Teknik Mengerem yang Tepat Biar Aman dan Nyaman Pas Motoran

Mengerem laju sepeda motor mungkin kayaknya sepele, tapi ini penting pake banget lho, Superfriends. Pasalnya, kalau melakukan pengereman dengan benar, lo bisa saja menyelamatkan diri sendiri dan juga orang lain. Lantas, gimana sih teknik mengerem yang tepat biar aman dan nyaman pas motoran? Sila simak jawaban lengkapnya berikut ini, Superfriends!

Teknik Mengerem yang Tepat Biar Aman dan Nyaman Pas Motoran

Pas lagi motoran, rider memang wajib banget fokus dan waspada terhadap keadaan sekitar, Superfriends. Pasalnya, berbagai kejadian bisa saja terjadi dengan sangat cepat di jalan raya. Bahkan, sudah berhati-hati pun masih bisa saja terkena bahaya, lho.

Salah satu masalah yang seringkali menimbulkan kecelakaan di jalan raya yaitu teknik pengereman yang kurang tepat. Pernah liat, atau justru mengalami sendiri kondisi ban selip, lalu tergelincir pas lagi motoran?

Nah, biar nggak kejadian lagi, lo bisa simak sampai habis teknik mengerem yang tepat biar aman dan nyaman pas motoran berikut ini, Superfriends!

Jaga Jarak Pengereman

Teknik Mengerem yang Tepat Biar Aman dan Nyaman Pas Motoran

Image source: socalprorider.com    

Sebenernya teknik yang satu ini lebih ke arah mengantisipasi ya, Superfriends. Tapi, jaga jarak pengereman ini nggak kalah penting dan bisa dibilang sering banget diabaikan kebanyakan pengendara di jalan raya.

Semakin jauh untuk jarak pengereman tentu bakal lebih baik, karena lo bisa lebih bersiap melakukan pengereman kalau ada sesuatu yang mendadak terjadi di depan. Tapi teknik ini jangan dipakai pas kondisi macet ya Superfriends. Sebab, lo bisa terus-terusan diserobot pengendara lain kalau ruang di depan terasa longgar.

Teknik Threshold

Teknik Mengerem yang Tepat Biar Aman dan Nyaman Pas Motoran

Image source: bestbeginnermotorcycles.com    

Sebenarnya, teknik mengerem yang tepat ini bisa dibilang cukup mudah, Superfriends. Bahkan, lo pasti sudah sering banget melakukan teknik threshold ini tanpa menyadarinya. Cara melakukan teknik ini yaitu dengan menarik sedikit tuas, dan jangan terlalu dalam.

Setelah itu, lo bisa menarik lagi tuas rem secara perlahan. Tujuan utama teknik ini yaitu biar ban motor nggak mengunci saat mengerem, Superfriends. Sepeda motor pun bakal berhenti secara perlahan dengan teknik threshold ini.

Teknik Stab

Teknik mengerem yang tepat biar aman dan nyaman pas motoran selanjutnya yaitu ada teknik stab yang jadi solusi buat motor dengan rem jenis drum brake atau tromol. Cara melakukannya pun praktis banget nih, Superfriends.

Pertama, tarik tuas rem secara berulang-ulang dengan cepat (menekan rem kemudian melepasnya lalu tekan lagi). Teknik stab ini berguna banget saat lo lagi berada di kecepatan tinggi dan mau menurunkan laju kecepatan dalam jarak terbatas.

Bahkan, teknik ini disebut-sebut mirip dengan teknologi abs yang berfungsi untuk mencegah ban biar nggak mengunci lho, Superfriends.

Teknik Squeeze

Teknik squeeze ini mirip juga dengan teknik pengereman stab, Superfriends. Cara melakukannya yaitu dengan menarik tuas rem, lepas, lalu tekan kembali berulang-ulang. Bedanya, teknik ini harus dilakukan secara perlahan dan lembut.

Jaga Posisi Motor Tetap Stabil

Ketika melakukan sejumlah teknik pengereman, pastikan juga posisi motor dalam keadaan tegak, sehingga pengendara nggak mudah selip. Maka dari itu, hindarilah mengerem saat berada di tikungan.

Sebagai langkah antisipasi lo bisa turunkan kecepatan saat akan melewati tikungan, karena mengerem di tikungan risikonya jelas bakal lebih tinggi. Apalagi kalau daya cengkraman ban sudah aus banget. Hal ini tentu bakal membahayakan pengendara itu sendiri, Superfriends.

Selain teknik di atas dan buat pengendara motor non-matic, lo juga bisa membantu pengereman dengan menggunakan engine brake. Caranya, dengan menurunkan perseneling ke gear yang lebih rendah.

Selain bikin kanvas rem menjadi lebih awet, cara ini juga lumayan aman buat menurunkan kecepatan secara nyaman dan perlahan. So, selamat berpetualang, Superfriends!

 

Referensi: https://www.astramotor.co.id/teknik-pengereman-motor-yang-baik-dan-benar-agar-tidak-celaka/
https://www.idntimes.com/automotive/motorbike/mulyani-citra-setiawati/3-teknik-mengerem-yang-wajib-kalian-ketahui/3
Tips Beginner Extreme solo traveling

8 COMMENTS

SHARE
Nasir Arsyad
Info yg sgt bermanfaat
Agus Sungkawa
Nyaman dan aman tips yang bermanfaat
Senuadi Tandun
info yang bermanfaat
Sumardiyono
Amaziiing
Wafiroel N
informasi penting bgt nih
Nasir Arsyad
Info yg sangat bermanfaat..makasih
agung
tq info ya
agung
tq info ya