Hal Penting yang Wajib Dipahami Sebelum Beli Skateboard Pertama Kali

Anak skateboard pasti sudah pada punya papan skate andalannya masing-masing buat beratraksi. Tapi, gimana dengan para pemula yang baru mau membeli skateboard? Kira-kira, apa saja hal penting yang wajib dipahami sebelum beli skateboard pertama kali? Sila simak ulasan selengkapnya berikut ini, Superfriends!

Hal Penting yang Wajib Dipahami Sebelum Beli Skateboard Pertama Kali

Skateboard memang menjadi olahraga ekstrem yang menyenangkan dan sangat menantang nih, Superfriends. Dengan menggunakan papan skate lo bisa beratraksi di skatepark dan melewati obstacle tertentu dan pastinya memacu adrenalin!

Tapi buat melakukan semua hal tersebut, lo tentu saja butuh skateboard pribadi yang nantinya juga bakal menemani setiap aksi lo, Superfriends. Biar nggak salah pilih, mending simak dulu beberapa hal penting yang wajib dipahami sebelum beli skateboard pertama kali berikut ini!

Beli di Toko yang Punya Kredibilitas dan Reputasi

Hal Penting yang Wajib Dipahami Sebelum Beli Skateboard Pertama Kali

Image source: laborskateshop.com   

Yup, belilah skateboard di toko yang udah punya kredibilitas dan reputasi, Superfriends. Sebab, biasanya toko yang kayak gini bakal ngerti banget dengan diri lo dan skateboard yang lo butuhkan.

Selain itu, lo juga bisa nanya-nanya atau konsultasi buat nambah wawasan terkait papan skate yang bakal lo beli nantinya, Superfriends. Buat menemukan toko skateboard yang punya kredibilitas dan reputasi, lo bisa menanyakannya sama teman atau orang yang sudah berpengalaman.

Perhatikan Jenis-jenisnya

Hal Penting yang Wajib Dipahami Sebelum Beli Skateboard Pertama Kali

Image source: daysoftheyear.com    

Skateboard memang memiliki beragam jenisnya nih, Superfriends. Seenggaknya, ada dua pilihan yang bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan lo, yaitu longboards dan shorter boards. Sesuai namanya, longboards ini punya ukuran dek yang panjang buat meluncur di jalanan.

Sedangkan, shorter boards atau skateboard dengan ukuran lebih pendek buat bermain di arena skatepark yang dirancang khusus. Pastinya, jenis skateboard yang lebih pendek ini bisa membuat lo lebih mudah melakukan trik melompat, meluncur, atau trik-trik lainnya, Superfriends.

Cek Variasi Ukuran Deck

Kalau lo kiranya bakal sering menggunakan skateboard buat meluncur di jalan, misalnya dari rumah ke minimarket terdekat, berarti lo bisa memilih deck ukuran 7.5-inch – 8-inch. Beda lagi kalau lo fokus bermain di arena pool, atau skatepark, maka lo bisa pilih deck yang berukuran di atas 8-inch, Superfriends.

Kalau lo masih baru atau termasuk pemula, maka sebaiknya pilihlah deck dengan lebar 8-inch dan panjang 30-inch. Papan skate dengan ukuran sepanjang itu tentu bakal memudahkan pemainnya dalam menerapkan sejumlah trik dasar bermain skateboard, Superfriends.

Perhatikan Ukuran Roda

Hal penting yang wajib dipahami sebelum beli skateboard pertama kali selanjutnya yaitu perhatikanlah ukuran roda skateboard, Superfriends. Sebab, biasanya roda skateboard jalanan (street) bakal lebih kecil ketimbang roda skateboard bowl/park.

Desain ini dirancang khusus biar skateboard lebih ringan dan lebih responsif, sehingga lebih mudah buat beratraksi, Superfriends. Standarnya, ukuran roda skateboard untuk jalanan dibuat dalam 49–52 milimeter.

Semakin besar ukuran roda, otomatis bakal mempengaruhi kecepatannya melaju, sedangkan untuk vert skating lo bisa mencari roda yang berukuran 54–60 mm. Jenis roda ini bisa lebih menapak di berbagai area permukaan jalan, Superfriends.

Sesuaikan Truck dengan Deck

Last but not least, sesuaikanlah truck dengan deck skateboard lo, Superfriends. Truck ini adalah bagian penyangga antara deck skateboard dan roda. Di dalam truck ini terdapat karet suspensi mirip donat yang biasa disebut bushing dan berfungsi sebagai bantalan buat berbelok.

Selain itu, pastikan juga panjang porosnya sudah sesuai dengan lebar deck ya, Superfriends. Kalau lo mau mencoba melakukan flip trik atau trik skateboard lainnya, maka sebaiknya pilihlah truck yang tinggi. Tapi, kalau lo lebih mengutamakan kestabilan dan kenyamanan saat meluncur, lo bisa memilih truck yang rendah, Superfriends.

So, itulah beberapa hal penting yang wajib dipahami sebelum beli skateboard pertama kali. Jadi, jangan sampai salah beli ya, Superfriends. Selamat berpetualang!

 

Referensi: https://review.bukalapak.com/sports/7-hal-untuk-diingat-sebelum-membeli-papan-skateboard-pertama-76135
Tips Beginner Extreme solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
DEVI TRI HANDOKO
Hal Penting yang Wajib Dipahami Sebelum Beli Skateboard
Heni Oen
termyata banyak perlu diperhatikan terlebih2 untuk pemula
Senuadi Tandun
berarti kalau masih belajar butuh roda yang lebih gede
Hilman rusdiyanto
Mantabbbbb
Muhammad ridwan
Nice infonya
Sumardiyono
Tanks infonya
Agus Sungkawa
Tips yang beri manfaat
agung
tq info ya
Wafiroel N
harus cari referensi nih
Cecep Jajang
Info yang penting buat pemula