Cara Bikin Indo Board Biar Main Skateboard dan Surfing Seimbang

Siapa bilang main skateboard atau surfing itu gampang. Sebelum lo bisa meluncur di atas papan itu, satu hal utama adalah menjaga keseimbangan dulu. Nah, cara melatih keseimbangan itu bisa lo lakukan di rumah dengan alat yang namanya 'Indo Board'. Ini adalah papan keseimbangan di mana lo bisa menghabiskan waktu buat berlatih keseimbangan. 

Cara Bikin Indo Board Biar Main Skateboard dan Surfing Seimbang

Jadi yang harus disiapkan tuh semacam kayu padat berbentuk lingkaran. Sama papan kayu. Ini bisa lo gunakan di dalam ruangan atau luar ruangan. Senyamannya aja. Indo Board juga nggak perlu beli sih. Karena dari segi material juga gampang didapat dan kalau mau bikin sendiri itu nggak susah.

Alat yang Disiapkan

Cara Bikin Indo Board Biar Main Skateboard dan Surfing Seimbang

Image source: stokedrift.com      

Lo perlu selembar papan kayu lapis persegi panjang dengan lebar 12 inci dan panjangnya 50 inci. Terus bias kelihatan lebih bagus lagi, buat cetakan dari kaleng kopi di sudut-sudut papan persegi tadi.

Kalau sudah diletakan terus dijiplak pakai pensil bagian luarnya. Potong dengan gergaji supaya ada sudut bulat di keempat sisinya. Papan keseimbangan lo nanti bakal memerlukan bumper di bagian bawah setiap ujungnya. Jadi potongan-potongan bulat tadi yang dipasang.

Bumpernya harus memiliki kurva yang sama dengan tepi luar papan dan lebarnya sekitar 1,5 inci. Kalau sudah ampelas bagian pinggir atas papan keseimbangan lo dan bagian ujung bumper. Itu buat menghilangkan bagian sisi yang bergerigi dan permukaan harus dihaluskan.

Lakukan pengampelasan secara berulang ya. Lo mungkin aja menggunakan sepatu atau tanpa sepatu. Tapi yang penting adalah permukaan papan harus halus.

Bumper di ujung papan juga harus menempel kuat. Makanya lo butuh sekrup yang ukurannya 1,25 inci. Pasang sekrupnya di setiap ujung dan bagian tengah. Jadi ketika menempel itu seperti cakram karet kecil.

Selanjutnya adalah memotong pipa PVC berukuran panjang 11 inci. Tebalnya minimal 0,3 inci, jadi kuat buat menahan beban. Semakin tebal PVC maka makin cocok buat melatih keseimbangan lo. 

Jangan lupa bagian ujungnya diampelas sampai halus supaya nggak melukai kaki. Kalau sudah, letakan pipa di bagian papan dan tujuan lu melatih keseimbangan sudah bisa lo mulai. Simple kan?

Trik Indo Board

Cara Bikin Indo Board Biar Main Skateboard dan Surfing Seimbang

Image source: ingwest.net      

Tentu aja buat ada trik-triknya juga buat main si indo board ini. Pertama adalah cross stepping. Kalau lo main longboard pasti sudah akrab, karena trik melangkah di atas papan ini sering banget dipakai sama anak-anak longboard. 

Satu hal yang lo harus pahami ketika melakukan cross stepping adalah mempertahan beban postur tubuh, belajar seimbang dengan satu kaki, tingkatkan kekuatan kaki, dan perhatikan bagian-bagian supaya bisa seimbang.

Yang lo lakukan adalah menekuk lutut sampai 5 inci. Kepala dan bahu diangkat. Terus lengan ke bawah dan pinggul sedikit didorong ke depan. Gerakan cross stepping ini digunakan buat semua aspek ketika lo melakukan surfing.

 

source: https://www.sportsrec.com/6459547/how-to-build-your-own-indo-board
Gear Beginner Extreme solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
Agus Sungkawa
trik bisa d lakukan di mana saja
Sumardiyono
Nice infonya
Nasir Arsyad
Kereeen infox
Hilman rusdiyanto
Info bagus
Heni Oen
triknya mw
enarik juga nuh
Heni Oen
lumayan nih drpd.main gadget terus
Yuniarto ( Tato )
Mantappppppppp
Fajar Satritama
Mantap broo
Ricko Pratama Putra
Inovasi yang keren
Heni Oen
good for balancing