Sesuaikan Jenis Deck Skateboard dengan Gaya Bermain Lo!

Deck skateboard bisa dibilang memegang peranan penting dan sangat menentukan pada setiap permainannya. Oleh karena itu, lo wajib banget memahami setiap jenis bahan dasar materialnya, Superfriends. Kira-kira apa saja ya jenis material deck skateboard yang bisa disesuaikan dengan gaya bermain para pencintanya? Berikut ulasan selengkapnya!

Sesuaikan Jenis Deck Skateboard dengan Gaya Bermain Lo!

Sebelum meluncur di skatepark, lo pasti bakal membutuhkan papan skateboard dengan material deck yang tangguh. Seenggaknya, lo harus paham jenis-jenis biar nanti nggak salah beli dan kecewa dengan apa yang sudah telanjur dibeli.

Oleh karena itu, lo wajib simak beberapa jenis material deck skateboard yang bisa disesuaikan dengan gaya bermain lo berikut ini, Superfriends!

Deck Skateboard Kayu Maple

Sesuaikan Jenis Deck Skateboard dengan Gaya Bermain Lo!

Image source: skatedeluxe.com  

Jenis material deck skateboard yang satu ini bisa dibilang sangat umum digunakan, Superfriends. Penggunaan kayu maple sendiri dilakukan karena jenis kayu ini memiliki ketahanan yang sangat kuat dan tahan banting.

Kayu jenis ini pun terkenal memiliki bobot yang relatif ringan, jadi praktis dan gampang buat dibawa kemana-mana. Umumnya, kayu yang digunakan sebagai bahan dasar deck skateboard berusia sekitar 60 hingga 80 tahun.

Sebaiknya, papan skate jenis ini nggak ditaruh pada tempat yang terlalu panas. Pasalnya, kayu maple ini punya tingkat kelembaban yang baik dan hal tersebut bisa berdampak pada berkurangnya kelembaban atau mengering, yang otomatis bisa merusak papan lebih cepat, Superfriends.

Deck Skateboard Aluminium

Sesuaikan Jenis Deck Skateboard dengan Gaya Bermain Lo!

Image source: instructables.com  

Material deck skateboard bahan aluminium mungkin belum sepopuler papan yang menggunakan kayu maple saat ini. Tapi papan skate jenis ini lumayan banyak ditemukan di skatepark dan toko-toko skateboard lho, Superfriends.

Awalnya, aluminium cuma digunakan buat truck, bagian yang menjadi penghubung antara wheels dan deck. Lalu, material ini dijadikan material deck skateboard karena dinilai punya sejumlah kelebihan, dari sisi keringanan atau bobot salah satunya.

Papan berbahan alumunium ternyata nggak kalah ringan dengan papan kayu pada umumnya, lho. Selain itu, papan pun memiliki ketahanan yang lebih kuat. Keunggulan lainnya yaitu bahan aluminium dapat didaur ulang. 

Kalau lo cinta banget sama lingkungan, menggunakan material deck skateboard dengan bahan dasar alumunium bisa juga membantu menunjukkan kepribadian lo sebagai skateboarder ramah lingkungan, Superfriends!

Deck Skateboard Nylon

Sesuaikan Jenis Deck Skateboard dengan Gaya Bermain Lo!

Image source: sd3d.com       

Kalau dibandingkan dengan bahan aluminium, penggunaan material nylon buat deck skateboard memang terbilang lebih baru nih, Superfriends. Limbah nylon yang menumpuk di lautan disebut-sebut menjadi ide awal pembuatan papan skate jenis ini.

Nylon yang terbuat dari serat sintetis yang terbuat dari polimer memang tergolong sulit untuk terurai. Maka dari itu, Bureo, perusahaan berbasis di Los Angeles pun membuat terobosan dengan menciptakan skateboard bermaterial nylon.

Bahan dasar dari skateboard ini dulunya adalah jaring ikan yang menjadi limbah di garis pantai Chile. Meski begitu, penggunaan nylon untuk pembuatan skateboard masih belum terlalu populer dan masih sangat jarang ditemukan, Superfriends.

Deck Skateboard Bambu

Sesuaikan Jenis Deck Skateboard dengan Gaya Bermain Lo!

Image source: fysboard.com 

Belakangan ini papan skate dengan bahan dasar bambu bisa dibilang semakin dilirik para skateboarder nih, Superfriends. Pasalnya, serat bambu ternyata bisa memberikan ketahanan dan fleksibilitas yang baik ketimbang jenis material deck skateboard lainnya.

Bambu juga menawarkan papan yang ringan, dan ini jadi keunggulan serupa yang juga ditawarkan kayu maple. Dalam beberapa produk, bambu bahkan bisa dipadukan bersama dengan kayu maple lho, Superfriends.

Misalnya, papan skate seperti Bamboo Skateboards Geometricity Graphic yang memadukan enam lapis bambu dan ditutup dengan maple di lapisan ketujuh. Kombinasi keduanya pun membuat papan ini memiliki ketahanan yang baik, Superfriends!

Nah, itulah beberapa jenis material deck skateboard yang bisa disesuaikan dengan gaya bermain lo. Jadi, material apa yang paling lo suka, Superfriends? Ceritakan langsung di kolom komentar ya!

 

Referensi: https://review.bukalapak.com/sports/kenali-5-jenis-material-deck-sebelum-memilih-skateboard-76189
Gear Beginner Extreme solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
Agus Sungkawa
jenis material deck skateboard yang bisa disesuaikan dengan gaya bermain
Amirul Bahri
Bambu kereen, lebih lentur sih kayak rotan min
agung
tq info ya
Sumardiyono
Nice infonya
Wafiroel N
gitu ya thanks broo
Fajar Satritama
Thx info vroo
Agung Sutrisno
Kita wajib tau wajib memahami setiap jenis bahan dasar materialnya,
Hilman rusdiyanto
Info bagus
bahar22
Nice info