Tentang Garis Nazca, Ukiran Raksasa yang Masih Misterius

Ada yang pernah dengar Nazca Lines atau Garis Nazca? Kalau belum ini adalah sebuah misteri yang sampai sekarang juga belum bisa diungkap. Bukan, bukan, ini bukan jejak alien atau makhluk luar angkasa. Yang jelas, garis atau ukiran yang muncul ini usianya sudah ribuan tahun. Dan, bisa bikin takjub.

Tentang Garis Nazca, Ukiran Raksasa yang Masih Misterius

Nazca Lines ini terdiri dari 800 garis lurus, 300 garis geometris dengan aneka bentuk seperti orang atau wajah dan 70 bentuk garis yang menggambarkan hewan dan tumbuhan. Bisa juga disebut geoglyph, di mana suatu motif tertentu peninggalan manusia zaman dulu di suatu lanskap alam seperti tebing, gua atau gurun.

Biar jelas melihat Garis Nazca ini mesti dari ketinggian. Baru deh, lo bisa melihat bentuk aslinya kayak gimana. Garis-garis itu bisa dilihat di Gurun Nazca yang lokasi di antara Kota Pampas dan Nazca di Peru. Garis Nazca diyakini dibuat oleh penduduk setempat pada ribuan tahun silam, sekitar tahun 100-600 Masehi.

Dikerik Sedalam 30 Cm

Tentang Garis Nazca, Ukiran Raksasa yang Masih Misterius

Image source: history.com      

Para peneliti sudah bolak-balik memecahkan misteri keberadaan Garis Nazca ini. Para peneliti itu bilang, penduduk setempat membuat ukiran itu dengan cara mengerik tanah sedalam 30 cm.

Dari kontur tanahnya sendiri memang disebutkan cocok buat dikerik. Dan, bekasnya nggak akan hilang meski terpapar suhu panas. Sudah gitu jarang terjadi erosi, dan curah hujannya cenderung sedikit.

Makanya, sampai di abad sekarang, garis-garis itu masih awet. Bahkan ada yang bentuknya masih sempurna. Kalau dilihat dari angkasa atau pesawat pemandangannya jadi cakep dan unik banget.

Garis-garis Itu Buat Apa?

Tentang Garis Nazca, Ukiran Raksasa yang Masih Misterius

Image source: pbs.org

Karena sudah ada banyak peneliti yang datang, jadi setidaknya ada tiga jawaban dari para ahli. Belum valid dan masih jadi perdebatan. 

Konon, Garis Nazca dibuat untuk pemujaan dewa, untuk ilmu astronomi dan dibuat oleh alien. Pendapat lain mengatakan garis-garis Nazca merupakan sistem irigasi canggih. Pembuktiannya juga harus diteliti lagi lebih dalam. Terus ada peneliti dari Hokkaido University menerbitkan hasil penelitian tentang Nazca Lines dalam 'Journal of Archaeological Science: Reports'. Mereka fokus penelitian tentang garis berbentuk burung.

Secara totalnya ada 16 geoglyph yang bergambar burung. Setelah dipelajari ukiran burung-burung di Nazca Lines adalah burung kolibri ekor panjang, pelikan dan burung-burung hutan hujan seperti burung nuri.

Gegara nggak ada fakta yang valid, spekulasi pun muncul. Penduduk Nazca di zaman dulu mengira burung-burung membawa cuaca baik dan membawa air. Tapi hingga kini penelitian dari Hokkaido University masih berlanjut.

Penelitian lain dipimpin Masato Sakai menyebut kalau gambar itu dibuat dengan menghilangkan batu-batu yang menutupi tanah. Jadi pasir putih yang ada dibawahnya akan terlihat. Tim menganalisis citra satelit dari wilayah Nazca serta mengidentifikasi dua ukiran utama yang dibagi menjadi tipe A dan tipe B. 

Tipe A memiliki panjang lebih dari 50 meter hingga 100 meter dan kebanyakan bentuknya binatang. Sedangkan tipe B berukuran kurang dari 50 meter yang katanya kerap jadi tiang penunjuk arah ke lokasi ritual yang bertempat di geoglyph tipe A.

 

Source: https://travel.detik.com/travel-news/d-4594503/pelan-pelan-memecahkan-misteri-nazca-lines
Trending Beginner Extreme solo traveling

12 COMMENTS

SHARE
Hilman rusdiyanto
Waaaawwwwww
Ivan harnawan
Nice info
Yuniarto ( Tato )
Udah Redem lama ko barang blom di kirim juga
Amirul Bahri
Masih mistery
Heni Oen
peninggalan suku ala nih
Senuadi Tandun
peninggalan ilmu pengetahuan nih
Sumardiyono
Amaziiing
agung
tq info ya
Agus Sungkawa
Sangat misteri us sekali
Cecep Jajang
Ini masih misterius. . peninggalan yang jarang