Dari Keunggulan Sampai Tantangan E-Bike yang Perlu Lo Pahami

E-bike atau sepeda listrik, menjadi jenis sepeda yang menarik buat dipilih para pencinta gowes. Namun sebelum beli E-bike, pahami dulu keunggulan dan tantangan dari E-bike ini, Superfriends. Langsung aja simak ulasan selengkapnya!

Dari Keunggulan Sampai Tantangan E-Bike yang Perlu Lo Pahami

E-bike atau sepeda listrik merupakan salah satu kendaraan yang menggunakan listrik sebagai sumber tenaganya. Jenis sepeda satu ini seakan menawarkan pilihan baru bagi pencinta gowes buat rekreasi. Terutama buat yang selalu menggunakan sepeda sebagai alat transportasi setiap hari, namun khawatir kalau nggak sanggup menghadapi tantangan selama bersepeda.

Sepeda listrik pun kini udah semakin banyak di pasaran, banyak produsen sepeda yang udah mengeluarkan jenis E-bike ke dalam pilihan yang mereka tawarkan. Namun sebelum lo membeli E-bike, sebaiknya pahami dulu tentang keunggulan serta tantangan yang bakal dihadapi dari penggunaan sepeda listrik ini. Mau tau segala tentang E-bike? Berikut ini ulasan selengkapnya.

Keunggulan Menggunakan E-Bike

Dari Keunggulan Sampai Tantangan E-Bike yang Perlu Lo Pahami

Image source: gearjunkie.com

Dibandingkan kendaraan listrik lainnya, sepeda listrik punya beberapa keunggulan. Salah satunya adalah sepeda ini bisa digunakan siapa aja. Tenaga yang nggak terlalu besar memungkinkan sepeda ini digunakan sama semua orang, bahkan buat yang belum punya surat izin mengemudi sekalipun.

E-bike juga bisa menjadi pilihan orang-orang yang nggak terlalu sering bersepeda. Perusahaan travel Backroads pun menyatakan kalau mereka mencatat bahwa sepeda listrik memungkinkan orang dengan minat dan tingkat aktivitas berbeda buat menikmati perjalanan secara bersama-sama.

Lantas seberapa kecil sih tenaga sepeda listrik ini? Sepeda listrik umumnya punya tenaga listrik sebesar 250 Watt atau 1/3 tenaga kuda. Sebenarnya, 250 Watt bukanlah angka yang kecil, ini adalah angka rata-rata tenaga yang atlet nasional keluarkan dalam nomor road race yang berjarak di atas 100 kilometer. Kalau pembalap sepeda bisa mengayuh sepedanya dengan kecepatan yang cukup tinggi di jalan raya, maka pengendara sepeda listrik pun bisa.

Selain tenaga, sepeda listrik juga unggul dalam konsumsi listriknya sendiri. Dengan bantuan kayuhan kaki, E-bike bisa menjadi kendaraan listrik paling hemat energi. Selain itu, kebutuhan energi sepeda listrik yang nggak terlalu besar ini juga memungkinkannya untuk diisi ulang tanpa infrastruktur khusus seperti sepeda motor atau mobil listrik, yang butuh charger khusus buat menghantarkan listrik lebih cepat.

Charger buat sepeda listrik sendiri hanya menggunakan daya 250 Watt atau sekitar beban yang sama dengan sebuah mesin cuci, jadi lo tinggal menggunakan listrik rumahan tanpa infrastruktur tambahan, Superfriends.

Tantangan Menggunakan E-Bike

Dari Keunggulan Sampai Tantangan E-Bike yang Perlu Lo Pahami

Image source: velopress.com    

Sepeda listrik atau E-bike sendiri nyatanya nggak luput dari tantangan yang kerap muncul. Karena sepeda ini lebih berat daripada sepeda biasa, produsen sepeda pun mungkin memerlukan karavan khusus dan lisensi buat mengangkut armada mereka.

Karena sepeda ini tergantung pada baterai, maka produsen juga harus merencanakan ke depan untuk membuat semua orang tetap semangat bersepeda. Selain itu, harga sepeda listrik juga bisa dikatakan lebih mahal dari jenis sepeda biasanya, karena butuh komponen yang kuat dan berkualitas.

Dalam sepeda listrik, semakin besar kapasitas baterai, maka semakin jauh juga jarak yang bisa ditempuh. Namun, dengan begitu maka semakin banyak juga beban pada mesin (tanjakan, beban bawaan, dll), sehingga membuat materai jadi lebih cepat habis dan jarak tempuhnya semakin pendek.

Nah, itu tadi penjelasan singkat tentang keunggulan serta tantangan yang bakal dihadapi dalam penggunaan E-bike atau sepeda listrik. Lo tertarik cobain jenis sepeda ini, Superfriends?

 

Source: https://perjalanandunia.com/asia/indonesia/e-bikes/
https://portalsepeda.com/keunggulan-sepeda-listrik-e-bike/
Urban Action Beginner Extreme solo traveling

14 COMMENTS

SHARE
SRI YAYA ASTUTI
E-bike atau sepeda listrik, menjadi jenis sepeda yang menarik buat dipilih para pencinta gowes
Senuadi Tandun
smoga aja makin banyak pos pengisian listrik
Hilman rusdiyanto
Mantabbb
Muhammad ridwan
Nice infonya
Sumardiyono
Amaziiing
Yuniarto ( Tato )
Kerennnn
Heni Oen
harganya bikin mundur
Senuadi Tandun
Semenjak pademi speda lagi trend
samsul hadi
Inpo e-bike yang recomended buat pemula dan isi kantong dong
Cecep Jajang
Harga nya pasti mahal. Tapi super canggih