Mengenal Skimo, Mendaki Sekaligus Main Ski di Gunung

Pernah dengar olahraga Skimo, Superfriends? Skimo sendiri adalah singkatan dari Ski Mountaineering, yang berarti mendaki sekaligus main ski di gunung. Penasaran gimana sih keseruan aktivitas ini? Langsung aja simak ulasannya!

Mengenal Skimo, Mendaki Sekaligus Main Ski di Gunung

Mendaki gunung dan bermain ski, kedua olahraga itu mungkin bukanlah sesuatu yang baru lagi, tapi gimana jadinya kalau keduanya digabung jadi satu kegiatan yang menantang? Pasti bakal seru sekaligus penuh tantangan, Superfriends! Dinamakan Skimo, yang merupakan singkatan dari Ski Mountaineering, kegiatan ini berarti mendaki dan bermain ski di gunung.

Saat ini, olahraga modern Skimo telah mengambil bentuk yang berbeda, meski masih berakar pada definisi tradisional tentang ski mountaineering. Penasaran nggak gimana keseruan olahraga ini, dan peralatan apa aja yang dibutuhkan buat Skimo? Berikut ini ulasan selengkapnya.

Apa Itu Skimo?

Mengenal Skimo, Mendaki Sekaligus Main Ski di Gunung

Image source: womensrunning.com    

Dalam olahraga Skimo, yang dibutuhkan adalah tentang bergerak cepat namun ringan. Skimo sendiri merupakan olahraga ketahanan yang mengharuskan lo untuk berputar di sekitar balapan naik dan turun gunung dengan ski, baik itu di resor ski maupun di pedalaman.

Kalau lo menyukai olahraga lari lintas alam musim dingin atau ski seluncur es, lo mungkin bakal menyukai olahraga Skimo ini, Superfriends. Apalagi olahraga ini juga merupakan latihan kardio yang bagus, dan latihan silang yang bagus buat olahraga musim panas seperti lari lintas alam, bersepeda gunung, dan mendaki.

Dalam sebuah perlombaan Skimo, para lawan atau kompetitor akan balapan mendaki dengan menggunakan skin panjat. Namun, bagian lapangan yang curam dan teknis terkadang mengharuskan peserta buat membawa dan menggunakan crampon.

Lo bisa bayangkan gimana tingkat kebugaran yang dibutuhkan buat olahraga ini. Skimo sendiri nggak hanya menuntut secara fisik, tetapi juga teknis – lo harus terampil dalam transisi yang cepat, dan menjadi pemain ski lereng yang kuat.

Pada tingkat dasar, Skimo mirip dengan balapan sepeda atau ultramarathon. Itu semua membutuhkan tingkat kebugaran, stamina, dan daya tahan yang sama. Lo bisa berlatih dengan coba main ski di lereng kecil terlebih dulu, baru deh lo siap buat mencoba Skimo yang sesungguhnya.

Perlengkapan Apa Aja yang Dibutuhkan?

Mengenal Skimo, Mendaki Sekaligus Main Ski di Gunung

Image source: wsj.com           

Buat melakukan olahraga Skimo, tentunya lo butuh ski dan sepatu boots, tapi rasanya bakal seperti mencoba lari marathon dengan sepatu boots hiking. Ini emang berhasil, tapi akan jauh lebih cepat kalau menggunakan sepatu trail yang ringan di kaki, Superfriends.

Ada beberapa rekomendasi perlengkapan Skimo yang bisa lo cari, seperti ski PDG Dynafit dan sepatu boots PDG 2. Ski PDG sendiri memiliki berat 790 gram, sangat ringan namun masih stabil sehingga lo bisa menuruni bukit dengan cepat.

Sedangkan untuk berat boots ultralight PDG 2 Dynafit sendiri hanya 810 gram, sepatu ini memiliki fitur liner yang bisa dibentuk panas dan sederhana, serta desain dua gesper buat kenyamanan dan fungsi.  Pengaturan ski dan boots ini udah dirancang buat pendakian menanjak yang cepat. Jadi, ini ideal buat siapa aja yang sedang berlatih atau balapan di acara Skimo.

Nah, itu tadi penjelasan singkat tentang olahraga Skimo atau Ski Mountaineering, alias mendaki sekaligus main ski di gunung. Gimana, lo tertarik mencoba olahraga satu ini, Superfriends?

 

Source: https://www.tahoemountainsports.com/what-is-skimo
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
Hilman rusdiyanto
Mantabbbb
Ivan harnawan
Nice info
Heni Oen
gunung biasa aja susah mendaki apalagi es
Senuadi Tandun
ini yang prof baru.bisa
Sumardiyono
Amaziiing
agung
tq info ya
Agus Sungkawa
Olahraga yah cukup unik
DEVI TRI HANDOKO
Mendaki gunung dan bermain ski
Muhammad ridwan
Mantapp infonya smoga bermanfaat