Unduh Aplikasi Ini Dulu Buat yang Mau Mendaki Gunung

Banyak aplikasi yang dibuat untuk memudahkan seseorang dalam beraktivitas, termasuk aktivitas mendaki gunung. Sebelum mendaki, coba deh unduh beberapa aplikasi berikut ini dulu, Superfriends!

Unduh Aplikasi Ini Dulu Buat yang Mau Mendaki Gunung

Melakukan aktivitas di alam bebas, seperti mendaki gunung merupakan salah satu aktivitas yang butuh banyak perlengkapan memadai. Mulai dari perlengkapan berkemah, peralatan memasak, sampai perlengkapan yang juga dibutuhkan di era digital seperti sekarang yaitu aplikasi ponsel. Walaupun bertualang ke alam bebas, aplikasi ponsel ini juga sangat dibutuhkan untuk membantu lo, Superfriends.

Banyak aplikasi ponsel yang berguna untuk memantau kondisi lapangan, hingga mencatat langkah perjalanan saat melakukan pendakian gunung. Sejatinya, lo bisa menggunakan berbagai aplikasi yang akan membuat perjalanan mendaki gunung lebih gampang. Berikut ini beberapa aplikasi yang bisa lo unduh sebelum mendaki gunung.

Google Maps

Unduh Aplikasi Ini Dulu Buat yang Mau Mendaki Gunung

Image source: tech.hindustantimes.com    

Aplikasi satu ini mungkin udah wajib ada di setiap ponsel, Superfriends. Google Maps nggak hanya bermanfaat buat memberikan petunjuk arah ke suatu tempat di perkotaan aja, tapi juga bisa menunjukkan arah ke lokasi basecamp pendakian.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa untuk memasukkan data berupa tracklog di jalur pendakian supaya membantu navigasi di jalur yang dilalui.

Google Earth

Unduh Aplikasi Ini Dulu Buat yang Mau Mendaki Gunung

Image source: thestar.com  

Masih merupakan aplikasi besutan Google, dalam aplikasi Google Earth ada sebuah fitur yang terbenam yang bisa digunakan buat melihat kontur jalur pendakian, kemiringan jalur, sampai mengecek status mata air, Superfriends.

Selain itu, aplikasi ini juga punya fitur tambahan berupa street view 360 derajat untuk beberapa titik seperti di puncak atau pos-pos pendakian, jadi dengan fitur ini lo bisa mencari patokan tanda jalur sebelum mendaki.

Windy.com – Weather Radar, Satellite, and Forecast

Unduh Aplikasi Ini Dulu Buat yang Mau Mendaki Gunung

Image source: cleverhiker.com   

Aplikasi yang juga akan membantu lo dalam mendaki gunung adalah Windy.com, Superfriends. Aplikasi ini berguna untuk memantau prakiraan cuaca, kelembapan udara, suhu, serta kecepatan angin. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur input koordinat jadi bisa lebih akurat.

Sebagai contoh, kalau lo mau mencari tau kondisi cuaca di salah satu pos pendakian, maka lo bisa melakukan input koordinatnya di aplikasi ini. Gampang banget, kan?

A-GPS Tracker

Punya keunggulan berupa pencatatan langkah ketika bergerak, aplikasi A-GPS Tracker juga wajib lo unduh sebelum mendaki gunung, Superfriends. Dengan aplikasi ini, lo jadi bisa meminimalisir risiko tersesat di jalur pendakian.

Selain itu, aplikasi ini juga punya fitur memantau ketinggian, di mana lo bisa tau udah berapa ketinggian yang telah dicapai. Menariknya, aplikasi ini bisa digunakan secara offline alias tanpa bantuan koneksi internet.

GearZoo-Backpack

Nggak kalah penting dari aplikasi-aplikasi sebelumnya, GearZoo-Backpack menjadi aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk menata hingga mencatat keperluan logistik yang bakal dibawa saat mau mendaki gunung. Bahkan, aplikasi ini juga bisa dijadikan sebagai acuan lo dalam menghitung berat dari barang yang lo bawa. Praktis banget, nih!

First Aid by Red Cross

Mendaki gunung menjadi salah satu kegiatan yang berisiko tinggi, untuk itu lo juga butuh aplikasi yang berisi fitur tentang informasi keamanan dan nasihat penting dari para profesional di setiap keadaan darurat.

Aplikasi First Aid by Red Cross ini berisi video, diagram, sampai kuis interaktif. Aplikasi ini juga nggak hanya penting buat para pendaki gunung aja, tapi wajib dimiliki semua orang, Superfriends.

Survival Manual

Hampir mirip seperti aplikasi First Aid by Red Cross, aplikasi Survival Manual ini berisi panduan untuk bertahan hidup di alam bebas yang lengkap. Mulai dari obat-obatan, cara mencari bahan makanan yang tepat, panduan tali-temali, pembuatan tenda darurat, dan masih banyak lagi. Nggak perlu khawatir dengan koneksi internet, karena aplikasi ini digunakan secara offline.

Nah, itu tadi beberapa aplikasi yang wajib lo unduh sebelum melakukan pendakian ke gunung. Aplikasi apa nih yang jadi unggulan lo, Superfriends?

 

Source: https://mounture.com/tips-dan-trik/ini-rekomendasi-aplikasi-yang-bisa-digunakan-untuk-naik-gunung/
Gear Beginner Extreme solo traveling

8 COMMENTS

SHARE
agung
tq info ya
Agus Sungkawa
Apk yang bermanfaat
Amirul Bahri
Niceee infooo
Hengky  kik
Baru Google maps dan earth yang sdah di instal di HP, makasih infonya
Maulana Hasanudin
Mantap klo bis offline
Cecep Jajang
Aplikasi buang bagus
GREEN GRASS hiking club
Alat bantu yg penting banget untuk kita jelajah agar bisa lebih mudah dan nggak ragu dalam adventure...
Heni Oen
jangan slalu ikutin GPS..bisa2 dibWa jalur yang jauh