Wah, Fosil Telur Bayi Dinosaurus Ditemukan!

Pernah nggak sih terbayang kalau dinosaurus itu masih hidup di era sekarang? Rasanya kalau benar-benar dinosaurus masih bertahan hidup sampai sekarang, pastinya bakal takjub banget. Apalagi bisa lihat dari jarak dekat dengan ukuran yang besar-besar.

Wah, Fosil Telur Bayi Dinosaurus Ditemukan!

Tapi untuk di Indonesia, sejauh ini belum ada temuan fosil dinosaurus. Kalau mundur ke belakang, dinosaurus itu mendominasi selama 135 juta tahun. Hitung-hitungannya itu sejak periode sekitar 201 juta tahun lalu sampai 65 juta tahun silam.

Kalau dari kajian geologinya, Kepulauan Indonesia itu terbentuk ketika dinosaurus sudah punah. Ya, sekitar 65 juta tahun yang lalu. Makanya kemungkinan besar fosil dinosaurus itu belum pernah ada temuannya di Tanah Air.

Di Indonesia cuma ada replika kerangka Tyrannosaurus (T) rex yang menjadi salah satu ikon di Museum Geologi Bandung. Di salah satu ruangannya juga ada cetak kakinya yang ditemukan ahli paleontologi Inggris, Phil Manning. Dia menemukannya pada 2007 di Hell Creek Formation, negara bagian Montana Amerika Serikat yang berbatasan dengan Kanada.

Cuma, baru-baru ini fosil telur yang berisi bayi dinosaurus ditemukan di Cina. Dinosaurus jenis apa ya?

Bayi Dinosaurus Jenis Oviraptorosaurus

Image source: cosmosmagazine.com

Fosil telur berisi bayi dinosaurus itu berjenis oviraptorosaurus atau oviraptor. Jenis ini masuk dalam kelompok dinosaurus theropoda yang mirip burung. Diperkarakan sih dinosaurus ini hidup di zaman Kapur akhir atau sekitar 145 sampai 66 juta tahun yang lalu.

Nggak cuma fosil telur oviraptorosaurus saja yang ditemukan para ilmuwan ini, tapi ada juga oviraptorosaurus dewasa. Temuan fosil-fosil itu diduganya sudah berusia 70 juta tahun

Kok bisa masih awet fosilnya? Katanya, ini memang jarang banget terjadi. Bahkan pertama kalinya dinosaurus non-unggas ditemukan duduk di sarang berisi telur-telur. Makanya embrio-embrionya bisa awet.

Yang bikin langka lagi, konon nggak pernah ditemukan sebelumnya fosil-fosil tertua dengan embrio yang masih awet. Penemuan ini disebut luar biasa. Dari penemuan ini bakal ada pembelajaran tentang dinosaurus bertahun-tahun yang akan datang.

Fosil Telurnya Mau Menetas

Image source: Sci-News.com

Fosil dinosaurus dewasa yang ditemukan lagi dalam keadaan jongkong di atas sarang yang mana isinya ada 24 fosil telur. Katanya, fosil dinosaurus dewasa itu lagi posisi mengeram dan melindungi telur-telurnya

Ada tujuh telur yang menjadi fosil di mana mengandung sisa-sisa embrio oviraptorid yang belum menetas. Kalau melihat perkembangan embrionya, ilmuwan menyangka beberapa telur itu sudah masuk mau menetas. Cuma pada saat itu sang induk yang sedang mengerami telur keburu mati. Akhirnya semuanya menjadi fosil.

Katanya, dinosaurus jenis ini induknya sangat perhatian. Bahkan mendedikasikan hidupnya buat merawat anak-anaknya. Duh, andai aja dinosaurus masih ada ya. Jadi penasaran nggak sih?

Source: https://nationalgeographic.grid.id/read/132605381/pertama-kalinya-ilmuwan-temukan-fosil-telur-berisi-bayi-dinosaurus?page=all