Cara Jitu Memilih Knee Pads Terbaik Buat Main Sepeda Gunung

Knee pads memang penting banget dalam olahraga sepeda nih, Superfriends. Apalagi buat para pencinta sepeda gunung yang hobi gowes di medan yang menantang. Lantas, gimana ya cara jitu memilih knee pads terbaik buat main sepeda gunung? Berikut ulasan selengkapnya, Superfriends!

Cara Jitu Memilih Knee Pads Terbaik Buat Main Sepeda Gunung

Sepeda memang bisa banget jadi olahraga yang menantang kalau dilakukan di jalur yang ekstrem, Superfriends. Salah satunya melaju kencang di jalur offroad perbukitan atau trek menantang lainnya dengan sepeda gunung.

Kalau mau memainkan jenis sepeda yang satu ini, berarti lo wajib banget menggunakan sejumlah peralatan keamanan buat mengantisipasi kemungkinan yang nggak diinginkan, Superfriends. Selain helm, lo juga perlu knee pads buat melindungi lutut.

Pasalnya, bagian ini pasti bakal terkena benturan kalau terjatuh dari sepeda. Biar nggak salah pilih, lo bisa pahami dulu beberapa cara jitu memilih knee pads terbaik buat main sepeda gunung berikut ini, Superfriends!

Pilih yang Pas dan Nyaman

Cara Jitu Memilih Knee Pads Terbaik Buat Main Sepeda Gunung

Image source: bikeperfect.com  

Cara jitu memilih knee pads terbaik buat main sepeda gunung yang pertama yaitu pilihlah yang terasa pas dan nyaman. Sebab, meskipun knee pads menggunakan bahan model terbaru, memiliki ventilasi yang fantastis, ringan serta aman kalau nggak pas dan nyaman pasti lo bakal ogah memakainya kan, Superfriends?

Potongan knee pads terbaru biasanya sudah ditekuk sebelumnya dengan pelindung yang ditangkupkan secara ergonomis untuk membantunya stabil di posisinya. Sebagian besar mengandalkan kombinasi gripper silikon dan tali velcro untuk mencegah bantalan tergelincir.

Meskipun masih ada beberapa model yang belum dilengkapi tali, model dengan tali velcro ini memerlukan pemasangan yang sangat pas dan mungkin bisa saja menjadi longgar seiring waktu karena elastis sehingga bisa kehilangan sebagian daya pegasnya, Superfriends.

Selain mencari bantalan yang cocok dengan bentuk kaki, pertimbangkan beberapa hal lainnya, mulai dari kombinasi panjangnya, lingkarnya, pengencangnya, gripper silikon, sampai resletingnya. Sebab, semua hal ini nantinya pasti bakal mempengaruhi kenyamanan saat mengayuh sepeda gunung, Superfriends.

Perhatikan Area Perlindungan

Cara Jitu Memilih Knee Pads Terbaik Buat Main Sepeda Gunung

Image source: outdoorgearlab.com  

Knee pads memang tersedia di semua tingkat perlindungan yang berbeda, mulai dari bahan lycra yang ringan dengan sedikit bantalan busa yang dijahit, sampai yang memiliki pelindung viskoelastik atau non-newton yang bisa dibongkar-pasang buat melindungi dari benturan keras.

Walaupun bahan-bahan modern ini lebih efisien dan sering kali lebih ringan daripada busa poliuretan standar, bahan ini biasanya juga datang dengan label harga yang lumayan nih, Superfriends.

Selain itu, setiap bantalan juga bakal menawarkan luas cakupan yang berbeda, tetapi seenggaknya harus melampaui hanya tutup lutut itu sendiri. Opsi Burlier juga bisa dijadikan pilihan, karena memiliki padding sekunder buat melindungi tonjolan tulang lainnya di sisi lutut.

Cek Sirkulasi Udara

Pada umumnya, semakin banyak bantalan yang ada pada suatu knee pads, tentu bakal semakin terasa panas. Banyak juga produsen yang menawarkan fitur kain anti-lembab dan berlubang buat sirkulasi udara, tapi biasanya hal ini cuma bakal memperluas panasnya, Superfriends.

Oleh karena itu, carilah keseimbangan antara berapa banyak perlindungan yang lo butuhkan dan perkirakan seberapa bagus sirkulasi knee pads yang bakal dipilih nantinya.

Daya Tahan

Tujuan utama dari penggunaan knee pads saat main sepeda gunung adalah buat melindungi bagian lutut dari bebatuan dan akar. Bahan yang digunakan di seluruh bantalan pun harus kuat.

Seringkali bahan kanvas, kevlar atau bahan keras serupa akan digunakan di atas tutup untuk mencegah robekan. Beberapa knee pads juga ada yang sudah dilengkapi pelindung tambahan biar bisa dilepas dan ditarik keluar untuk dicuci atau bahkan diganti jika rusak.

Nah, itulah beberapa cara jitu memilih knee pads terbaik buat main sepeda gunung. Tetap utamakan keamanan dan keselamatan saat main sepeda gunung ya, Superfriends. Selamat berpetualang!

 

Referensi: https://www.bikeperfect.com/features/best-mtb-knee-pads
Gear Beginner Extreme solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
SRI YAYA ASTUTI
Knee pads memang penting banget dalam olahraga sepeda
Heni Oen
Hanya pemakai yang tau kenyamannya
Senuadi Tandun
tenyata banyak juga yg harus diperhatikan
Hilman rusdiyanto
Mantabbbbb
Muhammad ridwan
Nice infonya
Sumardiyono
Tanks infonya
Agus Sungkawa
Cara yg jitu memeilih knee pads
agung
tq info ya
Wafiroel N
ada harga ada kualitas
Nasir Arsyad
Makasih infox