5 Potensi Bisnis Wisata di Sekitar Kawasan Pantai

Destinasi wisata pesisir pantai bisa dibilang memiliki banyak potensi nih, Superfriends. Pasalnya, tempat ini kayak punya magnet tersendiri yang membuat banyak orang mau berkunjung. Lantas, apa saja ya potensi bisnis wisata di sekitar kawasan pantai? Berikut ulasan selengkapnya, Superfriends!

5 Potensi Bisnis Wisata di Sekitar Kawasan Pantai

Nusantara memang terdiri dari pulau-pulau dengan pantai yang indah nih, Superfriends. Nggak heran, kalau hal ini menjadikan keberkahan tersendiri karena mampu mengundang wisatawan dan menggerakan perekonomian, Superfriends.

Kebanyakan bisnis wisata di sekitar kawasan pantai memang didominasi oleh kelompok atau instansi yang memiliki modal memadai. Tapi jangan berkecil hati Superfriends, karena masih banyak potensi bisnis yang cukup menjanjikan. Biar terinspirasi, mending simak dulu 5 potensi bisnis wisata di sekitar kawasan pantai berikut ini!

1. Bisnis Penginapan atau Homestay

5 Potensi Bisnis Wisata di Sekitar Kawasan Pantai

Image source: beaches.com     

Potensi bisnis wisata di sekitar kawasan pantai yang pertama yaitu lo bisa buka bisnis penginapan atau homestay, Superfriends. Biar lebih menarik, lo bisa buat interiornya dengan desain arsitektur seunik mungkin.

Bisnis ini bisa dibilang memang lumayan menjanjikan. Sebab, wisatawan yang berkunjung ke pantai berasal dari berbagai daerah yang mungkin sangat jauh, sehingga mengharuskan untuk menginap. Selain itu, tren staycation yang belakangan naik daun sejak pandemi Covid-19 pun membuat usaha ini cukup potensial buat meraup cuan, Superfriends.

2. Bisnis Restoran atau Rumah Makan

5 Potensi Bisnis Wisata di Sekitar Kawasan Pantai

Image source: indonesiaexpat.id  

Sejumlah aktivitas wisata di pantai, seperti bermain pasir, berenang, selancar, sampai snorkeling dan diving pasti bakal sangat melelahkan dan menguras tenaga. Jadi, jangan heran kalau habis melakukan aktivitas ini lo sering merasa lapar dan mulai mencari restoran atau rumah makan di sekitar kawasan pantai, Superfriends.

Yup, inilah potensi bisnis wisata di sekitar kawasan pantai selanjutnya. Ramainya wisatawan yang datang, pasti bakal membutuhkan makan buat mengusir rasa laparnya. Nah, lo bisa banget memanfaatkan hal ini, Superfriends.

Selain menu olahan laut, lo bisa sajikan beberapa menu khas daerah yang spesial dan istimewa. Pasti yang mampir bakal selalu ingat dan pengin mampir lagi ke restoran lo di lain kesempatan, Superfriends!

3. Penyewaan Peralatan Wisata Pantai

5 Potensi Bisnis Wisata di Sekitar Kawasan Pantai

Image source: surfertoday.com  

Selain duduk-duduk menikmati panorama, tentu lo juga bisa bermain selancar, snorkeling, atau diving saat berkunjung ke pantai tertentu. Hal ini tentu saja memunculkan potensi bisnis wisata di sekitar kawasan pantai yang bisa lo manfaatkan, Superfriends.

Pasalnya, wisatawan yang datang dari jauh biasanya jarang dan bakal nggak mau repot membawa sejumlah peralatan sendiri dari rumah. Lo bisa manfaatkan ini dengan membuka penyewaan peralatan wisata pantai. Beberapa diantaranya yaitu papan selancar, pelampung, seperangkat alat selam untuk diving, dan lain sebagainya, Superfriends.

4. Jualan Oleh-oleh Khas Daerah Kawasan Pantai

Potensi bisnis wisata di sekitar kawasan pantai yang selanjutnya yaitu lo bisa jualan oleh-oleh khas daerah. Sebab, biasanya banyak orang yang berasal dari luar daerah yang berkunjung dan membutuhkan oleh-oleh atau souvenir sebagai kenang-kenangan, Superfriends.

Pernak-pernik berupa gantungan kunci, kalung, gelang, kaos, dan lain sebagainya bisa lo jajakan kepada pengunjung. Lo juga bisa membuka outlet di dekat destinasi wisata yang ramai dan nyaman buat disinggahi wisatawan, Superfriends.

5. Penyedia Fasilitas Toilet dan Kamar Mandi

Satu lagi, potensi bisnis wisata di sekitar kawasan pantai yang terakhir yaitu buka bisnis penyedia fasilitas toilet dan kamar mandi. Kayaknya sepele memang, tapi hal ini lumayan penting dan cukup menjanjikan, lho.

Pasalnya, fasilitas ini sangat dibutuhkan sebagai tempat berganti pakaian dan membersihkan badan setelah bermain air laut yang lengket. Instansi terkait biasanya memang sudah membangun infrastruktur toilet dan kamar mandi di pantai. Tapi, jumlahnya masih sangat terbatas dan kurang mencukupi kebutuhan, Superfriends.

Itulah beberapa 5 potensi bisnis wisata di sekitar kawasan pantai. Mana yang paling lo minati, Superfriends? Atau, punya usulan bisnis lainnya? Sila ceritakan di kolom komentar, ya!

 

Referensi: https://phinemo.com/5-peluang-usaha-wisata-pantai-paling-menguntungkan-berani-coba/
Urban Action Beginner Extreme solo traveling

12 COMMENTS

SHARE
Nasir Arsyad
Makasih infox
Agung Sutrisno
Peluang bisnis yg menjajikan
DEVI TRI HANDOKO
pulau yang indah bagai surga
SRI YAYA ASTUTI
wisata pantai memang asik
Heni Oen
restoran paling mudah dan digemari
Senuadi Tandun
boleh juga nih apalagi.kalau pafemi udah berakhir pantai pasti penuh
Agus Sungkawa
Potensi yang sangat bermanfaat
Muhammad ridwan
Nice infonya
Sumardiyono
amaziing
Ricko Pratama Putra
Nice Info