Sempat Viral, Ada Destinasi Wisata Menarik Apa Aja di Kongo?

Baru-baru ini, Republik Kongo sempat viral dengan pemberitaan menarik tentang penemuan gunung emas. Sebenarnya, ada destinasi wisata menarik apa aja ya di Kongo? Lo udah tau belum, Superfriends?

Sempat Viral, Ada Destinasi Wisata Menarik Apa Aja di Kongo?

Superfriends, lo masih ingat nggak, beberapa waktu lalu sempat ramai pemberitaan tentang penemuan gunung emas di Kongo. Ada sebuah video yang beredar di media sosial yang memperlihatkan banyak warga berkerumun buat menggali tanah demi menemukan emas. Kongo nggak hanya punya gunung emas aja, ternyata masih banyak destinasi wisata menarik yang nggak biasa, Superfriends.

Nyatanya, Benua Afrika emang selalu dikenal memiliki destinasi wisata alam terbaik di dunia, begitu juga dengan Kongo. Ada banyak taman nasional di Kongo yang merupakan habitat fauna langka, selain itu ada juga objek wisata sejarah yang bisa dikunjungi.

Nah, penasaran nggak sih ada destinasi wisata menarik apa aja di Kongo yang disebut ‘nggak biasa’? Langsung aja simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Gunung Api Nyiragongo

Sempat Viral, Ada Destinasi Wisata Menarik Apa Aja di Kongo?

Image source: gingeraroundtheworld.com  

Destinasi wisata satu ini bisa dibilang sangat indah namun juga mengerikan, Superfriends. Kenapa begitu? Karena kawah Gunung Api Nyiragongo sendiri masih aktif dan terus melebar. Bahkan, pada tahun 1977 pernah terjadi bencana mengerikan, ketika dinding kawah rubuh dan lava panas yang menyala mengalir sampai terkuras habis ke desa di kaki gunung kurang dari satu jam.

Terletak di dalam Taman Nasional Virunga, Gunung Api Nyiragongo saat ini masih aktif, dan letusan mematikan terakhirnya merenggut 147 nyawa pada tahun 2002. Bahkan, ilmuwan juga mencatat kalau danau lava di dalam kawah terus meninggi sampai saat ini.

Suaka Margasatwa Okapi

Sempat Viral, Ada Destinasi Wisata Menarik Apa Aja di Kongo?

Image source: zoobasel.ch 

Mau lihat fauna unik yang jarang ditemui di kebun binatang? Lo bisa berkunjung ke Suaka Margasatwa Okapi, Superfriends. Terletak di cekungan Sungai Kongo, suaka margasatwa ini menjadi rumah bagi sekitar 5.000 dari 30 ribu okapi yang hidup di alam liar.

Suaka Margasatwa Okapi sendiri didirikan pada tahun 1992 dan terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada 1996. Cagar ini mengambil nama dari Okapi yang hidup di hutannya. Makhluk unik ini terkenal punya tanda mirip zebra di bagian kakinya, tapi punya silsilah DNA yang lebih dekat dengan jerapah.

Pusat Gorila Gunung Senkwekwe

Sempat Viral, Ada Destinasi Wisata Menarik Apa Aja di Kongo?

Image source: see.news      

Masih berhubungan dengan fauna, Pusat Gorila Gunung Senkwekwe di Taman Nasional Virunga, juga menjadi destinasi menarik yang ada di Kongo. Lokasi ini menjadi satu-satunya fasilitas di dunia yang khusus dibuat untuk merawat gorila gunung yatim piatu yang jadi korban perburuan satwa liar saat masih bayi. Keren banget ya, Superfriends?

Upaya konservasi selama 30 tahun terakhir emang udah membawa populasi gorila gunung liar dari 620 menjadi lebih dari 1.000 ekor, tapi makhluk cantik ini masih menghadapi ancaman ekstrem di habitat alami mereka yang ada di perbatasan sarat konflik dan perburuan liar.

Taman Nasional Virunga

Sempat Viral, Ada Destinasi Wisata Menarik Apa Aja di Kongo?

Image source: britannica.com 

Salah satu taman nasional yang terkenal di Kongo adalah Taman Nasional Virunga, Superfriends. Taman Nasional Virunga sendiri adalah kawasan lindung tertua dan paling beragam secara biologis yang ada di Afrika. Lokasi ini menjadi tempat perlindungan penting bagi gorilla dan ratusan spesies langka lainnya.

Dibuka pada 1925, Taman Nasional Virunga mencakup area yang luas di jantung Lembah Celah Albertine di timur Republik Kongo. Lebih dari 200 spesies mamalia hidup di sini, termasuk okapi, singa, kuda nil, dan gajah hutan dan sabana, bersama dengan 706 spesies burung, 109 spesies reptil, 78 spesies amfibi, dan 22 spesies primata.

Nah, itu tadi beberapa destinasi wisata menarik yang ada di Kongo, Superfriends. Negara ini emang punya kekayaan alam melimpah, tapi sebaiknya lo juga hati-hati kalau mau berkunjung, karena negara ini juga selalu diwarnai dengan berbagai konflik.

 

Source: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210318114911-269-619065/7-destinasi-wisata-di-kongo-yang-bikin-heran
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
Heni Oen
wisatanya alami banget
Senuadi Tandun
liburan adventure di afrika
Ivan harnawan
Nice info
Ivan harnawan
Nice info
Sumardiyono
wow amazing
agung
tq info ya
ditra nugraha
otentik banget
Yuniarto ( Tato )
Min Redem gueeeee
Endy Fredian Dinata
Kereeeennn