Mau Mulai Bisnis Open Trip? Perhatikan Beberapa Hal Ini Dulu!

Hobi lo traveling dengan cara open trip? Sekarang lo bisa membuat hobi itu jadi peluang bisnis yang menguntungkan! Tapi sebelumnya, perhatikan dulu beberapa hal berikut ini!

Mau Mulai Bisnis Open Trip? Perhatikan Beberapa Hal Ini Dulu!

Buat yang belum tau pengertian dari open trip, kegiatan ini merupakan cara liburan atau traveling bersama-sama dengan orang lain yang mungkin nggak saling kenal satu sama lain dalam sebuah grup. Karena semakin banyaknya orang yang suka jalan-jalan dengan biaya yang terjangkau, membuat open trip sangat diminati para traveler, Superfriends.

Hal itu juga menjadi peluang bisnis yang menguntungkan, karena banyak juga orang-orang yang mau jalan-jalan tapi nggak mau repot sama persiapan traveling yang ribet. Daripada hobi melakukan open trip ini cuma dijadikan sekadar hobi, kenapa nggak coba dijadikan bisnis aja? Memulai bisnis open trip mungkin jadi keputusan yang tepat.

Tapi sebelum terjun ke dunia bisnis open trip, lo harus memerhatikan beberapa hal berikut ini supaya nggak rugi dan banyak traveler yang pakai jasa lo.

Wawasan di Bidang Traveling Luas

Mau Mulai Bisnis Open Trip? Perhatikan Beberapa Hal Ini Dulu!

Image source: bisniswisata.co.id  

Nggak mungkin kan memulai bisnis di bidang traveling tapi lo sendiri belum punya wawasan soal hal itu? Seenggaknya lo udah punya pengalaman, kalau nggak ada pengalaman maka lo bisa cari tau informasi dari internet, teman, atau siapapun tentang lokasi yang bakal dijadikan lahan bisnis.

Sebenarnya, lo bisa mempelajari berbagai hal tentang traveling dari mana aja. Karena luas atau nggaknya wawasan lo di bidang traveling, bisa berpengaruh ke kredibilitas usaha lo ini.

Niat dan Tekad

Mau Mulai Bisnis Open Trip? Perhatikan Beberapa Hal Ini Dulu!

Image source: paketwisatakarimunjawa.com   

Kalau masih ragu-ragu memulai bisnis open trip, sebaiknya nggak usah mulai dulu deh. Karena kalau nggak ada niat dan tekad yang kuat, maka apapun yang dikerjakan bakal percuma dan hanya buang-buang waktu dan uang aja.

Bisnis open trip mungkin sekilas terdengar sangat menyenangkan, namun apapun bisnisnya pasti punya risiko tersendiri. Bukannya apa-apa, tapi dalam memulai suatu bisnis lo juga harus mempersiapkan segala kemungkinan terburuk.

Maka dari itu, niat dan tekad yang kuat punya peranan penting saat lo dihantam hal-hal di luar dugaan lo. Jadi, sebelum terjun ke dunia bisnis open trip, mending lo buletin dulu tekad lo biar nggak buang-buang waktu.

Punya Tim yang Kompak

Mungkin lo memang bisa mengelola bisnis sendirian, tapi akan bertahan berapa lama? Fisik, pikiran, dan batin pasti bakal terkuras. Makanya, tim yang solid pun sangat diperlukan.

Misalnya, ada bagian tim yang mengelola komunikasi lapangan, mengurusi dokumentasi, transportasi, dan logistik. Tapi, lo juga harus efisien dan efektif dalam menentukan jumlah personil, karena hal ini berkaitan sama budget perusahaan.

Cek Perlengkapan

Perlu diingat, memiliki peralatan sendiri mungkin hanya jadi pendukung dalam bisnis ini, tapi juga bisa dibilang cukup penting. Kalau yang awalnya bisa sewa, tapi lama-lama hal ini bisa berpengaruh pada cash flow usaha lo nanti saat mulai berkembang. Maka dari itu, lo bisa menabung atau cari sumber modal lain buat melengkapi peralatan lo ini.

Promosi dengan Serius

Di zaman yang udah serba modern dan serba sosial media seperti sekarang ini, promosi bisa dengan mudah dilakukan melalui berbagai macam kanal. Manfaatkan sosial media yang banyak digunakan sama orang-orang buat jadi media promosi lo.

Selain itu, lo juga bisa belajar copywriting, desain grafis, juga teknik digital marketing. Lo juga bisa membuat website agar bisnis lo makin meyakinkan dan banyak yang melirik, perhatikan juga masalah layout website dan kelengkapan fitur website tersebut.

Nah, itu tadi beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum memulai bisnis open trip. Gimana, lo udah mempersiapkan semuanya?

 

Source: https://phinemo.com/hal-yang-kamu-perhatikan-sebelum-memulai-bisnis-open-trip/
Urban Action Beginner Extreme solo traveling

12 COMMENTS

SHARE
Agus Sungkawa
beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum memulai bisnis open trip.
Senuadi Tandun
idenya boleh juga
Cecep Jajang
Kaya nya boleh deh kalau di coba
agung
tq info ya
Sumardiyono
Top Bgt infonya
Muhamad ramdani
My trip my job...
Muhammad ridwan
Nice imfonya
Maulana Hasanudin
Mantap infonya
DEVI TRI HANDOKO
sambil maen sambil bisnis
Ricko Pratama Putra
Sip Nice Info