Kenalan Sama Organisasi Pencinta Alam Paling Senior di Indonesia

Organisasi pencinta alam udah menjadi panutan para pegiat aktivitas outdoor. Di Indonesia pun organisasi ini udah ada sejak zaman dulu. Lo udah kenal belum nih sama organisasi pencinta alam yang paling senior di Indonesia? Simak dulu ulasan selengkapnya!

Kenalan Sama Organisasi Pencinta Alam Paling Senior di Indonesia

Di Indonesia, organisasi pencinta alam atau yang memfokuskan diri dengan orientasi kepada alam dan lingkungan ini punya banyak macamnya. Ada kelompok yang independen, ada yang tergabung dalam organisasi kampus, organisasi wilayah, atau emang karena kesamaan hobi. Nyatanya, organisasi pencinta alam di Indonesia ini udah ada sejak dulu, Superfriends.

Pada tahun 1970-an, ketika tren pencinta alam mulai masuk ke Indonesia, seenggaknya ada beberapa organisasi yang akhirnya berdiri dan memulai debutnya. Berawal dari sini, akhirnya banyak organisasi pencinta alam yang memberikan prestasi nggak hanya di Indonesia, tapi juga di kancah internasional.

Nah, Superfriends, lo sendiri udah tau belum organisasi pencinta alam yang pertama berdiri dan udah banyak bikin prestasi? Kenalan dulu nih sama organisasi pencinta alam paling senior di Indonesia berikut ini.

Mapala UI

Kenalan Sama Organisasi Pencinta Alam Paling Senior di Indonesia

Image source: goodnewsfromindonesia.id  

Kalau organisasi satu ini, kemungkinan lo udah pada kenal nih, Superfriends. Mapala UI atau Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Indonesia dulunya sempat bernama IMPALA atau Ikatan Mahasiswa Pencinta Alam. Inisiator populer dari berdirinya Mapala UI tentu nggak lepas dari figur Soe Hok Gie.

Soe Hok Gie menjadi sosok pemikir dalam Mapala UI. Ia selalu memiliki pemikiran yang besar dengan orientasi yang jelas ke mana organisasi tersebut bakal mengarah. Nggak hanya itu, organisasi ini juga udah menorehkan prestasi dan pencapaian, seperti orang Indonesia pertama yang mencapai puncak Carstensz Pyramid tahun 1972, mencapai puncak Kilimanjaro tahun 1983, mencapai puncak Denali tahun 1989, puncak Elbrus 1990, Aconcagua tahun 1994, dan masih banyak lagi.

Wanadri

Kenalan Sama Organisasi Pencinta Alam Paling Senior di Indonesia

Image source: infobdg.com  

Memiliki sejarah yang sama panjangnya dengan Mapala UI, Wanadri menjadi kelompok pencinta alam dari Kota Bandung, Jawa Barat, yang juga eksis dalam dunia penjelajahan Indonesia. Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung Wanadri berdiri pada 17 Januari 1964 dan diresmikan pada 16 Mei 1964.

Wanadri sendiri bisa dibilang menjadi organisasi yang paling sukses di antara banyak organisasi pencinta alam dan pendaki gunung di Indonesia. Kesuksesan yang didapat nggak hanya dari sisi prestasi dan penjelajahan aja, tapi juga sebagai organisasi yang terus beregenerasi.

Wanadri menjadi organisasi pertama di Indonesia yang mendaki seven summits, sering mengirimkan anggotanya mendaki berbagai puncak gunung tertinggi dunia, serta berbagai ekspedisi yang bertujuan untuk memberikan data-data tentang suatu tempat.

Skygers

Kenalan Sama Organisasi Pencinta Alam Paling Senior di Indonesia

Image source: skygers.blogspot.com     

Kalau dilihat dari lama berdirinya, organisasi Skygers bisa dibilang hampir sama tuanya sama Wanadri. Soal pencapaian dan prestasi, Skygers juga punya banyak hal yang layak diapresiasi dan diteladani, Superfriends.

Skygers sendiri pertama kali didirikan oleh Harry Suliztiarto, seorang pemanjat tebing pertama di Indonesia. Skygers sendiri agak berbeda dari organisasi pencinta alam yang sebelumnya, karena organisasi ini hanya memfokuskan orientasi mereka pada bidang panjat memanjat aja. Hal ini termasuk rock climbing, vertical rescue, pendakian gunung teknis, dan lain sebagainya.

Salah satu prestasi yang patut diapresiasi dari Skygers adalah mereka meluncurkan sebuah program yang disebut Ekspedisi 1000 Jembatan Gantung Untuk Indonesia. Jadi dalam projek ini, Skygers dan para pemanjatnya, berusaha mencari donatur dan membuat jembatan gantung di wilayah-wilayah terisolasi di seluruh Indonesia.

Nah, itu tadi beberapa organisasi pencinta alam yang bisa dibilang jadi yang paling senior di Indonesia. Lo tau organisasi pencinta alam senior lainnya nggak, Superfriends?

 

Source: https://akasakaoutdoor.co.id/blogs/aks-journal/salut-ini-5-organisasi-pecinta-alam-di-indonesia-yang-paling-senior
In Depth Beginner Extreme solo traveling

5 COMMENTS

SHARE
Nasir Arsyad
Salam kenal..dan makasih infox
Agus Sungkawa
Mapala dengan segudang prestasi
Senuadi Tandun
wah organisasi ini sudah lama berdiri
Heni Oen
referal bagus buat bergabung
Fajar Satritama
Thx info nya broooo