkuat dengan sepatu trail.

Sepatu bot yang dipakai didasarkan pada sepatu lari trail tahan air dan ukurannya pas kayak sepatu kets adalah yang ternyaman buat naik gunung atau hiking. Kalau lo benar-benar membeli sepatu bot kulit yang masih keras, maka perlu banget buat 'dirombak' sebelum lo melakukan pendakian dengan jarak jauh.

Dirombak ini dalam artian kulitnya dibuat lentur dulu. Karena sepatu bot kulit yang masih keras bisa menyebabkan lecet saat pertama kali dipakai.

 

source: https://hikingguy.com/how-to-hike/how-to-prevent-hiking-blisters/
Tips Beginner Extreme solo traveling

6 COMMENTS

SHARE
Hilman rusdiyanto
Info bagus
Ivan harnawan
Nice info
Senuadi Tandun
thanks tipsnya
Sumardiyono
Makasih infonya
Agus Sungkawa
Informasi yang bermanfaat jdi tahu jika keadaan seperti d atas
Wafiroel N
makasih infonya gan..