3 Cara Gampang Merawat Skateboard Biar Nggak Gampang Rusak

Sebagus apapun skateboard lo, semahal apapun komponennya, kalau nggak dirawat dengan baik pasti bakal rusak, Superfriends. Jangan takut ribet, karena ada 3 cara gampang merawat skateboard biar nggak gampang rusak. Berikut ulasan selengkapnya!

3 Cara Gampang Merawat Skateboard Biar Nggak Gampang Rusak

Main skateboard memang seru banget nih, Superfriends. Nggak cuma memacu adrenalin, lo juga bisa kenal dengan orang banyak dengan gabung komunitas skateboard sesuai regional tempat tinggal lo.

Tapi, buat melakukan semua ini, otomatis lo harus punya skateboard andalan yang asik buat diajak beratraksi, Superfriends. Nggak heran, para skateboarder rela menguras tabungannya demi mendapatkan skateboard terbaiknya.

Kalau udah ketemu sama skateboard yang tepat, berarti lo wajib banget menjaganya biar awet dan terjaga kualitasnya, Superfriends. Maka dari itu, mending pahami dulu 3 cara gampang merawat skateboard biar nggak gampang rusak berikut ini!

1. Bersihkan Grip Tape Sehabis Bermain

3 Cara Gampang Merawat Skateboard Biar Nggak Gampang Rusak

Image source: longboardbrand.com    

Grip tape ini adalah bagian atas papan dek skateboard yang bertekstur kasar seperti amplas. Nah, bagian ini sering banget kotor akibat terkena debu atau kotoran dari sepatu, Superfriends. Kalau grip tape dibiarin kotor gitu aja, lama-kelamaan bisa saja kehilangan fungsinya, lho.

Salah satu fungsinya yaitu membantu papan skateboard terangkat ketika lo melakukan ollie atau melompat. Biar grip tape bisa tetap mencengkram sepatu dengan optimal, lo wajib banget bersihin sehabis main secara rutin, Superfriends.

Caranya gampang, taruh papan skateboard pada posisi vertikal, lalu siram dengan air. Setelah itu sikat menggunakan air sabun, kemudian bilas sampai bersih. Sebaiknya, siram air dari atas ke bawah ya, Superfriends. Karena, dengan cara ini papan skateboard nggak terendam dan bisa kering dengan cepat.

Lo juga bisa membersihkan grip tape dengan cara mengambil kain lalu merendamnya dengan air hangat, kemudian lo lap atau gosok permukaan grip tape, tapi jangan terlalu basah, ya. Setelah itu, bisa dilanjut dengan lap menggunakan kain kering, Superfriends.

Lo juga perlu memperhatikan kondisi pelapis anti selip di atas papan skateboard, dimana kondisi bebas serpihan bahkan debu adalah kondisi yang terbaik. Inget ya, dek skateboard jangan sampai terendam air, karena terbuat dari papan yang bisa menjadi lapuk kalau kena air dalam waktu yang cukup lama, Superfriends.

2. Perhatikan Kebersihan Roda Skateboard

3 Cara Gampang Merawat Skateboard Biar Nggak Gampang Rusak

Image source: tactics.com 

Cara gampang merawat skateboard selanjutnya yaitu perhatikanlah kebersihan roda skateboard. Sebaiknya, bersihkan komponen skateboard yang satu ini sehabis lo selesai menggunakannya, Superfriends.

Komponen roda skateboard terdiri dari roda itu sendiri dan bearing yang terdapat di dalamnya. Bearing merupakan hal paling penting dan harus selalu dirawat supaya roda bisa berputar dengan baik, Superfriends.

Lo bisa membersihkan bearing dengan menggunakan cairan bahan bakar, seperti bensin atau pembersih kutek (aseton). Setelah itu, berilah pelumas cair yang biasa digunakan buat mesin jahit atau bisa juga membeli pelumas khusus bearing skateboard.

Biar lebih aman, sebaiknya rutin cek kondisi roda skateboard, karena bagian ini selalu mengalami getaran dan guncangan ketika digunakan sehingga mur dan baut di bagian roda bisa saja kendur atau bahkan copot. Jadi, jangan mageran ya, Superfriends!

3. Truck Skateboard Juga Bagian Penting yang Harus Dijaga

3 Cara Gampang Merawat Skateboard Biar Nggak Gampang Rusak

Image source: reddit.com  

Truck memang menjadi bagian yang nggak terlalu berpengaruh pada skateboard, sehingga seringkali disepelekan, Superfriends. Tapi, lo tetap harus memperhatikan bushing atau karet peredam yang ada pada truk tersebut, apakah masih layak atau nggak untuk digunakan kembali.

Kalau lo menemukan kejanggalan atau kerusakan pada bushing, maka sebaiknya segera ganti biar fungsi truck skateboard lo tetap terus bekerja dengan optimal, Superfriends.

Nah, itulah 3 cara gampang merawat skateboard biar nggak gampang rusak. Menurut lo bagian mana yang paling sulit dibersihkan? Atau, punya tips merawat skateboard yang belum banyak orang tahu? Sila bagikan di kolom komentar ya, Superfriends!

 

Referensi: https://review.bukalapak.com/sports/3-tips-merawat-skateboard-kesayanganmu-agar-tetap-awet-67623
Tips Beginner Extreme solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
tanks infonya
Nasir Arsyad
Ty infox
Agung Sutrisno
Selalu dirawat spy awet
Heni Oen
ternyata tidak sulit untuk perbaikan
Agus Sungkawa
Biar awet ikuti anjuran d ats
Muhammad ridwan
Tanks infonya
Maulana Hasanudin
Thanks information
SRI YAYA ASTUTI
sakte juga butuh perawatan khusus
Senuadi Tandun
tipsnya boleh juga