Jenis dan Tips Memilih Rak Sepeda Buat Angkut di Mobil

Bawa sepeda pakai mobil pribadi memang nggak bisa sembarangan nih, Superfriends. Lo wajib paham jenis-jenisnya dan tips khusus buat memilihnya biar awet dan nggak salah beli. Mau tahu nggak apa saja jenis dan gimana tips memilih rak sepeda buat angkut di mobil? Berikut ulasan selengkapnya!

Jenis dan Tips Memilih Rak Sepeda Buat Angkut di Mobil

Sepedaan di luar kota, apalagi di tempat wisata yang menakjubkan pasti bakal menawarkan sensasi yang luar biasa. Tapi, buat melakukan hal ini lo tentu saja membutuhkan rak khusus buat mengangkut sepeda kesayangan lo, Superfriends.

Kalau sepeda lo jenis folding mungkin nggak akan butuh banyak ruang, tinggal lipat, lalu bisa diletakkan di bagasi. Tapi gimana dengan sepeda jenis full bike? Pastinya butuh rak khusus atau bike rack, biar bisa diangkut menggunakan kendaraan roda 4, Superfriends.

Bike rack/bike carrier memang ada jenis-jenisnya, lo bisa langsung ke toko atau bengkel sepeda buat membelinya. Tapi, biar lebih paham, mending simak dulu jenis bike rack dan tips memilih rak sepeda buat angkut di mobil berikut ini!

Roof Mounted Bike Racks/ Rak Sepeda Buat di Atap

Jenis dan Tips Memilih Rak Sepeda Buat Angkut di Mobil

Image source: thule.com    

Tipe yang pertama ini bisa memungkinkan lo buat naro sepeda di atas mobil, Superfriends. Ternyata, tipe roof mounted bike racks punya beberapa variasi lagi, lho. Ada jenis fork mounted racks yang harus melepaskan roda depan sepeda biar fork bisa dijepitkan pada rak dan roda belakang diikat pada penampang rak.

Ada juga jenis frame mounted racks yang punya lengan penjepit frame. Jadi, lo nggak perlu menanggalkan roda depan sepeda, Superfriends. Tipe rak sepeda buat di mobil memang agak terbatas, karena beberapa mobil punya garis atap yang istimewa.

Mudah dalam memarkirkan mobil dilahan yang sempit adalah salah satu kelebihannya. Nggak cuma itu, lo juga bebas buka-tutup pintu belakang mobil, karena tipe rak sepeda yang satu ini terletak di atas mobil.

Rear Mount Bike Racks/ Rak Sepeda di Belakang

Jenis dan Tips Memilih Rak Sepeda Buat Angkut di Mobil

Image source: rei.com    

Selanjutnya, ada rak sepeda yang terletak di belakang mobil, Superfriends. Seenggaknya, ada tiga variasi buat tipe ini, hitch racks, trunk racks dan truck bed racks.

Beberapa kelebihan rak sepeda tipe ini yaitu bisa lebih mudah menaik-turunkan sepeda, mudah dibongkar-pasang, aman kalau lewat atap jembatan rendah, aman dari lecet dan lebih stabil saat berkendara di kecepatan tinggi, Superfriends.

Tips Memilih Rak Sepeda di Mobil 

Sesuaikan pemilihan rak sepeda dengan jenis mobil yang lo gunakan. Contohnya, mobil pick up baiknya pakai model truck bed rack, atau sedan pakailah trunk rack dan jangan lupa tambahkan tali tambahan saat mengangkut sepeda biar tetap kokoh meskipun melewati jalan berlubang.

Selain itu, pastikan juga kalau pemasangan rak sepeda pada mobil nggak mengganggu keamanan berkendara ya, Superfriends. Kalau mobil lo terbilang tinggi, maka sebaiknya jangan memaksakan buat memasang roof mounted bike racks.

Begitu juga kalau lo memasang rear mount bike racks, jangan sampai plat nomor, lampu berhenti, atau lampu sign tertutupi sepeda dan jadi sulit dilihat. Kalau udah begini, mending cari cara yang paling aman aja ya, Superfriends.

Kalau udah dapet rak yang sekiranya cocok, mending ikuti buku panduan saat memasang rak sepeda di mobil. Kalau merasa kurang yakin, maka lo bisa minta tolong petugas bengkel sepeda buat memasangkannya, Superfriends.

Nah, itulah jenis bike rack dan tips memilih rak sepeda buat di mobil. Lo paling jauh gowes di mana, Superfriends? Ceritain pengalaman seru lo di kolom komentar, ya!

 

Referensi: https://www.seva.id/blog/ingin-bawa-sepeda-di-mobil-simak-tips-ini-dulu/
Gear Beginner Extreme solo traveling

5 COMMENTS

SHARE
Heni Oen
thanks infonya
Senuadi Tandun
rak speda bagian belakang paling disuka
SRI YAYA ASTUTI
ngepit luar kota
Sumardiyono
nice infonya
Muhammad ridwan
Nice infonya