Lokasi Bertualang dan Berenang Bareng Lumba-lumba, Mau Coba?

Bertualang dan berenang di laut mungkin udah terlalu biasa, tapi kalau berenangnya bareng lumba-lumba pasti jadi pengalaman yang menarik, Superfriends! Lokasi bertualang berikut ini bakal menawarkan pengalaman yang nggak biasa! Langsung aja simak ulasannya!

Lokasi Bertualang dan Berenang Bareng Lumba-lumba, Mau Coba?

Bertualang ke daerah pantai dan menikmati suasana tenang di laut emang jadi aktivitas yang menyenangkan. Apalagi, kalau lo menikmati keindahan laut dengan berbagai aktivitas seperti snorkeling, diving, atau berlayar dengan kapal. Biasanya, saat menikmati keindahan laut, tujuannya ada melihat hewan-hewan unik yang tinggal di bawah air. Salah satu hewan laut yang bisa lo saksikan adalah lumba-lumba, Superfriends.

Lumba-lumba menjadi mamalia air yang biasanya disaksikan di taman wisata air atau kebun binatang. Padahal, hal ini termasuk dalam eksploitasi hewan. Maka dari itu, kalau lo mau menyaksikan lumba-lumba secara langsung, sebaiknya langsung aja di habitat aslinya. Lumayan kan lo bisa sekalian bertualang, kalau beruntung lo juga bisa berenang bareng lumba-lumba tersebut, Superfriends!

Lokasi wisata mana aja ya yang bisa dikunjungi buat melihat lumba-lumba di Indonesia? Berikut ini beberapa di antaranya.

Pantai Lovina, Bali

Lokasi Bertualang dan Berenang Bareng Lumba-lumba, Mau Coba?

Image source: blog.airpaz.com        

Lokasi yang pertama ini terletak sekitar 10 km ke arah barat kota Singaraja di Bali Utara, tepatnya di Desa Kalibukbuk, Kabupaten Buleleng. Pantai Lovina sendiri bukan hanya menjadi habitat bagi lumba-lumba aja, tapi panorama di lokasi ini juga menakjubkan, Superfriends.

Kalau lo mau merasakan pengalaman menarik, lo bisa berangkat sekitar pukul 06.00 - 08.00 WITA dengan perahu menuju ke arah lautan buat melihat kawanan lumba-lumba yang melompat ke permukaan air dengan indahnya, Superfriends.

Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Lokasi Bertualang dan Berenang Bareng Lumba-lumba, Mau Coba?

Image source: Tribunnews.com      

Dikenal dengan keindahan pesona bawah lautnya, Taman Nasional Wakatobi di Sulawesi Tenggara juga menjadi lokasi melihat lumba-lumba langsung di habitat aslinya. Wakatobi sendiri ditetapkan sebagai kawasan lindung pada tahun 1996, dengan luas yang mencapai 1,39 juta hektar.

Nggak hanya terumbu karang dan berbagai spesies ikan, tapi Wakatobi juga menjadi habitat lumba-lumba. Kalau lo beruntung, lo bisa menyaksikan kawanan lumba-lumba yang sering terlihat melintas bersama-sama sambil melompat ke permukaan, Superfriends.

Kiluan, Lampung

Di Lampung, ada sebuah teluk bernama Teluk Kiluan yang merupakan objek wisata pantai di Bumi Sari Natar, tepatnya di Kabupaten Tanggamus. Lokasi ini berjarak 73 km dari Bandar Lampung, dan bisa ditempuh selama 3 jam perjalanan darat menggunakan mobil.

Yang membuat kawasan pesisir Lampung ini sangat terkenal adalah karena menyuguhkan atraksi lumba-lumba. Selain itu, banyak juga para pemancing profesional yang berkunjung ke Teluk Kiluan buat berburu ikan-ikan berukuran jumbo, Superfriends.

Misool, Raja Ampat

Raja Ampat punya keindahan lokasi yang dikenal hingga ke mancanegara. Salah satu lokasi menarik buat dikunjungi adalah Perairan Misool, yang kawasannya memiliki air jernih dengan pulau-pulau batu di sekelilingnya.

Misool sendiri cocok dikunjungi para pencinta diving dan snorkeling, karena pemandangan alam bawah lautnya yang sungguh memesona. Tapi kalau lo mau pengalaman berbeda, lo bisa menyaksikan kawanan lumba-lumba yang ramah dan nggak takut manusia, Superfriends. Namun, lo perlu hati-hati sama biota laut yang berbahaya kalau berenang di lokasi ini.

Derawan, Kalimantan Timur

Lokasi menarik lainnya yang bisa dikunjungi buat menyaksikan lumba-lumba adalah Kepulauan Derawan di Kalimantan Timur, Superfriends. Buat melihat langsung lumba-lumba di lokasi ini ternyata nggak mudah, lo butuh tingkat keberuntungan yang tinggi.

Biasanya, lumba-lumba di Derawan terlihat saat perjalanan dari atau menuju Pulau Maratua. Lumba-lumba di tempat ini nggak seagresif di Pantai Lovina dan Teluk Kiluan, jumlah setiap kawanannya pun sangat terbatas.

Nah, itulah beberapa lokasi bertualang yang bisa lo kunjungi buat menyaksikan lumba-lumba di habitat aslinya. Beruntungnya, lo juga bisa berenang bareng mereka! Tapi, harus tetap hati-hati dan jangan sampai mengganggu keberadaan mereka, Superfriends.

 

Source: https://phinemo.com/6-tempat-melihat-lumba-lumba-di-indonesia-bisa-berenang-bareng/
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

12 COMMENTS

SHARE
Heni Oen
mau dong pasti seru
Senuadi Tandun
wah ternyata di Bali ada
Ivan harnawan
Nice info
Sumardiyono
wow banget
Agus Sungkawa
sensasi yg berbeda di temani lumba lumba saat berenang
agung
tq info ya
ditra nugraha
wow sangat
SRI YAYA ASTUTI
PENGEN LIHAT LANGSUNG
Yuniarto ( Tato )
Min Redem gueeeee
Cecep Jajang
Pengen nyaba deh berenang sama lumba"